PENERAPAN MEDIA KONKRIT UNTUK MENINGKATKAN HASIL DAN MOTIVASI BELAJAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS 4 SD MATERI LUAS BANGUN DATAR
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28070Kata Kunci:
hasil belajar, motivasi belajar, media konkritAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil dan motivasi belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika kelas 4 SD dengan materi luas bangun datar. Peneliti melibatkan 28 peserta didik kelas 4 SDN Kedung Cowek 1/253, Surabaya sebagai subjek penelitian. Penelitian tindakan kelas atau PTK merupakan metode yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian tindakan kelas dilakukan sesuai dengan model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari 2 siklus, yang melalui proses rencana (planning), tindakan (action), pengamatan (observation), refleksi (reflection) pada setiap siklusnya. Tes tulis, observasi, dan angket menjadi teknik pengumpulan data pada penelitian tindakan kelas. Tes tulis dan angket sebagai alat untuk memperoleh data hasil dan motivasi belajar pada setiap siklus. Berdasarkan hasil data yang telah dianalisis, menunjukkan adanya peningkatan hasil dan motivasi belajar pada siklus 2. Semula pada siklus 1 persentase ketuntasan klasikal hasil dan motivasi belajar hanya 64,28% dan 42,85%, setelah diterapkan media konkrit dn kuis pemahaman melalui game pada siklus 2 hasil dan motivasi belajar peserta didik meningkat dengan persentase ketuntasan sebanyak 89,28% dan 85,71%. Hal ini membuktikan bahwa penerapan media konkrit dengan kuis game efektif dan berhasil membuat persentase hasil dan motivasi belajar mengalami peningkatan.
Referensi
Agil H, Rokhmaniyah, Wahyudi. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Problem
Based Learning (PBL) Menggunakan Media Konkret untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika tentang Pecahan pada Siswa Kelas III SD. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(3), 2808-2621. DOI:10.20961/jkc.v12i3.85780
Eka P, Ibadullah M, Dwi S. (2024). Penerapan Media Papan Tempel Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Luas Bangun Datar Siswa Kelas Iii Sdn 01 Taman Kota Madiun. Jurnal Pendidikan Dasar, 9(2), 2548-6950. https://doi.org/10.23969/jp.v9i2.14097
Evi P. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Luas Bangun Ruang Melalui Penggunaan Media Bangun Ruang pada Siswa Kelas VI SD Negeri Kaloy. Jurnal Bima: Pusat Publikasi Ilmu Pendidikan bahasa dan Sastra, 1(2), 14-122. https://doi.org/10.61132/bima.v1i2.653
Fauziyah S, Rishe, Jarot. (2024). Peningkatan hasil belajar luas bangun datar siswa kelas IV SDN Babarsari menggunakan problem based learning. Journal of Elementary Education, 7(1), 614-4093 .https://doi.org/10.22460/collase.v7i1.18494
Fitria, I. K., & Budiyono, H. (2021). Penggunaan media petak persegi satuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran matematika materi luas dan keliling bangun datar kelas III SDN Tropodo 1 Sidoarjo. (Doctoral dissertation, State University of Surabaya). https://doi.org/10.31004/jptam.v7i2.7545
Habib, A. (2023). Analisis Motivasi Belajar Peserta Didik SD Negeri Ngaliyan 01. Jurnal Pendidikan Riset dan Konseptual, 7(2), 2598-2877.
Hafizin M, Hamidi, Imtihan H. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV-B SDN 1 Mamben Daya Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbread Head Together (Nht). Journal Transformation of Mandalika, 3(4), 2745-5882.
Hendriani, M. (2021). Penggunaan Media Konkret dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Jurnal Riset Pendidikan Dasar Dan Karakter, 3(2), 36–45.
Mahmud, Tamin, R, Nurbaiti. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Bangun Datar Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT. Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 2275-2445.
Naibaho, S., Siregar, E., & Elindra, R. (2021, July 1). Analisis Faktor-Faktor Penyebab Rendahnya Motivasi Belajar Siswa Mts Negeri 1 Tapanuli Tengah Disaat Pandemi Covid-19. Jurnal MathEdu (Mathematic Education Journal), 4(2), 304-312. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i2.2596
Novakhta, Sundari F, Kurniasih M. (2023). Penerapan Model Project Based Learning dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V E Di Sdn Polisi 1 Kota Bogor . Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2).
Parende, U. S. ., & Pane, W. S. . (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Problem Based Intruction (PBI) Tema 8 pada Siswa Kelas IV SDN 001 Samarinda Utara . SISTEMA: Jurnal Pendidikan, 1(1), 23–35.
Qoimatul U, et al (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Touching Geometry Pada Materi Bangun Ruang Kelas Ii Sdn 4 Ngembal Kulon. Jurnal Karya Ilmiah Pendidik dan Praktisi SD&MI, 4(1), 2988 – 2400.
Ratna S, Dina S, Sri U. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Media Benda Konkrit Dalam Pembelajaran Matematika Kelas 1 SD 1 Panjang Kudus. Seminat Nasional PPG UPGRIS.
Susanti, Y. (2020). Pembelajaran Matematika dengan Menggunakan Media Berhitung di Sekolah Dasar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(3), 435–448. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Syaifuddin, Sarwi, Hartono, & Nuswowati, M. (2023). Karakterisasi Instrumen Tes Keerampilan Proses Sains pada Bahan Kajian Fluida Dinamis Berdasarkan Teori Tes Klasik. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 6(1), 818–825.
Umardiyah, F. (2020). Penerapan Pembelajaran Kontruktivisme Menggunakan Media Benda Konkret untuk Meninggkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Geometri Bangun Ruang di SDN Karangmojo II. Jurnal Pendidikan, Pembelajaran, Dan Teknologi, 05(02), 85–90.
Uno, H, B. (2021). Teori motivasi dan pengukurannya: Analisis di bidang pendidikan. Bumi Aksara.
Yantik, Suttrisno & Wiryanto. (2022). Desain media pembelajaran flash card math dengan strategi teams achievement division (stad) terhadap hasil belajar matematika materi himpunan. Jurnal Basicedu, 6(3), 3420 – 3427.



