Peningkatan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Aplikasi Geogebra Dengan Model Probelm Based Learning

Penulis

  • Ana Nafila Jannah Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28055

Kata Kunci:

matematika, geogebra, PBL

Abstrak

Penelitian ini dilaksanakan di kelas VI SDN Margorejo 1/403 Surabaya dengan tujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) yang didukung oleh media GeoGebra dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, mengevaluasi kepraktisan penggunaannya dalam kegiatan pembelajaran, serta menilai sejauh mana peningkatan hasil belajar yang dicapai. Penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan: Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan observasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa pembeljaran berbasis problem based learning dengan menggunakan aplikasi geogebra dinyatakan valid atau layak digunakan. Pernyataan ini didukung dengan hasil peningkatan pada hasil post-test antara siklus 1 dan siklus 2. Selain itu, menggunakan model pembelajaran problem based learning ini juga tampak dari perbandingan nilai rata-rata N-Gain antara 2 siklus mengalami peningkatan yang cukup signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learning menggunakan aplikasi geogebra efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas VI C SDN Margorejo 1/403 Surabaya.

Referensi

ALPIAN. (2019). PENTINGNYA PENDIDIKAN BAGI MANUSIA . JURNAL BUANA, 67.

Anjarsari, V. D. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Berbasis Kontekstual Berbantuan Software Geogebra . Indonesian Geogebra Jurnal , 2.

branch. (t.thn.). instructional design . zulrahmattogala, 2013.

Herman. (2019). Membangun Pengetahuan Sisw. Upi Pendidikan Matematika, 2.

Hidayat, F. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation And Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam, 20.

Kurnia, T. (2013). Model Addie Untuk Pengembangan. 519.

Muna. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran Matematik. Jurnal Profesi Keguruan, 101.

Niyarci. (2022). Perkembangan Pendidikan Abad 21 Berdasarkan Teori Ki Hajar Dewantara. Pedagogika, 48.

Sari. (2020). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Jurnal Serambi Ilmu, 212. Sumarni, M. M. (2022). Penggunaan Geogebra Dalam Pembelajaran Matematika.

Sukabumi: Cv Jejak (Jejak Publisher).

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19