IMPROVING STUDENTS’ DESCRIPTIVE WRITING ABILITY AND MOTIVATION THROUGH GAME BASED LEARNING

Authors

  • Roisul Laura Gladika Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Gusti Nur Hafifah Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Nur Afifah Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28035

Keywords:

Menulis Deskriptif, Belajar Berbasis Permainan, Motivasi Belajar

Abstract

Penelitian tindakan kelas (PTK) ini bertujuan untuk mengkaji penggunaan permainan Ular Tangga (Snakes and Ladders) dalam meningkatkan kemampuan menulis teks deskriptif serta motivasi belajar siswa kelas tujuh sekolah menengah pertama dalam konteks pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing (EFL). Keterampilan menulis, khususnya menulis teks deskriptif, merupakan salah satu tantangan utama bagi pembelajar EFL karena keterbatasan kosakata, struktur kalimat yang lemah, serta motivasi belajar yang rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, strategi pembelajaran berbasis permainan diterapkan selama satu siklus PTK, melalui tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan campuran (mixed-methods), yaitu pengumpulan data kuantitatif melalui pre-test dan post-test, serta data kualitatif melalui observasi kelas, wawancara, dan catatan lapangan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan menulis siswa, dengan nilai rata-rata yang meningkat dari 51,76 pada pre-test menjadi 83,3 pada post-test. Selain itu, partisipasi siswa dalam pembelajaran juga meningkat dari 51,5% menjadi 87%, menandakan adanya peningkatan motivasi dan keterlibatan aktif dalam kegiatan kelas. Permainan Ular Tangga memberikan pengalaman belajar yang menyenangkan dan interaktif, memperkuat penguasaan kosakata, membantu siswa dalam membangkitkan ide, serta mendorong praktik menulis secara kolaboratif. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis permainan dapat menjadi strategi yang efektif dan memotivasi dalam pembelajaran menulis, khususnya untuk meningkatkan keterampilan menulis teks deskriptif di kelas EFL tingkat SMP.

References

Ahmed, A. A. A., Ampry, E. S., Komariah, A., Hassan, I., Thahir, I., Hussein Ali, M., Fawzi Faisal, A., & Zafarani, P. (2022). Investigating the Effect of Using Game-Based Learning on EFL Learners’ Motivation and Anxiety. Education Research International, 2022(June). https://doi.org/10.1155/2022/6503139

Dornyei, Z. (2001). Motivational Strategies in the Language Classroom. In Cambridge University Press.

Hidayati, N. (2019). Improving Students’ Writing Skill through Snakes and Ladders Game. Journal of English Language Education, 5(1), 12–21.

Hyland, K. (2004). Second Language Writing in Secondary School Contexts: Issues and Perspectives. In Second Language Writing.

Kemmis, Stephen; McTaggart, Robin; Nixon, R. (2014). The Action Research Planner. Springer. https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2

Nurulhaq, A., Rossana, & Kalisa, P. (2023). Improving Efl Students’ Writing Skills in Introducing Themselves Through the Snakes and Ladders Game. 1–12.

Sari, D. P.;Wahyuni, R. (2020). Teaching Descriptive Text through Game-Based Learning Strategy. Lingua Educatia, 2(1), 56–67.

Shanti, V. M., . S., & Koto, I. (2018). PROJECT BASED LEARNING APPROACH TO IMPROVE STUDENTS’ ABILITY TO WRITE DESCRIPTIVE TEXT (A Classroom Action Research at Grade X SMAN I Bengkulu Selatan). JOALL (Journal of Applied Linguistics & Literature), 1(2), 46–54. https://doi.org/10.33369/joall.v1i2.4196

Widiastuti, R., & Endahati, N. (2020). the Efforts To Improve Writing Skill of Secondary School Students By Using Snake and Ladder Game. ELTICS : Journal of English Language Teaching and English Linguistics, 5(1). https://doi.org/10.31316/eltics.v5i1.531

Wright, Andrew; Betteridge, David; Buckby, M. (2006). Games for Language Learning. In Cambridge University Press.

Published

2025-09-19