IMPLEMENTASI MODEL TEAM GAMES TOURNAMENT (TGT) BERBASIS MEDIA DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA SDN SIMOMULYO IV SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28056Kata Kunci:
TGT (Team Game Tournament), motivasi belajarAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi dari hasil observasi menunjukkan rendahnya motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini meneliti tentang penerapan model cooperatif tipe TGT (Team Games Tournament). Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan model cooperatif tipe TGT dan meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV sekolah dasar. Pelaksanaan penelitian menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan model penelitian dari Kemmis dan Taggart yang dilakukan dalam tiga siklus dengan subjek penelitian siswa kelas IV di SDN Simomulyo IV Surabaya. Ada 28 orang peserta didik yang terlibat. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Pada siklus I rata-rata peningkatan yang pertama yaitu pada indikator kemampuan cepat menjawab pada siklus I mencapai 45% pada siklus 2 yaitu 67 %, pada siklus 3 yaitu 86%. Indikator kedua ketekunan pada siklus I mencapai 50% dan pada siklus II 68%, pada siklus III 85%. Pada ketiga indikator menunjukkan minat pada siklus I mencapai 45% dan pada siklus II 65%, siklus III mencapai 83%. Keempat indikator rajin belajar untuk mendapatkan hadiah pada siklus I mencapai 50% dan pada siklus II 68%, siklus III mencapai 82%. Terakhir kelima indikator rajin belajar karena takut mendapatkan hukuman pada siklus I mencapai 52 % dan pada siklus II 66%, dan siklus III 82%. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan jika penerapan model cooperatif tipe TGT dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas IV dan juga berpengaruh positif terhadap hasil belajar peserta didik
Referensi
Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Jakarta: Bumi Aksara.
Azkia, N. F., Muin, A., & Dimyati, A. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Digital Terhadap Hasil Belajar Matematika: Meta Analisis. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 6(5), 1873–1886. https://doi.org/10.22460/jpmi.v6i5.18629
Candra, Salam, R., & Aulya, N. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Pinisi Journal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(2), 736–744. https://ojs.unm.ac.id/pjp/article/view/52209
Erawati, D. S., Warsono, & Rodiyana, R. (2024). Implementasi metode Team Group Tournament dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar : Studi Literatur Review. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(1), 1273–1284. https://jurnaldidaktika.org/contents/article/view/1571
Hasanah, U., Wijayanti, R., & Liesdiani, M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran TGT ( Teams Games Tournament ) dengan Permainan Ludo Terhadap Hasil Belajar Siswa. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(2), 104–111.
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Isjoni. (2019). Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.
Iskandar, J. (2021). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(1), 96–107. https://doi.org/10.24252/edu.v1i1.22156
Muryani, S. (2019). Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Kemampuan Berlatih Lari pada Siswa Kelas 3 SD Negeri Nganjat Polanharjo Klaten 2018/2019 Semester I. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia): Jurnal Ilmiah Pendidikan, 5(4), 260–270. https://doi.org/10.20961/jpiuns.v5i4.46431
Nabila, J., & Romadlon, D. A. (2024). Faktor-Faktor Penyebab Kurangnya Motivasi Belajar Peserta Didik dalam Mata Pelajaran PAI di Sekolah Negeri. UMSIDA Preprints Server, 1–13. https://doi.org/10.21070/ups.4217
Nainggolan, I. M. D., Diniyati, S. A. R., & Febriyanto, A. S. (2024). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Perencanaan Pembelajaran yang Menyenangkan di SMA Labschool Universitas Pendidikan Indonesia. Jurnal Informasi dan Komunikasi Administrasi Perkantoran, 8(6), 599–606. https://jurnal.uns.ac.id/JIKAP/article/view/87935
Nurhayati, H., Robandi, B., & Mulyasari, E. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 1–12. https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/14014
Purwanto, M. N. (1998). Psikologi pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Sanjaya, W. (2014). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group.
Sartika, S. B., Untari, R. S., Rezania, V., & Rocmah, L. I. (2022). Buku Ajar Belajar dan Pembelajaran. Sidoarjo: Umsida Press. https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4
Suprayitno, A. (2020). Menyusun PTK Era 4.0. Yogyakarta: Deepublish.
Vianka, N. A., Sunarso, A., & Dewi, N. R. (2024). Penerapan Team Games Tournament (TGT) untuk Meningkatkan Motivasi Belajar pada Pembelajaran IPA Kelas VIII C SMP N 31 Semarang. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Penelitian Tindakan Kelas, 1179–1184. https://proceeding.unnes.ac.id/snpptk/article/view/3251
Yesasri, Putri, D. A. E., & Ikhwan. (2024). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Digital terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 4 Kota Solok. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(2), 35667–35673. https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/19258
Zulfirman, R. (2022). Implementasi Metode Outdoor Learning dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Agama Islam di MAN 1 Medan. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran (JPPP), 3(2), 147–153. https://doi.org/10.30596/jppp.v3i2.11758



