PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BANGUN RUANG MELALUI PENDEKATAN REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION DI SDN BULAK RUKEM 1 SURABAYA

Penulis

  • Wahyu Eka Safitri Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Sandha Soemantri Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Miliasih Sovi SDN Bulak Rukem 1 Surabaya
  • Puji Andayani SDN Bulak Rukem 1 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28033

Kata Kunci:

Realistic Mathematics Education, bangun ruang, hasil belajar, belajar kontekstual, PTK

Abstrak

Penelitian ini tujuannya guna mengkaji kenaikan hasil belajar siswa kelas V-B SDN Bulak Rukem 1 Surabaya dan menjelaskan penggunaan strategi Realistic Mathematics Education (RME) pada belajar matematika pada materi geometri spasial. Pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) model Kemmis dan Taggart yang dipakai pada penelitian ini dilaksanakan pada dua siklus yang masing-masing tersusun atas tiga pertemuan. tiap siklus meliputi tahap perencanaan, implementasi, observasi, dan refleksi. Kegiatan belajar difokuskan pada pengembangan daya tangkap siswa atas konten geometri spasial dari penggunaan media konkret dan kontekstual. Sebanyak 32 siswa kelas V-B tahun ajaran 2024-2025 menjadi partisipan penelitian. Data dikumpulkan dari tes dan observasi, yang selanjutnya dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Temuan penelitian memperlihatkan efektivitas strategi RME di kelas, seperti yang terlihat dari kenaikan signifikan pada implementasinya dari 75% pada siklus I menjadi 86% pada siklus 2. Selanjutnya, ketuntasan belajar naik dari 65,63% menjadi 90,63%, dan nilai rata-rata naik dari 73,13 pada siklus I menjadi 82,5 pada siklus 2. Hasil ini memperlihatkan bahwasanya RME bekerja atas baik guna menaikkan kontekstualitas, aktivitas, dan signifikansi pendidikan matematika.

Referensi

Masfingatin, T., Auliannisa, I., N., & Waluyaningtyas, D.A. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD N X atas Pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) Berbahan Bangunan Spasial. Universitas Sarjana Wiyata Taman Siswa, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, Vol. 3, No. 1, 2024, 572.

Dikdasmen (2022). Capaian Pembelajaran (CP) Kurikulum Sekolah Dasar Mandiri Fase C (Internet). URL yang diakses ialah https://www.datadikdasmen.com/2022/08/cp-ikm-fase-c.html.

Waluyaningtyas, D.A., Masfingatin, T., dan Fadhil, L. A. (2023). Volume bahan bangunan spasial atas pendekatan pendidikan matematika realistik sudah naikkan minat belajar siswa. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, Volume 08, Edisi 02, September 2023.

Tahun 1994, Gravemeijer, K. Creating Education in Realistic Mathematics. Freudenthal Institute, Utrecht.

Chamdani, M., Hidayah, U. U., & Wahyudi, W. (2022). Peningkatan Pembelajaran Matematika tentang Bangunan Spasial pada Kelas V SD Negeri 1 Adikarso Tahun Pelajaran 2021–2022 dari Pemanfaatan Media Konkret dan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Kajian dan Pengembangan Guru,

Rahmat, Abdillah, dan Hidayat. (2019). "Konsep Teori dan Aplikasinya" pada ilmu pendidikan. Medan: LPPPI

Dadang, Narsim, dan Iskandar (2015). Penelitian tindakan kelas dan publikasinya. Media Ihya, Jawa Tengah.

Endang, Sri Mulyaningsih. (2022). Dampak Metode Realistic Mathematic Education (RME) Berbasis Saintifik atas Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika pada Materi Bangunan Ruang. Jurnal Transformasi Sintaksis, Volume 3, Edisi 7, Juli 2022.

Arif Aulia Rahman (2018). Strategi Pengajaran dan Pembelajaran Matematika. Banda Aceh: Syiah Kuala University Press.

Salamah, Ema & Kelana, Jajang Bayu. (2020). Upaya Peningkatan Pemahaman Konsep Dasar Matematika pada Materi Bangunan Ruang pada Siswa Kelas I Sekolah Dasar atas memakai Model Realistic Mathematic Education (RME). Jurnal Pendidikan Dasar, Volume 3, Edisi 6, November 2020

Ghozali, I. ., Riswandha Imawan, M. ., Rifqi Zamzami, M. ., & Zuhri, S. . (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255–264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401

Riswandha Imawan, M., Rifqi Zamzami, M., & Ghozali, I. (2023). PANDANGAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL DI ANAK REMAJA (STUDI KASUS: KOTA SURABAYA). SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(4), 149–156. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i4.1015

Riswandha Imawan, M. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. 1(1), 1–9. https://doi.org/10.3342/jursih.v1i1.14

Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com

ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084

Rifqi Zamzami, M., Cahyo Wibowo, N., Seftin Fitri Ana Wati, dan, & Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Jl Rungkut Madya No, U. (2024). CYCLOTRON : Jurnal Teknik Elektro Rancang Bangun Sistem Informasi Telemedicine Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://journal.um-surabaya.ac.id/cyclotron/article/view/21084

Pemikiran, P., Pendidikan, D., Islam, A., & Imam, G. (2023). DINAMIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PTU. https://repository.upnjatim.ac.id/12336/

Rifqi Zamzami, M., Riswandha Imawan, M., Ghozali, I., & Muhammadiyah Surabaya, U. (2024). A Comparative Study On Hadoop Ecosystem: Hive And HBase-A Literature Review. JSSTEK - Jurnal Studi Sains Dan Teknik, 2(1), 97–112. https://doi.org/10.3342/jsstek.v2i1.26

Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264.

Imawan, M. R. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 1(1), 1-9.

Irawan, Deni. “Menciptakan Harmoni Dengan Dialog Antar Umat Beragama.” Religi XV, no. 2 (2019).

Ghozali, I., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DALAM ISLAM. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 103-112.

Ghozali, I., Zuhri, S., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PUASA MENURUT AGAMA ISLAM DAN KATOLIK. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 113-126.

Romadhon, D. W. S., & Imawan, M. R. (2024). KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL). PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1).

Zamzami, M. R., Imawan, M. R., & Ghozali, I. (2025). ANALISIS KOMPREHENSIF PERBANDINGAN FRAMEWORK COBIT DAN ITIL. JSSTEK-Jurnal Studi Sains dan Teknik, 3(1), 154-161.

Yuniati, Suci, dan Sari, Arnida. (2018). Penerapan Metode Realistic Mathematics Education (RME) pada Pemahaman Konsep Matematika. Agustus 2018, hlm. 71–80, Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 2, No. 2.

Susanto, A. (2016). Pembelajaran dan Teori Pembelajaran di Sekolah Dasar. Prenadamedia Group, Jakarta.

Johan, Isworo, dan Widayat, Kevinna R.A. (2023). Penggunaan Pendekatan Realistic Mathematics Education untuk naikkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sdn 2 Benjor's Mathematics Lessons on Volume of Space Buildings in 2022–2023 Academic Year. Pendas: Elementary Education Scientific Journal, Volume 08, Issue 01, Juni 2023

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19