Peningkatan Hasil Belajar IPAS Kelas IV Melalui Peneraapan Media Kartu Gambar dan Uang Mainan Materi Jual Beli
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28067Kata Kunci:
Hasil Belajar, Problem Based Learning, IPAS, Penelitian Tindakan KelasAbstrak
ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar mata pelajaran IPAS pada siswa kelas IV melalui penerapan media kartu gambar dan uang mainan dengan model pembelajaran PBL pada materi jual beli di SDN Sawahan 1/340 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 23 siswa kelas IV. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, tingkat ketuntasan belajar mencapai 60,86% dengan rata-rata nilai 73,21. Setelah penerapan media konkret pada siklus II, tingkat ketuntasan meningkat menjadi 95,65% dengan rata-rata nilai 88,26. Penerapan media kartu gambar dan uang mainan terbukti membantu siswa memahami konsep jual beli secara lebih konkret, meningkatkan keterlibatan dalam proses pembelajaran, serta memperkuat penerapan model PBL yang berorientasi pada pemecahan masalah kontekstual.
Referensi
Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Aqib, Z., & Chotibuddin, M. (2018). Teori dan Aplikasi Penelitian Tindakan Kelas: (PTK). Deepublish.
Endang Puji Astuti. (2022). Pengembangan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Peningkatan Pemahaman Konsep Penyerbukan dengan Metode Demonstrasi di Kelas 4 SDN Sukorejo 2 Kota Blitar. EDUKASIA: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(3), 671–680. https://doi.org/10.62775/edukasia.v3i3.177
Hanafy, M. S. (2014). Konsep Belajar Dan Pembelajaran. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1), 66–79. https://doi.org/10.24252/lp.2014v17n1a5
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. (2022). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Kemdikbudristek.
Marzuki, Dodo santo Bprpneo. 2023. “Model Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ciri-Ciri Makhluk Hidup.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran6(2):356–65.
Putri, A. Y., & Nugroho, R. A. (2021). Penggunaan Media Uang Mainan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Jual Beli di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 7(1), 32–40. https://doi.org/10.31227/jpdn.v7i1.2021
Rahman, Sunarti. 2021. “Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar.” Merdeka Belajar1(November):289–302.
Sanjaya, W. (2020). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.
Jakarta: Kencana.
Sugiyono, P. D. (2019). metode penelitian pendidikan (kuantitatif, kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan, 67, 18.
Suyanto, & Asep, D. (2015). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktik di Sekolah Dasar. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Wibowo, S. (2019). Peningkatan Hasil Belajar melalui Media Pembelajaran Konkret pada Materi Ekonomi Kelas IV SD. Jurnal Inovasi Pendidikan, 14(2), 56–64.
Widyasari, D., Miyono, N., & Saputro, S. A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(1), 61–67. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i1



