IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING TERHADAP MINAT DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA KELAS V SDN SIMOMULYO IV
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28047Kata Kunci:
inkuiri, minat belajar, ketuntasan belajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada muatan IPAS melalui penerapan model pembelajaran Inquiry Guide berbasis simulasi sederhana. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan melibatkan 29 siswa kelas Va SDN Simomulyo IV sebagai subjek penelitian. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pada siklus I, pembelajaran berfokus pada materi bagian-bagian telinga dan fungsinya, sementara pada siklus II difokuskan pada sifat bunyi yang merambat melalui zat padat, cair, dan gas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketuntasan belajar siswa meningkat dari 52% pada siklus I menjadi 83% pada siklus II. Selain itu, minat belajar siswa juga mengalami peningkatan signifikan dari 69% pada siklus I menjadi 86% pada siklus II. Penerapan model Inquiry Guide berbasis simulasi sederhana terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam pembelajaran, memfasilitasi pemahaman konsep, dan mendorong rasa ingin tahu siswa. Penelitian ini merekomendasikan model pembelajaran ini untuk diterapkan secara konsisten dalam pembelajaran IPAS atau mata pelajaran lain yang membutuhkan pemahaman konsep secara konkret dan kontekstual.
Referensi
Anjani, K. T., Rufaidah, A., & Suharyati, H. (2023). Integrasi filosofi esensialisme dalam kurikulum merdeka. Journal Of Administration and Educational Management (ALIGNMENT), 6(2), 354-365.
Ardiawan, I. K. N. (2020, June). Implementasi pendekatan Inkuiri Terbimbing dalam upaya meningkatkan hasil belajar IPA pada siswa Sekolah Dasar. In Prosiding Seminar Nasional Dharma Acarya (Vol. 1, No. 2).
Arikunto, Suhrasimi. (2014). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara.
Detagory, W. N., & Savitri, D. I. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MELALUI PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING BERBANTUAN MIND MAPPING. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(04), 581-591.
Hakim, A. R. (2023). Konsep Landasan Dasar Pendidikan Karakter di Indonesia. Journal on Education, 6(1), 2361-2373.
Krisno, A. (2016). SINTAKS 45 Metode Pembelajaran Dalam Student Centered Learning (SCL). Ummpress.
Lovisia, E. (2018). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(1), 1-10.
Lumintang, R. G. B., Sujiono, S., & Rispatiningsih, D. M. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Penerapan Metode Inkuiri Terbimbing DI SD Negeri Genilangit 2. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4576-4586.
Musliman, A., & Kasman, U. (2022). Efektivitas model inkuiri terbimbing untuk melatih kemampuan berpikir kritis siswa pada konsep fisika yang bersifat abstrak. Jurnal Jendela Pendidikan, 2(01), 48-53.
Putri, H. P. D. (2023). Peran Pendidikan Dasar dalam Pembentukan Dasar Kemampuan Anak di SD Negeri 6 Wonogiri. JURNAL BAHUSACCA, 4(1), 11-16.
Rahmawati, D., Muhroji, M., & Ratnawati, W. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Percaya Diri Kelas IV SD Negeri Doyong 2. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 7(2), 283-295.
Restiani, D. I. (2025). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pemahaman Siswa tentang Materi Peluang. JURNAL ILMIAH PENDIDIKAN KEBUDAYAAN DAN AGAMA, 3(2), 1-8.
Santi, R. P., Salimi, M., & Chamdani, M. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains (KPS) dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VI. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(3).
Septiana, A. N., & Winangun, I. M. A. (2023). Analisis Kritis Materi IPS dalam Pembelajaran IPAS Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar. Widyaguna: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(1), 43-54.
Sopan Adrianto, S. E. (2022). Implementasi Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. PT Elex Media Komputindo.
Sulistiyono, S., & Triyanti, M. (2024). Pengembangan LKPD IPA Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa SMP. JURNAL PENDIDIKAN MIPA, 14(2), 357-364.
Sumarah, A. Y., Pangestika, R. R., & Anjarini, T. (2024). PENERAPAN INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI WUJUD ZAT DAN PERUBAHANNYA DI KELAS IV SDN TLOGOPRAGOTO. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(3), 520-529.
Syaifudin, S. (2021). Penelitian Tindakan Kelas. Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1-17.
Tunjungbiru, A. C., Chasanatun, F., & Tryanasari, D. (2023). Penerapan LKPD Berbasis Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 199-208.
Zahro, H., & Handayani, U. F. (2025). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V dengan Menggunakan Model Inkuiri Terbimbing. JURNAL ARMADA PENDIDIKAN, 3(1), 1-10.



