PENINGKATAN HASIL BELAJAR BERBANTUAN WORDWALL DI KELAS IV PADA MATERI PENGUKURAN LUAS
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28059Kata Kunci:
Wordwall, hasil belajar, Penelitian Tindakan KelasAbstrak
Peserta didik kelas 4 Sekolah Dasar masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep luas bangun datar yang berdampak pada rendahnya hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada topik Pengukuran Luas melalui penerapan media pembelajaran interaktif Wordwall dalam bentuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Metode penelitian menggunakan model spiral Kemmis dan Mc. Taggart yang terdiri atas perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi, dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 28 peserta didik kelas 4C SD Negeri Tambaksari 1 Surabaya Tahun Ajaran 2024/2025. Instrumen penelitian meliputi asesmen awal, media Wordwall, lembar evaluasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Wordwall dengan tipe soal pilihan ganda berbatas waktu lebih efektif dibandingkan soal uraian tanpa batas waktu. Ketuntasan hasil belajar meningkat dari 44% pada siklus 1 menjadi 75% pada siklus 2, dengan skor n-gain meningkat dari 0,22 (rendah) menjadi 0,65 (sedang). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemilihan format soal yang sesuai dan integrasi media digital interaktif dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan. Selain itu, penggunaan diskusi kelompok dan refleksi berkelanjutan juga menjadi faktor pendukung keberhasilan tindakan kelas.
Referensi
Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, T., Masita, M., Ardiawan, K. N., & Sari, M. E. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Agusti, N. M., & Aslam, A. (2022). Efektivitas Media Pembelajaran Aplikasi Wordwall Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 5794–5800. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3053
Ardiana, A., Sewtiawan, F., & Mirnawati, L. B. (2024). Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Metode Games Based Learning (GBL). Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(1), 4987–5006.
Bella, K. T. (2024). Hubungan antara Minat Belajar dengan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPA Siswa SDS Amkur Bengkayang. ADIBA: JOURNAL OF EDUCATION, 4(4), 588–592.
Epran, E., Siagian, T. A., Utari, T., Agustinsa, R., & Irsal, N. A. (2022). Diagnosis Kesalahan Peserta Didik Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Aritmetika Sosial. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 6(2), 286–297. https://doi.org/10.33369/jp2ms.6.2.286-297
Fahlevi, M. S., & Zanthy, L. S. (2023). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Ruang Sisi Lengkung. Relevan: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(10), 1–9.
Fatika, D. R., & Rahayu, Y. S. (2024). THE DEVELOPMENT OF SCIENTIFIC LITERACY-BASED E-WORKSHEET ON BRYOPHYTES AND PTERIDOPHYTES SUB-MATERIALS TO TRAIN STUDENTS ’ CRITICAL THINKING Pengembangan E-Worksheet Berbasis Literasi Sains pada Sub-materi Lumut dan Paku- pakuan untuk Melatih Kemampuan Be. 13(2), 415–422.
Gumala, Y., Indriyani, T., & Ruby, A. C. (2023). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3905–3912. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.5786
Kolopita, C. P., Katili, M. R., & Yassin, R. M. T. (2022). Pengaruh Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Komputer dan Jaringan Dasar. Inverted: Journal of Information Technology Education, 2(1), 1–12. https://doi.org/10.37905/inverted.v2i1.13081
Melianti, E., Handayani, D., Novianti, F., Syahputri, S., & Hasibuan, S. A. (2023). Pentingnya Pendidikan Yang Ada di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 3549–3554.
Mirnawati, L. B., & Fabriya, R. A. V. (2022). Penerapan Media Flipbook untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 10(1), 22–38. https://doi.org/10.22219/jp2sd.v10i1.19837
Nanda, I., Sayfullah, H., Pohan, R., Windariyah, D. S., Fakhrurrazi, Khermarinah, & Mulasi, S. (2023). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA. Community Development Journal, 4(2), 1653–1660.
Salsabilah, A. S., Nur Afifah, N. P., & Putri Herdiansyah, R. F. (2023). Analisis Kesulitan dalam Menyelesaikan Soal Luas Bangun Datar Gabungan Siswa Kelas IV SD. Journal on Education, 6(1), 2601–2608. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3290
Setianingsih, D., Afiani, K. D. A., & Mirnawati, L. B. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Perkalian Siswa Kelas III SD Muhammadiyah 8 Surabaya. ALPEN: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 24–37.
Simbolon, S., Sapri, S., & Sapri, S. (2022). Analisis Kesulitan Belajar Siswa Kelas IV Materi Bangun Datar di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2510–2515. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i2.2081
Zahiroh, U., & Ritonga, P. S. (2021). Analisis Kualitas Butir Soal Pilihan Ganda Mata Pelajaran Kimia Pada Ujian Akhir Semester (Uas) Kelas Xi Man 2 Kepulauan Meranti. Jedchem (Journal Education and Chemistry), 3(1), 11–20. https://doi.org/10.36378/jedchem.v3i1.780



