PENERAPAN MEDIA DIORAMA KEKAYAAN BUDAYA INDONESIA MENGGUNAKAN MODEL PJBL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS 4 SD
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28065Kata Kunci:
Diorama, Project Based Learning (PjBL)Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif peserta didik kelas IV SDN Pacarkeling V/186 Surabaya melalui penerapan model Project Based Learning (PjBL) berbantuan media diorama dalam pembelajaran IPAS pada materi kekayaan budaya Indonesia. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data mencakup asesmen awal, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan kemampuan berpikir kreatif peserta didik, yang diukur melalui indikator kelancaran, keluwesan, elaborasi, dan orisinalitas berpikir. Pada akhir siklus II, sebanyak 87% peserta didik telah mencapai nilai ≥ 75 sesuai Kriteria Ketuntasan Minimal. Aktivitas peserta didik meningkat dari kategori “cukup aktif” menjadi “baik sekali”, begitu pula dengan aktivitas guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model PjBL dengan media diorama efektif dalam menumbuhkan kreativitas peserta didik dalam pembelajaran IPAS.
Referensi
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif.
Amalia, F. D., Setiawan2, F., & Kunti Dian Ayu Afiani. (2016). PROJECT BASED LEARNING SEBAGAI SOLUSI MELATIH KETRAMPILAN BERPIKIR KREATIF SISWA SD DALAM PEMBELAJARAN IPS. 1–23.
Asari, A., Purba, S., & Fitri, R. (2023). Media Pembelajaran Era Digital.
Asmara, A., & Septiana, A. (2015). Model Pembelajaran Berkonteks Masalah.
Bistari, Aunurrahman, & Suilstyarini. (2021). Buku Pedoman Metode Berbasis Proyek.
Faizal, Trisiana, A., & Restuningsih, A. (2024). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif. Asimetris: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 5(1), 69–76. https://doi.org/10.51179/asimetris.v5i1.2639
Farhana, H., Awiria, & Muttaqien, N. (n.d.). Penelitian Tindakan Kelas.
Jumanto, Y. K. A. (2022). PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK KELAS. 5(1), 82–87.
Khermarinah, Nanda, I., Sayfullah, H., & Pohan, R. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif. In Jurnal Ilmu Pendidikan (Vol. 7, Issue 2).
Mardhiyana, D., & Endah Octaningrum Wahani Sejati. (2016). Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif dan Rasa Ingin Tahu Melalui Model Pembelajaran Berbasis Masalah. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1(1), 672–688.
Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. In Sustainability (Switzerland) (Vol. 11, Issue 1).
Nurhasanah, S., Jayadi, A., Sa’diyah, R., & Syafrimen. (2019). Buku Strategi Pembelajaran. In Cv. Reka Karya Amerta (Issue April).
Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). MEDIA PEMBELAJARAN.
Permendikbud no 20 tahun 2016. (2016). Standar Kompetensi Lulusan No. 20 Tahun 2016. Kemendikbud, 3(2), 1–8.
Rahmawati, N. (2016). NURSIPA RAHMAWATI. 1–23.
RAKHMI, I. T. (2024). PANDUAN PROJECT BASED LEARNING ( PJBL ) 2024.
Sulisworo, D. (2020). Konsep Pembelajaran Project Based Learning.
Susanti, W., Saleh, L. F., Nurhabibah, & Gultom, A. B. (2022). PEMIKIRAN KRITIS DAN KREATIF.
Sutoyo. (2020). Teknik Penyusunan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Kasih, Ayunanda Pinanta. 2021. “Mendikbud Nadiem Dorong Pembelajaran Project Based Learning, seperti apa? “. Diakses pada 20 April 2025, melalui https://www.kompas.com/edu/read/2021/04/22/161500771/mendikbud-nadiem-dorong-pembelajaran-project-based-learning-seperti-apa-



