Peningkatan berpikir kritis dalam pembelajaran IPAS berbantuan game what a question untuk siswa 5B SDN Pagesangan Surabaya

Penulis

  • Rahmad Joko Saputro Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Badruli Martati Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Hayyu Suzan Rahmawatie SDN Pagesangan Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28062

Kata Kunci:

Berpikir kritis, Project Based Learning, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan cara berpikir kritis siswa kelas 5B SDN Pagesangan Surabaya dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) melalui penggunaan media game edukatif "What a Question". Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya cara berpikir kritis terhadap materi IPAS yang disebabkan oleh metode pembelajaran yang kurang variatif dan kurangnya keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada 2 Siklus. Di Siklus pertama dilakukan tindakan perencanaan projek yang akan dilakukan di pertemuan berikutnya dan di siklus kedua dilakukan pengerjaan projek dalam sebuah produk Diorama. Subjek penelitian adalah siswa kelas 5B SDN Pagesangan Surabaya yang berjumlah 31 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes formatif, dan tes sumatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan cara berpikir kritis terhadap materi IPAS setelah penggunaan game "What a Question". Hal ini terlihat dari peningkatan rata-rata nilai tes formatif siswa dari siklus I ke siklus II. Selain itu, siswa juga menunjukkan antusiasme dan keterlibatan yang lebih tinggi dalam proses pembelajaran. Dengan demikian, penggunaan game "What a Question" dapat menjadi alternatif media pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan cara berpikir kritis siswa dalam pembelajaran IPAS.

Referensi

Asari, Andi,dkk, (2023), Media pembelajaran era digital, Yogyakarta : CV. Istana Regency, hal : 213

Hendra,dkk, (2023), Media pembelajaran berbasis digital, Jambi : PT. Sonpedia Publishing Indonesia. hal : 3

Kusuma, Jaka Wijaya,(2023), Dimensi media pembelajaran, Jambi : PT. Sonpedia Publishing Indonesia. hal : 17

Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). Introducing critical participatory action research. The Action Research Planner : Doing Critical Participatory Action Research, 1–31.

Sahir, Syafrida Hafni, 2021, Metodologi Penelitian, Yogyakarta : KBM Indonesia, hal: 13

Setiawan, T., J. M. Sumilat., N. M. Paruntu., dan N. N. Monigir. (2022). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning dan Problem Based Learning pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 6(6): 9736 – 9744

Shoffa, Shoffan,dkk, (2023), Media Pembelajaran, Pasaman Barat : CV. Afasa Pustaka. hal: 41

Wibowo, Agus, (2024), Kemampuan berpikir kritis, Semarang : Yayasan Prima Agus Teknik. hal : 19

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19