PENGGUNAAN MEDIA AUGMENTED REALITY (AR) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI EKOSISTEM KELAS 3 SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Rustika Faiqoh Arindani Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Lilik Binti Mirnawati Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ahmad Sholikin Sholikin SDN Tambaksari 1 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28071

Kata Kunci:

Augmented Reality, Ekosistem, Hasil Belajar

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk penerapan dan peningkatan hasil belajar siswa kelas 3 di SDN Tambaksari 1 Surabaya dengan menggunakan media Augmented Reality (AR) pada mata Pelajaran IPAS khususnya mengenai materi ekosistem. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan subjek penelitian sebanyak 26 siswa kelas 3 A. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dan setiap siklus mengikuti model spiral yang terdiri dari tahapan (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Teknik pengumpulan data melalui lembar observasi dan tes evaluasi. Hasil observasi penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media Augmented Reality dapat meningkatkan partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran materi ekosistem dengan hasil interprestasi yang menunjukkan kriteria Baik. Selain itu, berdasarkan tes evaluasi juga menunjukkan bahwa hasil nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 70,96, dan meningkat mencapai 87,50 pada siklus II. Persentase siswa yang lulus KKM juga meningkat, yaitu dari 65% pada siklus I, dan 88% pada siklus II. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa penggunaan media Augmented Reality dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas III A SDN Tambaksari 1 Surabaya dalam pembelajaran IPAS materi ekosistem.

Referensi

Amini, N. G. (2024). Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, PTK dan R & D. In Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara Press. UMSU Press.

Binti Mirnawati, L., & Agatha Valent Fabriya, R. (2022). Penerapan Media Flipbook untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(1), 22–38. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i1.19837

Farika, N. (2023). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Materi Bangun Ruang Melalui Media AR ( Augmented Reality) Siswa Kelas VI SDN Junrejo 01 Tahun 2022. Jurnal Pendidikan Taman Widya Humaniora (JPTWH), 2(1), 119–145. https://jurnal.widyahumaniora.org/

Hadi, H., Zahrani, D., & Mataram, U. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Geometri Dan Aritmatika Sosial Improving Geometry and Social Arithmetics Learning Outcomes for Fifth-Grades Students Using Augmented. 4(2), 135–141.

Hopeman, T. A., Hidayah, N., & Anggraeni, W. A. (2022). Hakikat, Tujuan Dan Karakteristik Pembelajaran Ips Yang Bermakna Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 141–149. https://doi.org/10.33578/kpd.v1i3.25

Mayasari, A., Asrizal, A., & Festiyed, F. (2022). Meta Analisis Pengaruh Media Pembelajaran Elektronik Terhadap Hasil Belajar Dan Pemahaman Konsep Siswa. ORBITA: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 8(1), 10. https://doi.org/10.31764/orbita.v8i1.7056

Melanda, D., Surahman, A., & Yulianti, T. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran IPA Kelas IV Berbasis Web (Studi Kasus : SDN 02 Sumberejo). Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 4(1), 28–33.

Meylovia, D., & Alfin Julianto. (2023). Inovasi Pembelajaran IPAS pada Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 25 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4(1), 84–91. https://doi.org/10.69775/jpia.v4i1.128

Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). CV BUDI UTAMA.

Pujilestari, M., H, B. E., & K, G. E. (2024). Peningkatan Hasil Belajar IPAS Materi Fotosintesis Menggunakan Media Pembelajaran Augmented Reality ( Ar ) Pada Siswa Kelas 4 Sekolah Dasar Improving Science Learning Outcomes on Photosynthesis Material Using Augmented Reality ( Ar ) Learning Media for Gr. November, 1–5.

SUHARYATI. (2022). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Dengan Metode Demonstrasi Masa Pandemi Covid 19 Pada Siswa Kelas Vi Sdn 2 Kelayu Jorong Semester I Tahun 2021/2022. Journal Ilmiah Rinjani : Media Informasi Ilmiah Universitas Gunung Rinjani, 10(1), 99–108. https://doi.org/10.53952/jir.v10i1.392

Wardani, N. W., Kusumaningsih, W., & Kusniati, S. (2024). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran terhadap Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 134–140. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1.389

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19