Metode Total Physical Response dengan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Penguasaan Kosa Kata Bahasa Inggris Siswa Kelas III-C SDN Kandangan 1 Surabaya

Penulis

  • Hananta Rizalul Ibad Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Wahyuni Suryaningtyas Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Imraatur Rafi'ah Rochani Triastuti SDN Kandangan 1 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28046

Kata Kunci:

Flashcard, Kosakata, Bahasa Inggris

Abstrak

Kemampuan peserta didik dalam berbahasa Inggris sangat penting karena kemampuan ini memberikan pengaruh secara akademis. Kemampuan bahasa Inggris peserta didik dapat dilihat dari kekayaan mereka menguasai kosakata yang dimiliki. Salah satu upaya inovatif dalam pembelajaran bahasa Inggris agar menarik yaitu penggunaan media flash cards dan serta penerapan metode total phisycal response. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penggunaan media pembelajaran flash cards berbantuan metode total phisycal response dalam meningkatkan penguasaan kosakata peserta didik pada tingkat Sekolah Dasar. Metode penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian adalah 30 peserta didik kelas III - C. Hipotesis dalam penelitian ini adalah peningkatan penguasaan kosakata bahasa Inggris peserta didik dalam pembelajaran menggunakan media pembelajaran flash card metode total phisycal response. Hasil pada siklus pertama terjadi peningkatan penguasaan kosakat pada peserta didik yang semula 43,33% menjadi 76,66% dan pada siklus kedua terjadi peningkatan signifikan prosentase dari 76,66% menjadi 90%. Hal tersebut menunjukkan bahwa media pembelajaran flash cards dapat meningkatkan kosakata bahasa Inggris peserta didik.

Referensi

Astuti, E. B., & Wahyuni, M. (2024). Pengaruh Media Flash Card Terhadap Hafalan dan Pelafalan Kosakata Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar The Influence of Flash Card Media on Vocabulary Retention and Pronunciation of English Vocabulary for Elementary School Students . November, 7467–7480.

Edo, F. claudian, Noge, M. D., & Awe, E. Y. (2023). Pengembangan Desain Pembelajaran Bahasa Inggris Menggunakan Direct Method Berbasis Budaya Lokal Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Citra Pendidikan, 3(2), 1040–1051. https://doi.org/10.38048/jcp.v3i2.1030

Fitriyani Khusniyati, A. (2020). RA Islamic Tunas Bangsa 4. Journal of Primary Education, 9(2), 106–111. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe/article/view/36176

Fransiska, F. W., Melati, E., Hidayah, H., Ma’rufah, D. W., Haryanto, H., & Purnama, Y. (2023).

Peningkatan Kompetensi Bahasa Inggris Melalui Webinar Interaktif. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(5), 10276–10281. http://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/cdj/article/view/21433

Hakim, A. R. (2023). Konsep Landasan Dasar Pendidikan Karakter di Indonesia. Journal on Education, 6(1), 2361–2373. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3258

Institut, S., Islam, A., Muhammad, S., & Sambas, S. (2021). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (Teori dan Aplikasinya Pada Pembelajaran Bahasa Arab). Borneo: Journal of Islamic Studies, 1(2), 1–17.

Khusniyati, A. F. (2020). Pengaruh Metode Total Physical Response Berbantuan Media Flash Card Terhadap Kemampuan Menyimak Dan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Pada Anak Usia Dini. UNNES Repository, 7(2), 86–94. https://lib.unnes.ac.id/35091/

Septiara, A., Zahra, A., & Putri, D. A. (2024). Metode Total Physical Response ( TPR ) Method dan Parcitipatory Approaches dalam Pembelajaran Bahasa Inggris. 3, 8109–8120.

Syarifah Nasution et al. (2021). PENDAMPINGAN BAHASA INGGRIS PADA ANAK- ANAK SETINGKAT SEKOLAH DASAR DI DESA WISATA PAGARAN GALA- GALA, MANDAILING NATAL- SUMUT, DALAM MENGAHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) MELALUI METODE DRILLING DAN REPETITION. Pengabdian Kepada

Masyarakat, 01(02), 6.

Wati, I. K., & Oka, I. . (2021). Penggunaan Flash Card dalam Meningkatkan Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris Peserta Didik. Indonesian Gender and Society Journal, 1(2), 41–49. https://doi.org/10.23887/igsj.v1i2.39081

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19