PENERAPAN MEDIA POP UP BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V PADA MATA PELAJARAN IPAS
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28049Kata Kunci:
Media, Pop Up Book, Hasil BelajarAbstrak
Pendidikan merupakan sarana penting dalam meningkatkan dan mengembangkan kualitas sumber daya manusia. Namun dalam praktiknya guru hanya menggunakan metode pengajaran yang monoton sehingga menyebabkan siswa merasa jenuh dan sulit memahami materi pelajaran. Dalam proses pembelajaran penggunaan media pengajaran dapat membantu pencapaian keberhasilan belajar. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Pacarkeling V Surabaya dengan penggunaan media Pop Up Book pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS). Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Menggunakan teknik tes, rata-rata, dan KKTP. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu pada pra siklus rata- rata nilai siswa 69,22 dengan presentase 59,38%. Setelah dilakukan siklus I nilai rata- rata siswa meningkat menjadi 74,06 dengan presentase 71,88% sedangkan pada siklus II nilai rata- rata siswa yaitu 86,13 dengan presentase 84,38%. Berdasrakan hasil penelitian bahwa penggunaan media Pop Up Book sangat efektif digunakan dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Sosial (IPAS) karena tampilan media dalam bentuk tiga dimensi, sehingga membuat peserta didik antusias dalam mempelajari materi di dalamnya.
Referensi
Aisah, D., Ismaya, E. A., & Bakhruddin, A. (2023). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SD MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENT BERBANTUAN MEDIA MONOGAYA. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP
Universitas Mandiri, 09, 1190–1200.
Amaliya, P., & Madiani, L. O. (2024). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Permainan Ice Breaking pada Mata Pelajaran IPA SD Negeri 100 Buton. Jurnal Penelitian, 2, 583–591. http://www.jurnal- umbuton.ac.id/index.php/prosahttps://doi.org/10.35326/prosa.v8i4.4007
Ardiany, D. T., Sutarja, M. C., Tamam, B., Hadi, W. P., & Yasir, M. (2023). Pengembangan Media Pop Up Book Pada Materi Sistem Ekskresi. Jurnal Natural Science Educational Research, 9(5), 854–864. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i5.1989
Kahfi, R., Sunarya, D. T., & Karlina, D. A. (2017). PENERAPAN METODE REQA UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA PADA MATERI MEMBUAT DAN MENJAWAB PERTANYAAN DARI TEKS YANG DIBACA. Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 1691–1700.
Mboa, M. N., & Ajito, T. (2024). Meningkatkan Hasil Belajar dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Materi Peluang Siswa Kelas VIII SMPK St. Theresia Kupang. Journal on Education, 06(02), 12296–12301.
Muslimin, Tiken, R., & M, Y. I. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Pop Up Book dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Tentang Pentingnya Makanan Sehat Kelas V UPTD SD Negeri 12 Parepare. JUARA SD: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(20), 202–213. https://ojs.unm.ac.id/jsd/article/download/45906/21370
Nengsi, R., Munandar, H., & Junita, S. (2021). Pengembangan Media Pop Up Book Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa Kelas V Pada Pembelajaran IPA Tema Lingkungan Sahabat Kita. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan, 1(1), 2. https://repository.bbg.ac.id/handle/964
Oktaviani, S. N., Faradita, M. N., & Martati, B. (2025). Pengembangan Media Miniatur Diorama Siklus Air pada Mata Pelajaran IPAS SD. Jurnal Simki Pedagogia, 8(1), 232– 241.
Parende, U. S., & Pane, W. S. (2020). Jurnal Pendidikan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model. Jurnal Pendidikan, 01(01), 23–35.
Parida, Muhajir, & Rismawati. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Pop-Up Book Dalam Meningkatkan Hasil Dan Minat Belajar Pada Mata Pelajaran PPKn Siswa Kelas V Di. 07(01), 5646–5658.
Purwaningsih. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Penemuan Pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 8 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi. Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan, 2(4), 422–427. https://doi.org/10.51878/educator.v2i4.1929
Putri, Q. K., Pratjojo, P., & Wijayanti, A. (2019). Pengembangan Media Buku Pop-Up untuk Meningkatkan Kemampuan Menyimak Tema Menyayangi Tumbuhan dan Hewan di Sekitar. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 2(2), 169.
https://doi.org/10.23887/jp2.v2i2.17905
Resta, R. G., & Kodri, S. (2023). Media Pembelajaran Pop Up Book Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), 162–167. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4189
Setiyanigrum, R. (2020). Media Pop Up Book sebagai Media Pembelajaran Pascapandemi Covid-19. Seminar Nasional Pascasarjana 2020, 2016, 2016–2020.
Utomo, P., Asvio, N., & Prayogi, F. (2024). Metode Penelitian Tindakan Kelas ( PTK ): Panduan Praktis untuk Guru dan Mahasiswa di Institusi Pendidikan. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(4), 1–19.
Wicaksono, D., & Iswan. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Di Kelas IV Sekolah Dasar
Muhammadiyah 12 Pamulang, Banten. HOLISTIKA: Jurnal Ilmiah PGSD, 3(2), 111– 126.



