PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS 3

Penulis

  • Lia Nur Rahmawati Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Kunti Dian Ayu Afiani Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Novi Wulandari SDN Pacarkeling V

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28063

Kata Kunci:

Problem Based Learning, media interaktif, berpikir kritis, penelitian tindakan kelas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbantuan media interaktif pada siswa kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 26 siswa kelas IV. Data dikumpulkan melalui teknik observasi dan tes untuk mengukur kemampuan berpikir kritis siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantuan media interaktif mampu meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa secara signifikan. Hal ini ditunjukkan dengan peningkatan rata-rata nilai dari 75,3 pada siklus I menjadi 85,5 pada siklus II, serta peningkatan persentase ketuntasan dari 61,5% menjadi 92,3%. Penggunaan media interaktif mendukung proses pembelajaran dengan membantu siswa memahami masalah secara visual dan meningkatkan partisipasi aktif dalam diskusi kelompok. Dengan demikian, model PBL berbantuan media interaktif efektif digunakan sebagai alternatif strategi pembelajaran untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa.

Referensi

Abdullah, A., & Munawwaroh, F. (2024). Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Educatio, 10(1), 155–162. https://doi.org/10.31949/educatio.v10i1.6313

Afiani, K. D. A. (2023). Penerapan Model Probem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 2 Pada Pembelajaran Matematika …. Proceeding Umsurabaya, 1(1), 374–380. https://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/download/19754/6750

Ardianti, R., Sujarwanto, E., & Surahman, E. (2021). Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana. DIFFRACTION: Journal for Physics Education and Applied Physics, 3(1), 27–35. http://jurnal.unsil.ac.id/index.php/Diffraction

Arifah, N., Kadir, F., & Nuroso, H. (2021). Hubungan Antara Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Fisika Siswa. Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA, 4(1), 14–20. https://doi.org/10.46918/karst.v4i1.946

Assa Riswan, Kawung, E. J. R., & Lumintang, J. (2022). FaktorPenyebab Anak Putus Sekolah di Desa Sonuo Kecamatan Bolangitang Barat Kabupaten BolaangMongondow Utara. Jurnal Ilmiah Society, 2(1), 1–12.

Atikah, I., Usman, A., & Ernayanti, R. (2023). Penerapan Model PBL Berbantuan Media Interaktif Powerpoint Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Ekosistem di Kelas X. Jurnal Biologi, 1(3), 1–8. https://doi.org/10.47134/biology.v1i3.1968

Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475

Briliandika, D., Putra, D. A., & Afiani, K. D. A. (2021). Analisis Model Pembelajaran NHT Dalam Meningkatakan Kemampuan Berpikir Kritis. Inventa, 5(1), 16–29. https://doi.org/10.36456/inventa.5.1.a2617

Fauziah, L., Warsodirejo, P. P., & Tanty, H. (2024). Penerapan Model Pbl ( Problem Based Learning ) Berbantuan Media Interaktif Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Di Kelas X SMA Negeri 2 Medan. 07(01), 8026–8036.

Hadi, F. R. (2022). Hubungan Antara Model Pbl Berbantuan Media Interaktif Dengan Motivasi Belajar. Riemann: Research of Mathematics and Mathematics Education, 4(2), 35–40. https://doi.org/10.38114/riemann.v4i2.263

Islamiyah, P., & Atmazaki. (2025). PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA. Jurnal Edu Research Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS), 5(4), 1000–1007.

Lismaya, L. (2019). Berpikir Kritis & PBL. Media Sahabat Cendekia.

Masruroh, A. (2022). Meningkatkan Perkembangan Berpikir Anak Dalam Mengenal Bentuk Geometri Melalui Media Bermain Balok. Journal of Educational Research, 1(1), 61–84. https://doi.org/10.56436/jer.v1i1.15

Muahor, M., & Yulianto, D. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (Pbl) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Geomath, 2(2), 29–42. https://doi.org/10.55171/geomath.v2i2.868

Munawir, M., Rofiqoh, A., & Khairani, I. (2024). Peran Media Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal AL-AZHAR INDONESIA SERI HUMANIORA, 9(1), 63–71. http://dx.doi.org/10.36722/sh.v9i1.2828

Novanda, F., Khotimah, K., & Tjasipah. (2023). PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR MATERI CERITA FANTASI. 1(1), 189–198.

Rahmanudin, A., Mulyasa, E., & Cahyan, I. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Multimedia Interaktif dan Cooperative Learning Tipe STAD Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan HOTS (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SD dI Kecamatan Sukasar. Pendas :Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 494–508.

Setiawan, T., Sumilat, J. M., Paruntu, N. M., & Monigir, N. N. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 9736–9744. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4161 Viktoria, K. (2024). Penerapan Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Sma Negeri Alkani Tahun Pelajaran 2023/2024 Implementing. Bio-Pedagogi, 4(2), 39–43.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19