PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN BENDA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS II SD

Penulis

  • Shinta Oktabernika Putri Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Lilik Binti Mirnawati Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ahmad Sholikin SDN Tambaksari 1 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28051

Kata Kunci:

Problem-Based Learning, Benda Konkret, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model Pembelajaran Problem-based Learning dan meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas II-A SDN Tambaksari 1 Surabaya dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang berfokus pada siswa kelas II-A SDN Tambaksari 1 Surabaya, total berjumlah 28 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan tes. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi aktivitas guru dan aktivitas siswa, modul ajar, dan kisi-kisi tes. Analisis data dilakukan dengan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil tindakan menunjukkan peningkatan aktifitas peserta didik dan guru serta peningkatan hasil belajar pada siklus pertama ke siklus keadua. Sebelum tindakan siswa memperoleh hasil ketuntasanbelajar pada materi ini sebesar 32%. Kemudian. pada siklus pertama, 69% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal, meningkat pada siklus kedua menjadi 84% siswa mencapai kriteria ketuntasan minimal. penerapan PBL berbantuan benda konkret dapat menjadi alternatif efektif bagi guru dalam menciptakan pengalaman belajar yang lebih bermakna dan sesuai dengan karakteristik perkembangan siswa. Penggunaan benda konkret sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran matematika terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi pecahan.

Referensi

Agustina, D. T. (2020). Pendekatan CPA (Concret Pictorial Abstrak) Dan Matematika Realistik Bagi Siswa SD. Pati: Maghza Pustaka.

Amaludin, L. (2021). Model Pembelajaran Problem Based Learning Penerapan dan Pengaruhnya Terhadap Keterampilan Kritis dan Hasil Belajar. Tangerang Selatan: Pascal Books.

Amini, & Ginting, N. (2024). Metode Penelitian (Kualitatif, Kuantitatif, PTK dan R&D). Medan: UMSU Press.

Apdoludin, Daenuri, M. A., Wulandari, Elihami, Hamzah, I., & Darmanto. (2024). Desain Pembelajaran Agama Islam. Pasaman Barat: CV AZKA PUSTAKA.

Astutik, F. (2023). Integrasi Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Dasar. Pekalongan: PT Nasya Expanding Management.

Dahlia. (2022). Penerapan Model pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Topik Bilangan Cacah. Pedagodia: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(02), 59–64.

Husnidar, & Hayati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil BelajarMatematika Siswa. ASIMETRIS: Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, 02(02), 067–072.

Isro’atun, & Rosmala, A. (2018). Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kalsum, U. (2021a). Model Problem Based Learning Meningkatkan Hasil Belajar PPKn Peserta Didik. Lombok Tengah: Pusat Pengembang dan Penelitian Indonesia.

Kalsum, U. (2021b). Problem Based Learning Motivasi Belajar Fisika. Lombok Tengah: Pusat Pengembang dan Penelitian Indonesia.

Kasmantoro, H., Patonah, S., & Maryati, M. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Fase A. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 24–31. https://doi.org/10.24176/anargya.v7i1.12343

Martati, B., Mirnawati, L. B., & Firmannandya, A. (2023). Analisis Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila Sekolah Dasar. Conference of Elementary Studies, 127–133.

Pahleviannur. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. in Pradina Pustaka.

Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: CV BUDI UTAMA.

Purwati, P. D., Adibah, Y., Wijaya, L. K., & Zahra, F. F. (2023). Inovasi Pembelajaran Bahasa Indonesia Era Society 5.0. Semarang: Cahya Ghani Recovery.

Rahim, A. R., Tajuddin, A. S., Ummiyati, & Arsyad, W. (2022). Inovasi Pembelajaran Keterampilan Berbahasa di Kelas Awal Sekolah Dasar. Yogyakarta: Zahir Publishing.

Ramadhany, T. rizky, Mirnawati, L., & Afiani, K. D. (2024). Penerapan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Komik untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Siswa pada Teks Cerita Kelas 4 SD Kusuma Putra. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 09.

Sanni, R. A. (2020). Panduan Praktis Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Siregar, T. (2024). Pendidikan Matematika Realistik (PMR) pada Abad 21. Indramayu: CV. Adanu Abimata.

Siswanti, A. B., & Indrajit, R. E. (2023). Problem Based Learning. Yogyakarta: Penerbit ANDI.

Sukmawati, R. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas II SDN Wonorejo 01. Jurnal Sains Global Indonesia, 2(2), 49–58.

Syarifuddin, & Utari, E. D. (2022). Media Pembelajaran (Dari Masa Konvensional Hingga Masa Digital). Pelambang: Bening Media Publishing.

Wahjoeningsih, S., Faradita, M. N., & Iswahyuni. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran PBL Berbantu Media Benda Konkret pada Siswa kelas 4 SD. Transformasi Pembelajaran: Inovasi dan Praktik Efektif Melalui Penelitian Tindakan Kelas.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19