IMPLEMENTASI TEKNIK BILANGAN KELIPATAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL PEMBAGIAN BERSUSUN SISWA KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28039Kata Kunci:
Teknik Bilangan Kelipatan, Pembagian BersusunAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal pembagian bersusun. Permasalah tersebut didasari oleh data awal yang didapatkan dari hasil pelaksanaan pembelajaran matematika yang membutuhkan kemampuan peserta didik untuk menghitung hasil pembagian dalam mencari lebar atau tinggi dari persegi panjang pada materi. Penelitian ini meneliti tentang penerapan teknik bilangan kelipatan dalam menyelesaikan soal pembagian bersusun. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan teknik bilangan kelipatan dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal terkait pembagian bersusun siswa kelas IV sekolah dasar. Pelaksanaan penelitian menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan model penelitian spiral dari Kemmis dan Taggart yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas IV di SDN Kandangan I/121 Surabaya. Siswa yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 28 orang. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.
Referensi
Hastuti, I. D., Surahmat, & Sutarto. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Mataram
: Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.
Widaryati, & Fadliansyah, F. (2023). Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Pemabagian
Bilangan Cacah Dengan Metode Drilling Pada Siswa Kelas IV SDIT Alam Nurul
Islam. Jurnal Karakatau (Indonesia of Multidisciplinary Journals), 1 (1), 226-232
Ediyanto, E., Gistituati, N., Fitria, Y., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic
Mathematics Education Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Matematika Di
Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 203–209.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.325
Suprayitno, A. (2020). Menyusun PTK Era 4.0. Yogyakarta : Deepublish
Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Jakarta:
Bumi Aksara.
Candra, Salam, R., & Aulya, N. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan
Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Pinisi Journal Pendidikan
Guru Sekolah Dasar, 3(2), 736–744.
https://ojs.unm.ac.id/pjp/article/view/52209
Sartika, S. B., Untari, R. S., Rezania, V., & Rocmah, L. I. (2022). Buku Ajar Belajar dan
Pembelajaran. Sidoarjo: Umsida Press. https://doi.org/10.21070/2022/978-
623-464-043-4



