IMPLEMENTASI TEKNIK BILANGAN KELIPATAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYELESAIKAN SOAL PEMBAGIAN BERSUSUN SISWA KELAS IV SD

Penulis

  • Rahmatus Syifal Qalbi Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Wahyuni Suryaningtyas Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Imraatur Rafi'ah Rochani Triastuti SDN Kandangan I Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28039

Kata Kunci:

Teknik Bilangan Kelipatan, Pembagian Bersusun

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal pembagian bersusun. Permasalah tersebut didasari oleh data awal yang didapatkan dari hasil pelaksanaan pembelajaran matematika yang membutuhkan kemampuan peserta didik untuk menghitung hasil pembagian dalam mencari lebar atau tinggi dari persegi panjang pada materi. Penelitian ini meneliti tentang penerapan teknik bilangan kelipatan dalam menyelesaikan soal pembagian bersusun. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan penerapan teknik bilangan kelipatan dalam meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menyelesaikan soal terkait pembagian bersusun siswa kelas IV sekolah dasar. Pelaksanaan penelitian menggunakan metode PTK (Penelitian Tindakan Kelas) dengan model penelitian spiral dari Kemmis dan Taggart yang dilakukan dalam dua siklus dengan subjek penelitian siswa kelas IV di SDN Kandangan I/121 Surabaya. Siswa yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 28 orang. Pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.

Referensi

Hastuti, I. D., Surahmat, & Sutarto. (2019). Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. Mataram

: Lembaga Penelitian dan Pendidikan (LPP) Mandala.

Widaryati, & Fadliansyah, F. (2023). Meningkatkan Kemampuan Operasi Hitung Pemabagian

Bilangan Cacah Dengan Metode Drilling Pada Siswa Kelas IV SDIT Alam Nurul

Islam. Jurnal Karakatau (Indonesia of Multidisciplinary Journals), 1 (1), 226-232

Ediyanto, E., Gistituati, N., Fitria, Y., & Zikri, A. (2020). Pengaruh Pendekatan Realistic

Mathematics Education Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Materi Matematika Di

Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(1), 203–209.

https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.325

Suprayitno, A. (2020). Menyusun PTK Era 4.0. Yogyakarta : Deepublish

Arikunto, S., Supardi, & Suhardjono. (2021). Penelitian Tindakan Kelas: Edisi Revisi. Jakarta:

Bumi Aksara.

Candra, Salam, R., & Aulya, N. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan

Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL). Pinisi Journal Pendidikan

Guru Sekolah Dasar, 3(2), 736–744.

https://ojs.unm.ac.id/pjp/article/view/52209

Sartika, S. B., Untari, R. S., Rezania, V., & Rocmah, L. I. (2022). Buku Ajar Belajar dan

Pembelajaran. Sidoarjo: Umsida Press. https://doi.org/10.21070/2022/978-

623-464-043-4

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19