PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK BERBANTU MEDIA VIDEO PADA MATERI SIKLUS AIR KELAS IV DI SDN SIDOTOPO I48 SURABAYA TAHUN AJARAN 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28052Kata Kunci:
Media Video, Hasil Belajar, IPASAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada muatan IPAS berbantu media video pembelajaran di kelas IV SDN Sidotopo I48 Surabaya. Berdasarkan hasil observasi awal, ditemukan bahwa siswa kurang aktif dan hasil belajar rendah karena media pembelajaran yang digunakan kurang menarik. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis & Mc. Taggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari beberapa tahap yaitu, perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan berupa tes kognitif dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yang signifikan, ditunjukkan oleh ketuntasan belajar siswa yang meningkat dari 60% pada Siklus I menjadi 84% pada Siklus II. Penggunaan media video terbukti mampu meningkatkan pemahaman konsep siklus air, memperbaiki keterlibatan siswa, dan menciptakan pembelajaran yang lebih menarik dan interaktif. Oleh karena itu, media video yang berkualitas tinggi dan kontekstual direkomendasikan sebagai strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa sekolah dasar
Referensi
Arsyad, Azhar. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pres
Marliana, Lita Putri., 2021. Pengembangan Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Paedagogy: Junal Ilmu Pendidikan dan Psikologi. 1 (2)
Nurwinda, dkk., 2022. Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Kelas V SD Negeri 188 Tanrongi Kabupaten Wajo. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar. 7 (1)
Pane, Aprida & Muhammad Darwis Dasopang (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian dan Ilmu-ilmu Keislaman. 3 (2).
Prastica, Yunita., dkk. 2021. Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu. 5 (5)
Pristiwanti, Desi., Bai Badriah., Sholeh Hidayat., Ratna Sari Dewi. (2022). Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling. 4 (6).
Riyanto, Yatim. 2019. Paradigma Baru Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada.
Widiasworo, E. 2018. Strategi pembelajaran edu tainment berbasis karakter. Yogyakarta, Indonesia: Ar-Ruzz Media.



