Peningkatan Literasi pada Cerita Fiksi melalui Model Pembelajaran PBL dengan Pendakatan TaRL di SMP Muhammadiyah 4 Surabaya

Penulis

  • Dian Ayu Puspita Rini Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • R. Panji Hermoyo Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Taufiqur Rahman SMP Muhammadiyah 4 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28053

Kata Kunci:

literasi, cerita fiksi, Problem Based Learning (PBL), Teaching at the Right Level (TaRL), pembelajaran berdiferensiasi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan literasi siswa dalam memahami cerita fiksi melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang dipadukan dengan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) di kelas VII A SMP Muhammadiyah 4 Surabaya. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan siswa dalam memahami teks fiksi karena dominasi budaya digital yang cenderung melemahkan keterampilan membaca mendalam. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan: pada siklus I, ketuntasan belajar siswa mencapai 80% dengan rata-rata nilai 87, dan meningkat menjadi 100% dengan rata-rata nilai 93 pada siklus II. Pembelajaran dengan PBL mendorong siswa untuk berpikir kritis dan aktif berdiskusi, sementara pendekatan TaRL memungkinkan pembelajaran disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa. Kombinasi kedua pendekatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan literasi fiksi dan keterlibatan siswa secara menyeluruh.

Referensi

Asrati. 2018. Penerapan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah pada Siswa SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Biologi 2 (1):44-50 (2018) diunduh melalui https://ejournal.unib.ac.id/jppb/article/view/5141/2700 pada tanggal 7Mei 2025

Astuti. 2021. Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Kelas VII SMP/MTs Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Cendikia: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 05, No.02, Juli 2021, pp. 1011-1024 diunduh melalui https://repository.universitaspahlawan.ac.id/2828/2/sinta%203%202.pdf pada tanggal 5 Mei 2025

Azhari dan Yuliana. 2025. Peningkatan Hasil Belajar Siswa melalui Pendekatan Teachinng at The Right Level (TaRL), Jurnal PTK, Vol.5 No.2 Mei2025 diunduh melalui https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/559/278

Huda,dkk. 2025. Studi Komparatif Strategi Pembelajaran Inovatif: CRL., TaRL., dan DL. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra, Vol. 11, No. 1, 2025 diunduh melalui https://e-journal.my.id/onoma/article/view/5236/3358 pada tanggal 5 Mei 2025

Kristiyani, Sri. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Membaca, Kolaborasi, dan Komunikasi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Peserta Didik VIII E SMP Dian Harapan Jakarta. Jurnal pendidikan bahasa dan sastra Indonesia volume 13 nomor 2 tahun 2023, pp 133-139 diunduh melalui https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPBS/article/view/67388/27736 pada tanggal 7 Mei 2025

Lubis, dkk. 2023. Gerakan Literasi Sekolah: Tantangan Literasi di Era Digital dan Cara Mengatasinya. Jurnal Media Infotama Vol.19 No.2 2023 diunduh melalui https://jurnal.unived.ac.id/index.php/jmi/article/view/4399/3684 pada tanggal 7 Mei 2025

Magfirah, dkk. 2024. Implementasi Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Pembelajaran Vol.6, No.2, Mei-Agutus 2024 diunduh melalui https://pdfs.semanticscholar.org/a9aa/336c9d14f0930f001f4c2eac8a17d519e501.pdf pada tanggal 3 April 2025

Mayasari, dkk. 2022. Implementasi Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Keaktifan Pembelajaran. Jurnal Tahsinia Vol.3, No.2, Oktober 2022, Hal 167-175 diunduh melalui https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/ths/article/view/335/109 pada tanggal 3 April 2025

Nurhikmah,dkk. 2024. Penerapan Media Pojok Baca melalui Gerakan Literasi Sekolah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Literasi Siswa. Jurnal Volume 5 No. 2, November (2024) diunduh melalui https://www.ejournal.ummuba.ac.id/index.php/JIPTI/article/view/2430/1285 pada tanggal 7 Mei 2025

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19