PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MEDIA ULAR TANGGA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA MATERI BILANGAN CACAH DI KELAS II SDN BANYU URIP III

Penulis

  • Hafidloh Anafi’ah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Peni Suharti Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Vivien Harianika Putri SDN Banyu Urip III

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28050

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Media Ular Tangga, Matematika, Bilangan Cacah

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui media ular tangga pada mata pelajaran matematika. Penelitian dilakukan menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus, yang meliputi tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dari skor rata-rata 74,64 pada siklus I menjadi rata-rata 87,14 pada siklus II. Nilai N-Gain sebesar 0,687 juga memperkuat bahwa peningkatan termasuk dalam kategori sedang. Selain itu, berdasarkan lembar observasi dan refleksi, peserta didik terlihat lebih aktif berkolaborasi, berdiskusi, dan mempresentasikan hasil. Peningkatan hasil belajar tidak hanya ditunjukkan melalui data kuantitatif, tetapi juga perubahan perilaku belajar peserta didik selama proses pembelajaran. Dengan demikian, media ular tangga terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar Matematika, khususnya pada materi bilangan cacah.

Referensi

Aji, R. H. S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. VI No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 Penelitian, VI(1), 87–93.

Kankaras, D. M. (2023). Jean Piaget’s Theory of Cognitive Development: A Simple Guide. May, 72. Masitoh, S. (2023). Pengaruh Problem Based Learning (Pbl) Berbantuan Canva Terhadap Student

Well Being Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Sd Pada Materi Udara Bersih Bagi Kesehatan. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 509–523. https://doi.org/10.23969/jp.v8i1.7606

Pagarra, H., Syawaluddin, A., Krismanto, W., & Sayidiman. (2022). Media Pembelajaran. In Badan Penerbit UNM.

Prof. Dr.Sugiyono. (2012). Statistik Untuk Penelitian.pdf (pp. 1–370).

Purba, Bernadetta, P., Mawati, Tentrem, A., Juliana, Kuswandi, S., Hulu, Lihardo, I., Sitopu, Wilson, J., Pasaribu, Nahum, A., Yuniwati, I., & Masrul. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. In A. Rikki & J. Simarmata (Eds.), Penelitian Tindakan Kelas. Yayasan Kita Menulis.

Siallagan, A. R. H. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Visual Menggunakan Permainan Ular Tangga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Anak …. 4(2), 64–74. http://digilib.unimed.ac.id/id/eprint/38968%0Ahttp://digilib.unimed.ac.id/38968/9/9. NIM. 8176121001 CHAPTER I.pdf

Sukarelawan, M. I., Indratno, T. K., & Ayu, S. M. (2024). N-Gain vs Stacking. Penerbit Suryacahya. Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan

Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 19. https://doi.org/10.47134/ptk.v1i4.821

Zatira, R., Hastuty, W., Kuntari, N., Madiun, K., & Timur, J. (2024). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PERMAINAN ULAR MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN. 2(11).

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19