Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik menggunakan Model Pembelajaran PBL berbantuan MATERVA (matematika interaktif canva)
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28058Kata Kunci:
PBL, berpikir kritis, media interaktifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas II Sekolah Dasar melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) yang didukung oleh media interaktif MATERVA (Matematika Interaktif Canva). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus di SDN Pacarkeling V/186 Surabaya. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, dokumentasi, dan tes tertulis. Instrumen evaluasi dikembangkan berdasarkan lima indikator berpikir kritis menurut Greenstein: apply, analyze, evaluate, synthesis, dan insight. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model PBL berbantuan MATERVA secara signifikan meningkatkan aktivitas guru dan siswa, serta kemampuan berpikir kritis siswa. Pada siklus I, keterlaksanaan model mencapai 83,3% dan meningkat menjadi 95% pada siklus II. Kemampuan berpikir kritis siswa juga meningkat dari 69% menjadi 83,3%. Peningkatan tertinggi terdapat pada indikator synthesis dan insight, meskipun masih tergolong rendah karena keterbatasan perkembangan kognitif siswa usia dini. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kombinasi PBL dan MATERVA efektif untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas rendah.
Referensi
Browne, M. N., & Keeley, S. M. (2012). Asking the right questions: A guide to critical thinking (10th ed.). Pearson Education.
Budiarti, Intan dan Gamaliel Septian Airlanda. (2019). “Penerapan Model Problem Based Learning Berbasis Kearifan Lokal Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis”. Jurnal Jartika. 2 (1): 170. Diakses tanggal 29 Mei 2019 dari situs: http://media.neliti.com/media/publications/266997problem-based-learning-b-ecc6693fe.pdf
Febriani, A. B., Afiani, K. D. A., & Martati, B. (2024). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA DALAM PENYELESAIAN SOAL CERITA MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN SISWA KELAS 2 SD. 24(7), 28–42.
Finken, M. M., & Ennis, R. H. (1993). Illinois Critical Thinking Essay Test. University of Illinois at Urbana-Champaign.
Fikri, A., Nurona, A., Saadah, L., Nailufa, L. E., & Ismah, V. (2021). Keterampilan Guru Dalam Membimbing Diskusi Pada Pembelajaran Abad 21. Tanjak: Journal of Education and Teaching, 2(1), 1–7. http://ejournal.stainkepri.ac.id/index.php/tanjak
Greenstein, L. (2012). Assessing 21st century skills: A guide to evaluating mastery and authentic learning. Corwin Press.
Hasriyah (2023). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Metafora Pendidikan (JMP), 1(2), 232-244.
https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2024/12/gerakan-7-kebiasaan-anak-indonesia -hebat-membentuk-generasi-berkarakter
Jirana, Mohamad Amin, Endang Suarsini, Betty Lukiati (2020) IMPLEMENTATION OF PROJECT BASED LEARNING (PBL) MODEL FOR CRITICAL THINKING SKILLS AND CREATIVITY STIMULATION AS A PROSPECTIVE BIOLOGY TEACHER. Systematic Reviews in Pharmacy, 11 (6), 1290-1301. doi:10.31838/srp.2020.6.189
Kosanke, R. M. (2019). Penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Inkuiri dalam pembelajaran tematik. Dimyanti 2006, 6–23.
Nadia, A. I., Afiani, K. D. A., & Naila, I. (2022). Penggunaan aplikasi wordwall untuk meningkatkan hasil belajar matematika selama pandemi covid-19. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 12(1), 33-43.
Prayitno, L. L., Sulistyawati, I., & Wardani, I. S. (2016). Profil kemampuan berpikir kritis siswa SD di Kecamatan Bulak. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 1(2), 67–75.
Rofiqoh, A. R. A., Faradita, M. N., & Afiani, K. D. A. (2023). Problem based learning berbantuan audio visual terhadap kemampuan berpikir kritis siswa SD. Jurnal Pedagogik Pendidikan Dasar, 10(1), 27-36.
Sa'diah, Y. N. M., Afiani, K. D. A., & Setiawan, F. (2023). ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING. Jurnal Ibriez: Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 8(1), 47-60.
Sandria, A., Asy’ari, H., & Siti Fatimah, F. (2022). Pembentukan Karakter Religius Melalui Pembelajaran Berpusat pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri. At-Tadzkir: Islamic Education Journal, 1(1), 63–75. https://doi.org/10.59373/attadzkir.v1i1.9
Sma, D. I., & Bangkalan, N. (2020). Lampu X MIPA 2 PADA MATERI TRIGONOMETRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING Lampu.
Sunny, V., Siti Sundari, F., & Kurniasih, M. (2023). Penerapan Model Project Based Learning Dengan Media Konkret Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V E Di Sdn Polisi 1 Kota Bogor. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1070–1079. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.788
Susanti (2023) KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWADALAM MENGGUNAKAN MULTIMEDIA INTERAKTIF. Differential: Journal on Mathematics Education Volume 1 Nomor 1, 37-46
Yanti. (2019). Penerapan pendekatan keterampilan proses untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa di kelas IV MIN 26 Aceh Besar (Skripsi). Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh
Zubaidah, S., Corebima, A. D., Mahanal, S., & Mistianah. (2015). Revealing the relationship between reading interest and critical thinking skills through Remap GI and Remap Jigsaw. International Journal of Instruction, 11(2), 41–56.



