PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN PANCASILA MATERI SUKU BANGSAKU MELALUI MEDIA INTERAKTIF WORDWALL KELAS III SD
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28066Kata Kunci:
Wordwall, Hasil Belajar, Kelas IIIAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III B SDN Sawahan 1/340 Surabaya sebanyak 19 peserta didik dengan menerapkan media pembelajaran Wordwall. Latar belakang penelitian ini karena sulitnya peserta didik dalam menghafal keanekaragaman kekayaan suku di Indonesia. Proses penyampaian materi yang disampaikan secara langsung dari materi yang ada di buku panduan belajar, membuat proses pembelajaran kurang maksimal seingga berpengaruh kepada hasil belajar peserta didik. Penelitian ini adalah jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan teknik analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hanya terdapat 7 peserta didik yang mendapatkan nilai ≥75 dengan persentase 37% dengan rata-rata nilai 73%. Kemudian pada pelaksanaan siklus I terjadi peningkatan sebesar 68% dengan rata-rata 78%, Diteruskan pada siklus II dengan peningkatan sebesar 84% dan rata-rata 84% juga. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media interaktif berupa game Wordwall dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas III B SDN Sawahan 1/340 Surabaya pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila, materi Kekayaan Suku Bangsaku.
Referensi
Ciğerci, F. M. (2020). Primary school teacher candidates and 21st century skills. International Journal of Progressive Education, 16(2), 157–174. https://doi.org/10.29329/ijpe.2020.241.11.
Fudhla, Nora, et al. (2023). Pelatihan Pembuatan Media Ajar Multimedia Interaktif Berbasis IT di SMAN 1 V Koto Kp Dalam. ABDI HUMANIORA: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Humaniora, 4(2), 85-96.
Pahleviannur, Muhammad Rizal, dkk. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Sukoharjo: Penerbit Pradina Pustaka.
Salma, A., & Gaol, R. L. (2024). Training on the Implementation of Innovative Problem-Based Learning Models in Mathematics Subjects at Kedai Runding Public Elementary School in 2023. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(01), 21-26.
Setyo Widodo G, Sita Rofiqoh K. (2020). PENGEMBANGAN GURU PROFESIONAL MENGHADAPI GENERASI ALPHA Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 7(1), 13-22.
Sudjana, Nana. 2012. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
T Wulandari. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Animasi Terhadap Minat dan Hasil Belajar Siswa September 2023. Nusantara Jurnal Pendidikan Indonesia, 3(3), 685-710.
Wuryandani. (2021). The effect of the think–pair–share model on learning outcomes of civics in elementary school students. Cypriot Journal of Educational Sciences, 16(2), 627-640.



