Pemanfaatan Platform Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SDN Kandangan 1 Surabaya
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28038Kata Kunci:
Wordwall, Pembelajaran Matematika, Hasil Belajar, Model TGT, Media Digital InteraktifAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas 3B SDN Kandangan 1 Surabaya melalui pemanfaatan platform Wordwall berbasis permainan edukatif. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus dan diawali dengan pra-siklus. Model pembelajaran yang digunakan adalah kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Setiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Instrumen pengumpulan data mencakup tes sumatif hasil belajar, observasi aktivitas siswa, dan dokumentasi nilai. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan nilai rata-rata dari 71,53 pada pra-siklus menjadi 77,47 pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 81,03 pada siklus II. Persentase ketuntasan belajar juga meningkat dari 57% menjadi 80% dan 83,33%. Penelitian ini membuktikan bahwa media digital interaktif seperti Wordwall, jika dikombinasikan dengan model pembelajaran yang tepat, mampu meningkatkan keterlibatan siswa dan hasil belajar matematika secara signifikan.
Referensi
Arikunto, S. (2010). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik (Edisi Revisi). Rineka Cipta.
Arrasyid, H., Wapa, A., & Pratiw, D. M. D. (2022). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw terhadap hasil belajar matematika di kelas IV SD Gugus V Tegaldlimo. Consilium: Education and Counseling Journal, 2(1), 153.
Candra, E., Utomo, D. P., & Wardani, S. K. (2023). Pengaruh media Wordwall terhadap hasil belajar matematika siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 7(2), 987–996.
Damayanti, F., Hidayah, R., & Putri, A. (2024). Permasalahan matematika yang ada di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(12).
Fratiwi, N. J., & Ferlina, L. (2024). Edugame Wordwall: Sebuah media untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa sekolah dasar. Walada: Journal of Primary Education, 6(1), 22–30.
Jannah, I. (2022). Media papan puzzle pecahan untuk matematika SD. Jurnal Literasi Digital, 4(1), 51–58.
Khasanah, N. (2023). Penggunaan media berbasis TIK dalam pembelajaran matematika. Jurnal Pendidikan Inovatif, 9(1), 21–30.
Lubis, A. P., & Nuriadin, I. (2022). Efektivitas aplikasi Wordwall untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 1125–1132.
Nopriansyah, U., & Ismanuar, D. (2024). Media Quizizz untuk matematika SD. Terampil, 10(1), 66–73.
Paradani, M. N. (2022). Penerapan pembelajaran berbasis teknologi di sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Guru Cendekia, 7(2), 115–124.
Putra, L. D., Rachmadtullah, R., & Widiastuti, D. (2024). Meningkatkan hasil belajar melalui permainan edukatif berbasis TIK. Jurnal Pedagogi Dasar, 5(1), 45–52.
Putri, D. N. S., Islamiah, F., & Andini, T. (2022). Pengaruh media interaktif terhadap hasil belajar matematika. JPDSH, 4(2), 35–41.
Ricardo, R., & Meilani, R. I. (2017). Impak minat dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa (The impacts of students’ learning interest and motivation on their learning outcomes). Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 79–92.
Risky, E. A., Widyatama, P. R., Syaifudin, M., & Sari, M. M. K. (2024). Pemanfaatan platform Wordwall sebagai sarana pembelajaran dalam mendorong motivasi belajar Pendidikan Pancasila kelas IX SMPN 16 Surabaya. Indonesian Research Journal on Education, 4(4), 1429–1439.
Saputra, D. W. (2024). Media gambar bangun datar untuk kreativitas siswa. SEMNASFIP UMJ, 5(1), 84–90.
Sidiq, M., & Choiri, M. A. (2019). Metodologi penelitian pendidikan. Jejak Media.
Sugiono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Alfabeta.
Susilowati, E. (2018). Penerapan pembelajaran berbasis permainan untuk siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Nusantara, 3(2), 70–78.
Zulfah, N. (2023). Pemanfaatan media game edukasi Wordwall untuk meningkatkan minat belajar siswa. Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia, 1(1), 11.



