Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Keliling Serta Luas Persegi Dan Persegi Panjang Melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek Miniatur Taman Pada Siswa Kelas IV B SDN Kandangan 1 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28044Kata Kunci:
hasil belajar, keliling dan luas, pembelajaran berbasis proyek, miniatur tamanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika pada materi keliling dan luas persegi serta persegi panjang melalui pendekatan pembelajaran berbasis proyek miniatur taman di kelas IV B SD Negeri Kandangan 1 Surabaya. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV B yang berjumlah 27 siswa. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi aktivitas guru dan siswa, serta tes hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan pembelajaran berbasis proyek mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Rata-rata nilai siswa meningkat dari 62,2 (pra tindakan) menjadi 72,5 (siklus I) dan 84,8 (siklus II). Presentase ketuntasan belajar juga meningkat dari 37% menjadi 70% dan akhirnya 93%. Dengan demikian, pendekatan ini terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa.
Referensi
Depdiknas. (2008). Panduan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat Pembinaan Pendidikan Dasar dan Menengah.Sudjana, N. (2010). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Thomas, J. W. (2000). A Review of Research on Project-Based Learning. The Autodesk Foundation.
Trianto. (2009). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencana.



