Pemanfaatan Media Peta Interaktif dalam Meningkatkan Pemahaman IPAS Materi Cerita tentang Daerahku Melalui Pembelajaran Problem Based Learning pada Siswa kelas IV Sekolah Dasar

Penulis

  • Nanda Prameisila Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Endang Suprapti Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Lenny Ayu Pratiwi SDN Sawahan 1/340 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28060

Kata Kunci:

Penelitian Tindakan Kelas, Problem Based Learning, Media Pembelajaran, Pembelajaran Kontekstual, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi IPAS "Cerita tentang Daerahku" melalui model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan memanfaatkan media peta interaktif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus di kelas IV A SDN Sawahan 1/340 Surabaya dengan jumlah 24 siswa (11 laki-laki dan 13 perempuan). Pada pra siklus, pembelajaran dilakukan oleh wali kelas dan diperoleh rata-rata nilai 69,16 dengan ketuntasan klasikal 37,5%. Pada siklus I, model PBL mulai diterapkan dengan media video dan PPT, sehingga rata-rata nilai meningkat menjadi 78,95 dan ketuntasan 66,67%. Pada siklus II, digunakan media peta interaktif dan simulasi pengiriman paket, yang berhasil meningkatkan rata-rata nilai menjadi 87,29 dan ketuntasan belajar 87,5%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbasis media konkret mampu meningkatkan hasil belajar dan pemahaman siswa secara signifikan. Dengan demikian, PBL berbasis media peta interaktif direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran IPAS untuk memperkuat keterlibatan aktif, kolaborasi, dan pemahaman konsep geografis siswa sekolah dasar.

Referensi

Ardiyanti, Y. (2016). Berpikir Kritis Siswa Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Kunci Determinasi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 193–202.

Erawati, D. (2022). Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas 1 Sd Negeri 6 Pajar Bulan. Shes: Conference Series, 5(5), 1086–1093. Https://Jurnal.Uns.Ac.Id/Shes

Handayani, A., & Koeswanti, H. D. (2021). Meta-Analisis Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Basicedu, 5(3), 1349–1355. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V5i3.924

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pembelajaran Kurikulum Merdeka Sekolah Dasar.

Mayer, R. E. (2009). Multimedia Learning (2nd Ed.). In Cambridge University Press (2nd Ed.). Cambridge University Press.

Mustamiin, M. Z. (2023). Urgensi Pendidikan Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar Di Era Modernisasi. Pendas: Jurnal Pendidikan Dasar, 1(2), 64–69. Https://Ejurnal.Mmnesia.Id/Index.Php/Pendas

Nabilah, A., & Syamsurizal. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik. Jurnal Edukasi Biologi, 10(1), 42–48.

Ningrum, S. S., Rustini, T., & Wahyuningsih, Y. (2022). Penggunaan Media Peta Dalam Membantu Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas 5 Sd Pada Materi Kondisi Geografis Indonesia. Pedadidaktika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(3), 471–480. Http://Ejournal.Upi.Edu/Index.Php/Pedadidaktika/Index

Rahmadani. (2019). Metode Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl). Lantanida Journal, 7(1), 1–100.

Rizkianto, F., & Murwaningsih, T. (2018). Penerapan Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Berpikir Kreatif Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Administrasi Perkantoran (Snpap), 77–82. Www.Snpap.Fkip.Uns.Ac.Id

Sapriyah. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Fkip, 2(1), 470–477.

Sayfullooh, I. A., Desyandari, Irdamurni, & Latifah, N. (2023). Relevansi Teori Konstruktivistik Vygotsky Dengan Kurikulum Merdeka: Studi Kepustakaan. Jurnal Tinta, 5(2), 73–82. Http://Journal.Unirow.Ac.Id/Index.Php/Jrpm/Article/View/220.

Sugiyono, P. D. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D Dan Penelitian Pendidikan). Metode Penelitian Pendidikan, 67, 18.

Wahyuni, T., Uswatun, N., & Fauziati, E. (2023). Merdeka Belajar Dalam Perspektif Teori Belajar Kognitivisme Jean Piaget. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 3(1), 129–139. Https://Doi.Org/10.58578/Tsaqofah.V3i1

Wulandari, A. P., Salsabila, A. A., Cahyani, K., Nurazizah, T. S., & Ulfiah, Z. (2023). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. Journal On Education, 05(02), 3928–3936.

Wulansari, K., & Sunarya, Y. (2023). Keterampilan 4c (Critical Thinking, Creativity, Communication, Dan Collaborative) Guru Bahasa Indonesia Sma Dalam Pembelajaran Abad 21 Di Era Industri 4.0. Jurnal Basicedu, 7(3), 1667–1674. Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V7i3.5360

Yelnosia, R., & Taufik, T. (2020). Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Tematik Terpadu Di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran Sd, 8(5), 166–183. Http://Ejournal.Unp.Ac.Id/Students/Index.Php/Pgsd

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19