PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PJBL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KREATIVITAS SISWA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS IV SDN KEDUNG COWEK 1/253 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28054Kata Kunci:
Project Based Learning, hasil belajar, kreativitasAbstrak
Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dan kreativitas siswa kelas IV pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PJBL). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV C SDN Kedung Cowek 1/253 Surabaya yang berjumlah 24 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus yang masing-masing terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi keterlaksanaan pembelajaran, penilaian kreativitas produk, serta pretest dan posttest hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Keterlaksanaan pembelajaran meningkat dari skor 84 di siklus 1 menjadi 92 di siklus 2. Kreativitas siswa juga mengalami peningkatan dari 75% menjadi 83%. Sementara itu, nilai rata-rata hasil belajar kognitif meningkat dari 53,75 pada pretest menjadi 81,25 pada posttest. Hasil ini membuktikan bahwa model PJBL efektif dalam menciptakan pembelajaran yang aktif, kontekstual, dan mendorong pencapaian belajar yang optimal.
Referensi
Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2021). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematika, sains, membaca, dan menulis. Bumi Aksara.
Aji, K. S. (2023). Penerapan Model Project Based Learning (Pjbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Materi Ide Pokok Kelas Iv. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 3497-3508.
Anjani, R. R., Mukhzamilah, M., & Mariasih, J. (2024). Implementasi Pembelajaran TGT Berbantuan Question Card Berbasis CRT Guna Meningkatkan Keterampilan Menulis Puisi. DEIKTIS: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 4(4), 894-909.
Isnaini, E., & Untari, R. S. (2023). IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS V SDN BAKALAN WRINGINPITU. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(3), 652-660.
Kusumasari, E. D., Sumarno, S., & Dwijayanti, I. (2024). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa sekolah dasar pada pembelajaran bahasa Indonesia berbasis literasi digital pada Kurikulum Merdeka. Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 3(1), 22-29.
Masyhud, M. S. 2021. Metode Penelitian Pendidikan. Jember: Pengembangan Lembaga Manajemen dan Profesi Kependidikan (LPMPK).
Murniarti, E. (2021). Penerapan metode project based learning dalam pembelajaran. Journal of Education, 3(1), 1-18.
Saputro, O. A., & Rahayu, T. S. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 185-193.
Sari, R. T., & Angreni, S. (2018). Penerapan model pembelajaran project based learning (PjBL) upaya peningkatan kreativitas mahasiswa. Jurnal varidika, 30(1), 79-83.
Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 281-288.
Zahra, R. M., Sumiyadi, M., Cahyani, I., Sastromiharjo, A., & Nuphanudin, M. (2025). Panduan Model Pembelajaran Menulis Cerpen Berbasis Prosinek. Indonesia Emas Group.



