Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 2 Berbantu Work Book
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28043Keywords:
hasil belajar, matematika, workbookAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pontensi kemampuan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika materi pengukuran waktu siswa kelas II berbantu media work book, dapat melibatkan peserta didik aktif dalam situasi belajar yang menyenangkan sesuai dengan materi dan tujuan pembelajaran. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Model tersebut terdiri dari empat tahapan yakni perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas II-D SDN Pacarkeling V/186 Surabaya yang berjumlah 30 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan observasi. Instrumen penelitian berupa lembar observasi siswa berupa soal tes hasil belajar. Teknik analisis data yang digunakan adalah ketuntasan minimal 72 dengan minimal ketuntasan klasikal 70%. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa menggunakan media work book pada siklus I dan II. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 2 SDN Pacarkeling V pada materi pengukuran waktu melalui penggunaan media workbook yang menarik. Penelitian tindakan kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus I berfokus pada observasi pembelajaran dengan workbook, yang kemudian direfleksikan untuk perbaikan pada siklus II. Hasilnya menunjukkan peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran, yang sebelumnya cenderung pasif. Siswa memberikan respons positif terhadap workbook karena desainnya yang menarik. Data kuantitatif menunjukkan peningkatan signifikan: pada siklus I, ketuntasan belajar mencapai 53% meningkat menjadi 76% dengan nilai rata-rata 68,58 meningkat menjadi 85,65 pada siklus II. Peningkatan ini didukung oleh solusi terhadap kekurangan pada siklus I, seperti penyediaan media yang menarik dan peningkatan perhatian guru. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penggunaan workbook efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.
References
Aisyah, S. (2023). Efektivitas Penggunaan Media Jam Pada Pembelajaran Mengenal Waktu Siswa Kelas II SDN Banyuajuh 02. Journal of Education for All, 1(4), 317–324. https://doi.org/10.61692/edufa.v1i4.76
Atmasita, A. P., & Raharjo, R. P. (2024). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Waktu dan Durasi Dengan Menggunakan Media Papan Waktu Efforts to Improve Student Learning Outcomes on Time and Duration Material Using Time Board Media. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA) Februari, 2024, 4(2), 63–73. http://journal.unugiri.ac.id/index.php/jurmia
Hatip, A., & Setiawan, W. (2021). Teori Kognitif Bruner Dalam Pembelajaran Matematika. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 87. https://doi.org/10.33087/phi.v5i2.141
Mahendra, I. K. A. W., Suranata, K., & Arini, N. W. (2022). Instrumen Penilaian Hasil Belajar IPA Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Mimbar Pendidikan Indonesia, 2(2), 205–212. https://doi.org/10.23887/mpi.v2i2.40174
McDonald, J. (2022). Social media marketing workbook 2022. Independently published.
Nengsih, M. R., Nihmah, S. Z., Hijrilliawanni, D. R., Khoir, M. A., Firmansyah, R., & Kuncoro, S. Z. (2023). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Kelas IV di SD Negeri 2 Karangbener. Jurnal Ilmiah Profesi Guru (JIPG), 4(2), 118–126. https://doi.org/10.30738/jipg.vol4.no2.a15123
Nur Saviyanah, E., Mulyani, S. E., Linuwih, S., & Artikel, S. (2017). Pengembangan Workbook Sains untuk Meningkatkan Keterampilan Proses dan Hasil Belajar Siswa SMP. Journal of Primary Education, 6(1), 50–56. http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jpe
Pristiansyah, Pranandita, N., Haritsah Amrullah, M., & Hasdiansah. (2022). Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat JURNAL DAMARWULAN Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 45–49. https://ejournal.iaifa.ac.id/index.php/JPMD/article/view/485
Rahmawati, Syukriani, A., & Rosmah. (2011). 7198-22366-1-Pb. Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika), 3, 1–10.
Rukhmana, T. (2021). Jurnal Edu Research Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS) Page 25. Jurnal Edu Research : Indonesian Institute For Corporate Learning And Studies (IICLS), 2(2), 28–33.
Sanjaya, D. H. W. (2016). Penelitian tindakan kelas. Prenada Media.
Safari, Y., & INayah, Y. (2024). Penerapan Teori Bruner Dalam Pembelajaran Matematika di Tingkat Sekolah Dasar Dengan Pendekatan Kurikulum Merdeka. Jurnal Pendidikan :SEROJA, 3(1), 156–164.
Saputra, N. (2021). Penelitian tindakan kelas. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Syafitri, R. M., & Kiftia, S. M. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif œDigital Activity Work BookMenggunakan Google Slides Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Pecahan Kelas V SD. EduStream: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(1), 34–42. https://doi.org/10.26740/eds.v5n1.p34-42
Ulya, I., Sawitri, S., & Nurrohmah, S. (2022). Keefektifan Penggunaan Buku Kerja (Workbook) Pada Hasil Belajar Mata Pelajaran Desain Busana Siswa Kelas Xi Smk N 1 Demak. Fashion and Fashion Education Journal, 11(1), 29–33. https://doi.org/10.15294/ffej.v11i1.18087
Unaenah, E., Rahman Setyadi, A., Sari, P. W., Fauziah El-Abida, S., Agustina, N., Fauziah, S., & Leonardho, R. (2020). Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Matematika Tentang Pengukuran Waktu, Panjang Dan Berat Untuk Sekolah Dasar. EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains, 2(1), 192–201. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi
Wijaya, U., & Surabaya, K. (2019). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA PAPAN WAKTU PADA SEKOLAH DASAR Pendidikan merupakan suatu kegiatan untuk mengembangkan potensi yang dimiliki manusia melalui kegiatan pembelajaran . Setiap manusia memiliki hak untuk mendapatkan pendidikan yang layak . Melalui. Bidang Pendidikan Dasar, 3(1), 14–23.
Yanuarni, F. D., Kasdriyanto, D. Y., & Hattarina, S. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Integrated Reading And Composition (CIRC) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Seni Berbahasa Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas III Namira Elementary School. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(2), 2685–2694. https://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/9570



