PENINGKATAN KEMAMPUAN NUMERASI MELALUI IMPLEMENSTASI GAME BASED LEARNING SISWA KELAS V-F SDN BULAK RUKEM 1 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28057Kata Kunci:
Numerasi, Game Based Learning, Wordeall, Quizizz, PembelajaranAbstrak
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk menggambarkan penerapan metode Game Based Learning (GBL) dengan memanfaatkan media Wordwall dan media Quizizz, serta mengevaluasi seberapa efektif metode ini dalam meningkatkan kemampuan numerasi siswa kelas V-F di SDN Bulak Rukem 1 Surabaya. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart yang mencakup tahapan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Sebanyak 30 siswa terlibat sebagai subjek penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, tes tertulis, dan dokumentasi. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan numerasi siswa. Sebelum tindakan, ketuntasan klasikal hanya mencapai 47% pada siklus I, ketuntasan meningkat menjadi 73% dengan rata-rata nilai 64,16 dan pada siklus II mencapai 90% dengan rata-rata nilai 80,00. Peningkatan ini dipengaruhi oleh perubahan strategi pembelajaran, seperti penerapan kerja kelompok, penyampaian materi yang lebih jelas, serta terciptanya suasana belajar yang menyenangkan. Berdasarkan temuan ini, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis permainan efektif dalam membantu meningkatkan kemampuan numerasi siswa di sekolah dasar.
Referensi
Alim, M., & Kurniaman, O. (2015). Pengembangan media pembelajaran berbasis permainan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 3(2), 45–53.
Amalia, S. R., Fakhriyah, F., & Ardianti, S. D. (2020). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Problem Based Learning Berbantuan Media Kotak Kehidupan Pada Tema 6 Cita-Citaku. WASIS: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(1), 7–13.
Ekowati, D., Sutrisno, & Mardiyana. (2019). Pengaruh model pembelajaran berbasis permainan terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 59–68.
Hamzah. (2021). Efektivitas model Game based learning untuk meningkatkan kemampuan numerasi siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(3), 210–218.
Hidayat, P. (2019). Penelitian tindakan kelas: Teori dan praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Khakima, L. N., Zahra, S. F. A., Marlina, L., & Abdullah, Z. (2021). Penerapan Literasi Numerasi dalam Pembelajaran Siswa MI/SD. Prosiding Seminar Nasional PGMI, 1(1), 775–791.
Maulidina, N. (2019). Game based learning sebagai pendekatan pembelajaran inovatif dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 1–8.
Maulidina, N., & Abidin, Z. (2018). Strategi pembelajaran numerasi untuk meningkatkan keberhasilan akademik siswa sekolah dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan Dasar, 3(2), 112–120.
Winatha, K., & Setiawan, D. (2020). Pengaruh pembelajaran berbasis permainan terhadap minat dan pemahaman siswa. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 27(4), 334–341.
Wati, S. (2021). Peningkatan kemampuan numerasi melalui pendekatan pembelajaran berbasis permainan interaktif di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 6(1), 15–23.



