Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Majas Metafora Melalui Media Meta Warna Siswa Kelas 4 SDN Kandangan 1 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28045Kata Kunci:
Teaching at the Right Level (TaRL), Media Meta Warna, hasil belajarAbstrak
Penelitian ini dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas 4 SD terhadap materi majas metafora dalam pelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL) dan penggunaan Media Meta Warna. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tahapan perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 28 siswa. Hasil pada siklus I menunjukkan bahwa hanya 15 siswa (53,57%) yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dengan rata-rata nilai 71,4. Setelah dilakukan perbaikan pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan, di mana 25 dari 28 siswa (89,29%) berada dalam kategori "Baik", dan seluruh siswa berhasil mencapai KKM. Rata-rata nilai kelas meningkat menjadi 88,7. Penerapan pendekatan TaRL dan media visual terbukti efektif dalam meningkatkan keterlibatan dan pemahaman siswa terhadap materi majas. Penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pembelajaran yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan siswa dan didukung oleh media menarik dapat meningkatkan hasil belajar secara menyeluruh.
Referensi
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Kurikulum Merdeka: Panduan Pengajaran dan Pembelajaran. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kuswanto, H. (2025). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Lembaga Pendidikan Indonesia.
Prajudi, S. (2024). Mengembangkan Kreativitas Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Pendekatan TaRL. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya Press.
Ramadhan, A. (2024). Meta Warna dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Penerbit Pendidikan Indonesia.
Suyanto, A. (2024). Model Pembelajaran Inovatif untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Putri, R. A., Nurhidayah, T., & Iskandar, D. (2024). Pengaruh Video Interaktif dan Kuis terhadap Pemahaman Bahasa pada Siswa SMP. Jurnal Media Pembelajaran Inovatif, 15(1), 22–34.
Rahmawati, L. (2023). Pembelajaran Multimodal untuk Memahami Materi Abstrak di Sekolah Menengah. Jurnal Teknologi Pendidikan, 18(2), 101–110.
Sari, M. K., & Anwar, H. (2023). Efektivitas Video Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 21(3), 145–155.
Oktariani, R., Gading, I. K., & Wibawa, I. M. C. (2024). Media Video Pembelajaran Interaktif Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Media dan Teknologi Pendidikan, 4(3), 470–479.
Wahyuningrum, M. (2023). Penerapan Video Pembelajaran Interaktif dalam Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Aritmetika Sosial. Journal of Instructional Development Research, 3(1).
Liando, M. R., Kuron, G. E., & Lestari, I. A. (2022). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif Kelas V SDN Rayung IV Kecamatan Senori Kabupaten Tuban. Jurnal Pendidikan dan Konseling (JPDK), 4(5), 2437–2445.
Farhan, M., Utama, A. H., & Mastur, M. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif: Integrasi Short Video Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Riset dan Inovasi Pembelajaran, 4(2), 907–917.
Setyoningtyas, K. Y., & Ghofur, M. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Instruksional Interaktif Pada Mata Pelajaran Ekonomi. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1521–1533.
Saragih, M., Hartati, R., Sidabutar, R., & Wati Sembiring, R. P. (2021). Penerapan Penggunaan Media Pembelajaran Video Interaktif untuk Meningkatkan Motivasi Belajar di Sekolah Yabes School Medan. Jurnal Widya, 2(1), 75–82.
Yassin, A., & Bashir, A. (2024). Student Satisfaction with The Use of Chat-GPT as A Learning Resource. Vocational: Journal of Educational Technology, 1(1), 1–7.
Nugroho, A. S., & Lestari, R. D. (2024). Inovasi Media Pembelajaran Digital: Teori dan Praktik di Era Merdeka Belajar. Yogyakarta: Deepublish.
Kurniawan, H. (2024). Desain Pembelajaran Interaktif Berbasis Video dan Kuis Digital. Bandung: Alfabeta.



