Penggunaan Media Wordwall untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Matematika Siswa Kelas 5 SD
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28064Kata Kunci:
Wordwall, Berpikir kritis, PeningkatanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan berpikir kritis siswa dengan menggunakan media wordwall pada kelas 5 SD. Jenis penelitian ini yakni penelitian tindakan kelas dengan menggunakan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian adalah kelas V SDN Pacarkeling V/186 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes, lembar observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis pada siswa mengalami peningkatan dari siklus I hingga siklus II. Hasil pra-siklus ketuntasan siswa hanya mencapai 32,25% hal ini menunjukkan bahwa berpikir kritis siswa masih renda dan perlu adanya perbaikan pembelajaran. Pada siklus I hasil kemampuan berpikir kritis siswa belum memenuhi ketuntasan minimum dengan persentase 64,50%, sehingga perlu dilakukan perbaikan disiklus ke II. Selanjutnya pada siklus II dengan persentase 80,65% dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Media wardwall secara keseluruhan dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa yang berdampak pada peningkatan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran.
Referensi
Astuti, N. D., & Octaviani, S. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Matematika Realistik Berbasis Teori Belajar Bruner. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 6(2), 1–5.
Duhita Savira. (2020). Melalui Model Problem Based Learning. Jurnal Cakrawala Pendas, 03(04), 104–117. https://pdfs.semanticscholar.org/d018/dfa4a2a75e1fcee333c62abb6a262cf8d00c.pdf
Hatip, A., & Setiawan, W. (2021). Teori Kognitif Bruner Dalam Pembelajaran Matematika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87. https://doi.org/10.33087/phi.v5i2.141
Herliati, H. (2022). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Menggunakan Model Problem Based Learning (Pbl) Di Sdn 001 Kempas Jaya. JURNAL PAJAR (Pendidikan Dan Pengajaran), 6(5), 1514. https://doi.org/10.33578/pjr.v6i5.8961
Ma’rifah, M. Z., & Mawardi, M. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Hyflex Learning Berbantuan Wordwall. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12(3), 225–235. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p225-235
Minahasa, K. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PENYELESAIAN SOAL CERITA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS 2 SD. 24(7), 28–42.
N, E. D., R, S. C., & Tyas H, A. A. (2019). Upaya Peningkatan Penguasaan Konsep GeometriMatematika Berdasarkan Teori Belajar Bruner Pada Siswa Kelas IVSD. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 3(2), 105–113. http://journal.ummat.ac.id/index.php/jtam
Nadia, A. I., Afiani, K. D. A., Naila, I., & Muhammadiyah, U. (2022). Penggunaan Aplikasi Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia Universitas Muhammadiyah Surabaya, 12(1), 33–43.
Najah, E. F., & Nurhalimah, A. (2023). Implementasi Teori Belajar Matematika terhadap Keberhasilan Belajar Siswa. Jurnal Seminar Nasional Paedagoria, 3, 98–104.
Permana, S. P., & Kasriman, K. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Wordwall terhadap Motivasi Belajar IPS Kelas IV. Jurnal Basicedu, 6(5), 7831–7839. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i5.3616
Rahayu, P., & Hidayat, T. (2025). Pengaruh Media Berbasis Permainan Edukatif Wordwall Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Mata Pelajaran IPAS Introduction. 2, 69–83.
Rodzikin, K., & Mareta, D. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sd Negeri 4 Palembang Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Wordwall. Inovasi Sekolah Dasar: Jurnal Kajian Pengembangan Pendidikan, 10(1), 13–25. https://doi.org/10.36706/jisd.v10i1.19129
Saptaaji, A. B., Burhanudin, B., & Basukiyatno, B. (2023). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Desain Pembelajaran Blended Learning dengan Wordwall. Journal of Education Research, 4(3), 1503–1512. http://dx.doi.org/10.37985/jer.v4i3.388%0Ahttps://jer.or.id/index.php/jer/article/download/388/290
Sukmawati, R., & Tarmizi, M. I. (2022). PEMANFAATAN MEDIA GAME EDUKASI WORDWALL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA SEKOLAH DASAR. Tjyybjb.Ac.Cn, 27(2), 58–66. https://doi.org/10.13040/IJPSR.0975-8232.12(10).5595-03
Utomo, I. S., & Hardini, A. T. A. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Matematika pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(12), 9978–9985. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i12.2495



