PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DALAM MEMAHAMI ISI BACAAN MELALUI KEGIATAN GALLERY WALK PADA MODEL PBL SDN BANYU URIP III/364 SURABAYA

Penulis

  • Dian Aprilia Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Peni Suharti Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Vivien Harianika Putri SDN Banyu Urip III/364 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28072

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Gallery Walk, pemahaman bacaan

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam memahami isi bacaan melalui penerapan metode Gallery Walk dalam model Problem Based Learning (PBL) di SDN Banyu Urip III/364 Surabaya. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahap: perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 29 peserta didik kelas 5D. Data dikumpulkan melalui tes evaluasi dan observasi aktivitas peserta didik serta guru. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam pemahaman bacaan peserta didik. Pada siklus I, ketuntasan belajar mencapai 45%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 79%. Penerapan metode Gallery Walk terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan motivasi peserta didik, serta membantu mereka memahami unsur intrinsik cerita dengan lebih baik. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan metode interaktif dalam pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan literasi peserta didik di masa depan.

Referensi

Amalia, R., & Putra, E. D. (2019). REFLEKSI PEMBELAJARAN: MODIFIKASI PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENDESKRIPSIKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA. Emasains: Jurnal Edukasi Matematika Dan Sains, 8(1), 1–7.

Ambarita, R. S., Wulan, N. S., & Wahyudin, D. (2021). Analisis kemampuan membaca pemahaman pada siswa sekolah dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2336–2344.

Francek, M. (2006). Promoting Discussion in the Science Classroom Using Gallery Walks. Journal of College Science Teaching, 36(1).

Herzon, H. H., Budijanto, B., & Utomo, D. H. (2018). Pengaruh problem-based learning (PBL) terhadap keterampilan berpikir kritis. State University of Malang.

Hmelo-Silver, C. E. (2004). Problem-based learning: What and how do students learn? Educational Psychology Review, 16, 235–266.

Juliani, R., & Ibrahim, N. (2023). Pengaruh media flipbook terhadap hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas IV di sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 7(1), 19–26.

Karyatin, K. (2016). Penerapan modified problem based learning (PBL) dengan gallery walk (GW) untuk meningkatkan keterampilan menyusun peta pikiran dan hasil belajar IPA. JPPIPA (Jurnal Penelitian Pendidikan IPA), 1(2), 42–51.

Kemmis, S., McTaggart, R., Nixon, R., Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). Introducing critical participatory action research. The Action Research Planner: Doing Critical Participatory Action Research, 1–31.

Lestari, I., Wulandari, Y., & Indiyastuti, P. (n.d.). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA PESERTA DIDIK DENGAN ALAT BANTU KARTU HURUF DALAM PEMBELAJARAN KELAS 2 SDN KEBANDUNGAN KECAMATAN BODEH KABUPATEN PEMALANG.

Machali, I. (2022). Bagaimana melakukan penelitian tindakan kelas bagi guru. Ijar, 1(2), 2012–2022.

Makiyah, D. F., & Robiansyah, F. (2023). Penerapan model gallery walk untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran PPKn di kelas V SDN 1 Wangkelang. Harmony: Jurnal Pembelajaran IPS Dan PKN, 8(2), 96–104.

Nugraheni, I., Harsiati, T., & Qohar, A. (2019). Media buku cerita untuk meningkatkan kemampuan membaca dan menulis siswa kelas IV sekolah dasar. State University of Malang.

Pebriani, Y. (2023). Problem Based Learning dengan Metode Gallery Walk untuk Mengatasi Rendahnya Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika. Postulat: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 3(2), 130–140.

Prihatin, W. A. (2022). Penerapan Problem Based Learning dengan Gallery Walk dalam Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Guru Dikmen Dan Diksus, 5(1), 31–44.

Rohmawati, L. (2019). PENERAPAN MODEL COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR. Universitas Pendidikan Indonesia.

Rosdiana, S., Zaenah, Y. I., Rahmawati, B., Aulia, S. N., & Zainudin, Z. (2023). Isu tentang jumlah siklus penelitian dalam penelitian tindakan kelas. Jurnal Kreativitas Mahasiswa, 1(1), 76–84.

Suseno, V. V., & Winanto, A. (2023). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Tematik Melalui Model Problem-Based Learning Dengan Gallery Walk Pada Peserta Didik Kelas VI B di SD Negeri Ledok 02 Salatiga. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(4), 8453–8461.

Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode penelitian tindakan kelas (PTK): Panduan praktis untuk guru dan mahasiswa di institusi pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19.

Windi, W. A., Taufiq, M., & Muhammad, T. (2021). Implementasi wilcoxon signed rank test untuk mengukur efektifitas pemberian video tutorial dan ppt untuk mengukur nilai teori. Produktif: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknologi Informasi, 5(1), 405–410.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19