PENINGKATAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK MELALUI PEMBUATAN PETA TIMBUL PADA PEMBELAJARAN IPAS BERBASIS PROYEK DI KELAS V B SD NEGERI SIDOTOPO I SURABAYA

Penulis

  • Rizki Nur Ashari Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Wiwi Wikanta Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Asri Widiyarno SD Negeri Sidotopo I Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28028

Kata Kunci:

Kreativitas, Project Based Learning, Peta Timbul

Abstrak

Kreativitas merupakan salah satu keterampilan abad 21 yang perlu dikembangkan. Untuk itu penting bagi guru untuk dapat menumbuhkan kreativitas peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas peserta didik pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial  (IPAS) melaui penerapan Project Based Learning (PjBL) dengan kegiatan membuat peta timbul. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklusnya terdiri atas tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini ialah peserta didik kelas V B SDN Sidotopo I Surabaya yang terdiri atas 30 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini ialah lembar observasi produk kreatif dan analisis data dibuat secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model Project Based Learning melalui pembuatan produk peta timbul dapat meningkatkan kreativitas peserta didik. Kreativitas yang semula tergolong kurang kreatif pada siklus I meningkat menjadi kategori kreatif pada siklus II.

Referensi

Utami Munandar. (2002). Kreatifitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Gramedia Pustaka Utama.

Utami Munandar. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta : Rineka Cipta

Asidiqi, D. F. (2024). Model projeck based learning (PJBL) dalam meningkatkan kretivitas siswa. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 7(2), 126–128.

Asih Setya Tri Lestari, Widya Kusumaningsih, A. S., & Pramasdyahsari. (2023). ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DALAM MEMBUAT KARYA DEKORATIF. Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 09(02), 4234–4246.

Asriani, Muammad Tahir, M. S. (2025). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SDN 28 Cakranegara. Jurnal Lmiah Profesi Pendidikan, 10(1).

R, A. (2022). Pengembangan Kreativitas Siswa Dalam Pembelajaran Ipas. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(1), 45–58.

Ramdani, A., Jufri, A. W., Gunawan, G., Hadisaputra, S., & Zulkifli, L. (2019). Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran IPA yang Mendukung Keterampilan Abad 21. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1).

Rusadi, B. E., Widiyanto, R., & Lubis, R. R. (2019). (2019). Analisis learning and inovation skills mahasiswa PAI melalui pendekatan saintifik dalam implementasi keterampilan abad 21. Conciencia, 19(2), 112–131. https://doi.org/https://doi.org/10.19109/conciencia.v19i2.4323

S, N. (2021). Kreativitas Peserta didik Dalam Pembelajaran: Sebuah Tinjauan. Jurnal Ilmu Pendidikan, 15(2), 123–134.

Ulinnuha, R., Waluya, S. B., & Rochmad, R. (2021). Creative thinking ability with open-ended problems based on self-efficacy in Gnomio blended learning. Unnes Journal of Research Mathematics Education, 10(1), 20–25. https://doi.org/https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer/article/view/34277

Utami Munandar. (2002). Kreatifitas dan Keberbakatan Strategi Mewujudkan Potensi Kreatif dan Bakat. Gramedia Pustaka Utama.

Utami Munandar. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Rineka Cipta.

Wahyuni, E., & Fitriani, D. (2024). Pengaruh Penggunaan Project Based Learning terhadap Kreativitas Siswa dalam Pembelajaran SBDP Kelas IV Sekolah Dasar. 8, 43905–43908.

Ghozali, I. ., Riswandha Imawan, M. ., Rifqi Zamzami, M. ., & Zuhri, S. . (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255–264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401

Riswandha Imawan, M., Rifqi Zamzami, M., & Ghozali, I. (2023). PANDANGAN ORANG TUA DALAM PENGGUNAAN APLIKASI MEDIA SOSIAL DI ANAK REMAJA (STUDI KASUS: KOTA SURABAYA). SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, Dan Studi Kemasyarakatan, 1(4), 149–156. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i4.1015

Riswandha Imawan, M. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. 1(1), 1–9. https://doi.org/10.3342/jursih.v1i1.14

Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com

ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084

Rifqi Zamzami, M., Cahyo Wibowo, N., Seftin Fitri Ana Wati, dan, & Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur Jl Rungkut Madya No, U. (2024). CYCLOTRON : Jurnal Teknik Elektro Rancang Bangun Sistem Informasi Telemedicine Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://journal.um-surabaya.ac.id/cyclotron/article/view/21084

Pemikiran, P., Pendidikan, D., Islam, A., & Imam, G. (2023). DINAMIKA PENDIDIKAN AGAMA ISLAM PADA PTU. https://repository.upnjatim.ac.id/12336/

Rifqi Zamzami, M., Riswandha Imawan, M., Ghozali, I., & Muhammadiyah Surabaya, U. (2024). A Comparative Study On Hadoop Ecosystem: Hive And HBase-A Literature Review. JSSTEK - Jurnal Studi Sains Dan Teknik, 2(1), 97–112. https://doi.org/10.3342/jsstek.v2i1.26

Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264.

Imawan, M. R. (2023). MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TPS-TGT PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKADI KELAS VIII SMP N 1 SEMARANG. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 1(1), 1-9.

Irawan, Deni. “Menciptakan Harmoni Dengan Dialog Antar Umat Beragama.” Religi XV, no. 2 (2019).

Ghozali, I., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PENDIDIKAN MULTIKULTURALISME DALAM ISLAM. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 103-112.

Ghozali, I., Zuhri, S., Imawan, M. R., & Zamzami, M. R. (2024). PUASA MENURUT AGAMA ISLAM DAN KATOLIK. Jurnal Studi Islam dan Hukum Syariah, 2(1), 113-126.

Romadhon, D. W. S., & Imawan, M. R. (2024). KEMAMPUAN KOMUNIKASI DAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK PADA MATERI ORGANISASI KEHIDUPAN MELALUI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL). PROCEEDING UMSURABAYA, 1(1).

Zamzami, M. R., Imawan, M. R., & Ghozali, I. (2025). ANALISIS KOMPREHENSIF PERBANDINGAN FRAMEWORK COBIT DAN ITIL. JSSTEK-Jurnal Studi Sains dan Teknik, 3(1), 154-161.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19