PENERAPAN MEDIA MINIATUR DENAH 3D UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES DALAM MEMBACA DENAH DAN ARAH MATA ANGIN KELAS 3 SD
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28069Kata Kunci:
Penelitian Tindakan Kelas (PTK), keterampilan proses, miniatur denah 3DAbstrak
Penelitian ini memiliki tujuan untuk meningkatkan keterampilan proses dalam membaca denah dan arah mata angin melalui media miniatur denah 3D. Metode penelitian dari penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), penelitian PTK ini dilakukan melalui 2 siklus, subjek dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas 3C, yang terdiri dari 28 siswa di SDN Pacarkeling V Surabaya, yang dilaksanakan pada bulan Februari-Mei tahun 2025. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi, tes dilakukan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses siswa dan observasi digunakan untuk mengetahui aktivitas siswa dalam peningkatan keterampilan proses. Hasil yang didapatkan dari penelitian ini yaitu pada siklus 1 didapatkan hasil ketuntasan klasikal sebanyak 78,57% dengan kategori cukup. Sedangkan jika dilihat pada siklus 2 terjadi peningkatan hasil ketuntasan klasikal keterampilan proses siswa mencapai 92,85% dalam kategori sangat baik, selain itu adanya peningkatan hasil observasi terhadap 6 indikator keterampilan proses dari siklus 1 dan siklus 2 yaitu kegiatan mengamati di siklus 1 mencapai 75,8% yang kemudian meningkat mencapai 85,89%. pada kegiatan bertanya di siklus 1 keseluruhan siswa hanya 58,92% siswa yang aktif bertanya dan pada siklus ke 2 meningkat cukup pesat menjadi 80,35%, pada kegiatan merencanakan & penyelidikan di siklus 1 sebanyak 70,5% siswa dan di siklus 2 terjadi peningkatan mencapai 82,14%, pada kegiatan menganalisis data di siklus 1 sebanyak 73,2% dan di siklus 2 mendapat peningkatan sebanyak 81,25% dan pada kegiatan mengkomunikasikan hasil terhadap peningkatan dari siklus 1 sebanyak 75% dan di siklus 2 mencapai 82,14%. Dengan itu peneliti menyimpulkan bahwa dengan penerapan media miniatur denah 3D dapat meningkatkan keterampilan proses dalam membaca denah siswa kelas 3 SD di SDN Pacarkeling V.
Referensi
Alfatonah, I. N. A., Kisda, Y. V., Septarina, A., Ravika, A., & Jadidah, I. T. (2023). Kesulitan Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran IPAS Kurikulum Merdeka Kelas IV. Jurnal Basicedu, 7(6), 3397–3405. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.6372
Anjani, Putra, S., & Ardana, K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching and Learning Berbantuan Media Konkret Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal for Lesson and Learning Studies, 3(2), 230–237.
Asmaul Husnah, O., Fitriani, A., Patricya, F., & Putri Handayani, T. (2023). ANALISIS MATERI IPS DALAM PEMBELAJARAN IPAS KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR. JPDSH Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 3(1), 57–64. https://bajangjournal.com/index.php/JPDSH
Darmayanti, N. W. S., & Setiawati, N. W. I. (2022). Analisis Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VI di SD N 1 Cempaga. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 5(2), 119–127. https://doi.org/10.23887/jppsi.v5i2.52638
Dian Fitra. (2023). Kurikulum Merdeka dalam Pendidikan Modern. Jurnal Inovasi Edukasi, 6(2), 149–156. https://doi.org/10.35141/jie.v6i2.953
Irianto, E. (2024). Penerapan Teori Belajar Kognitif dengan Menggunakan Media Pembelajaran konkret Sate Pidak. 16, 241–248.
Landong, A. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Miniatur 3D dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa pada Pembelajaran Tematik Tema 1 Pertumbuhan dan Perkembangan Makhluk Hidup Kelas III SDN 060925 Medan Amplas. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09(02), 4291–4301.
Meylovvvia Denna. (2023). Inovasi Pembelajaran IPAS pada Kurikulum Merdeka Belajar di SDN 25 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Iffan, 4(1), 84–91. https://doaj.org/article/71f4274e4bdb4f8c8b98e653d7164833
Ngana, S. N., Manu, T., & Tnunay, P. (2021). Peningkatan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Penerapan Metode Brainstorming Di SmpN 20 Kota Kupang Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Pendidikan Dan Sains Biologi, 4(2), 63–70. https://doi.org/10.33323/indigenous.v4i2.163
Putra, M. I., Pebriana, P. H., & Astuti. (2022). Upaya Meningkatkan Keterampilan Proses Sains melalui Penerapan Model Pembelajaran ( Experiental Learning ) pada Siswa Kelas III SDN 001 Bangkinang Kota. Jurnal Dharma PGSD, 2(1), 222–233. https://ejournal.undhari.ac.id/index.php/judha/article/view/447
Sabara, E., Zulkarnaini, Z., & Agustina, A. (2022). Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Kemampuan Belajar Siswa Smp. Jurnal Pembelajaran Dan Sains (JPS), 1(1). https://doi.org/10.32672/jps.v1i1.45
Sanjaya, I. G. A., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Digital Ditinjau dari Teori Belajar Kognitif Jean Pieget Tahap Operasional Konkret Siswa Kelas 3 SD. Jurnal Pendidikan, Sains, Geologi, Dan Geofisika, 5(1), 134–141.
Sumule, P., Nurhaedah, & Irawana, A. (2024). Penerapan Media Diorama 3 Dimensi dalam pembelajaran IPAS untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas IV UPT SPF SDN Labuang Baji II. Global Journal Education Science and Technology (GJST), 1(3), 249–258.
Sunarti, D., Herianto, E., & Istiningsih, S. (2024). Penerapan Metode Demonstrasi Menggunakan Media Miniatur Denah 3D untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Petunjuk Arah dan Rambu Lalu Lintas Matapelajaran Bahasa Indonesia Kelas 4 SDN 45 Ampenan. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 7(3), 2982–2988. https://doi.org/10.54371/jiip.v7i3.4159
Syaifuddin, Sarwi, Hartono, & Nuswowati, M. (2023). Karakterisasi Instrumen Tes Keterampilan Proses Sains pada Bahan Kajian Fluida Dinamis Berdasarkan Teori Tes Klasik. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 6(1), 818–825.
Zega, R. P., & Hajar, F, I. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Miniatur Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Tema 7 di Kelas III SD Negeri 25 Medang Baru Kab. Batu Bara TA 2021/2022. EduGlobal: Jurnal Penelitian Pendidikan, 02(1), 35–46. https://jurnal lp2m.umnaw.ac.id/index.php/EduGlobal/article/view/1745%0A



