Penggunaan Media Flipbook untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Pancasila Materi Keanekaragaman Suku Bangsa Kelas III

Penulis

  • Adinda Putriningtyas Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Endang Suprapti Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Lenny Ayu Pratiwi SDN Sawahan 1/340 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28068

Kata Kunci:

media pembelajaran, flipbook, hasil belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan hasil belajar Pendidikan Pancasila materi keanekaragaman suku bangsa pada peserta didik kelas III di SDN Sawahan 1/340 Surabaya melalui penerapan media flipbook. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan 2 siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN Sawahan 1/340 Surabaya dengan jumlah 18 peserta didik. ada tahap pra-siklus, tingkat ketuntasan belajar hanya mencapai 11%. Setelah penerapan media flipbook, ketuntasan belajar meningkat menjadi 56% pada siklus I dan mencapai 83% pada siklus II. Hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media flipbook dapat meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap materi pembelajaran melalui tampilan visual yang menarik dan interaktif. Media flipbook mempermudah guru dalam menyampaikan materi dan mendorong partisipasi aktif peserta didik selama proses pembelajaran. Dengan demikian, media flipbook terbukti efektif sebagai alternatif media pembelajaran yang mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan dalam mata pelajaran Pendidikan Pancasila.

Referensi

Adiputra, S., & Mujiyati. (2017). Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa di Indonesia: Kajian-Meta Analisis. Konselor, 6(4), 150-157.

Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.

Fadilah, U. N., & Wicaksono, V. D. (2024). Pengambangan Media Pembelajaran Animasi Menggunakan SWAY Untuk Pendidikan. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 12(2), 110-121.

Harahap, P., Yuni, R., Dhuha, S., Wismanto, & Haikal, M. I. (2024). Penggunaan Media Bahan Ajar Flipbook dalam Meningkatkan Pemahaman Belajar Siswa di SDN 153 Kota Pekanbaru. AlFihris : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(4), 83-87.

Juliani, R., & Ibrahim, N. (2023). Pengaruh Media Flipbook Terhadap Hasil Baelajar Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar. Elementary School Education Journal, 7(1), 19-26.

Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2017). Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 4(2), 156-162.

Santoso, G., Raisya, L. Y., Azzahra, S., & Rachmadani, N. O. (2023). Pentingnya Pancasila Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Transformatif (Jupetra), 02(03), 87-94.

Susanto, R., Widyaningsiih, S., Afandi, A., & Mardikaningsih, A. (2023). Pengembangan Media Flipbook Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekstrakurikuler Pramuka Penggalang Di Era Pandemi Covid 19. Pandega: Jurnal Kajian Pendidikan dan Kepramukaan, 1(1), 1-5.

Syafitri, A. N., & Paksi, H. P. (2023). Pengembangan Media Kapten SUBASA (Kartu Permainan Suku Bangsa) Pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 42-54.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19