PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MATERI DIAGRAM BATANG MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTUAN MEDIA WORDWALL
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28027Keywords:
Hasil Belajar, Diagram Batang, Problem Based Learning, WordwallAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV A SDN Ploso V/176 Surabaya pada materi diagram batang melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang didukung media pembelajaran interaktif Wordwall. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya pencapaian hasil belajar siswa yang disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran konvensional dan kurang menariknya penggunaan media pembelajaran. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian adalah 24 siswa kelas IV A. Data dikumpulkan melalui tes tertulis menggunakan soal pilihan ganda berbasis Wordwall. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam capaian belajar siswa. Pada tahap pra-tindakan, hanya 5 dari 24 siswa (21%) yang mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Capaian ini meningkat pada siklus I, dengan 14 dari 24 siswa (58%) mencapai KKM. Peningkatan tersebut terus berlanjut hingga mencapai ketuntasan klasikal pada siklus II, di mana 20 dari 24 siswa (83%) berhasil mencapai KKM. Penerapan model PBL berbantuan Wordwall terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan model dan media serupa untuk pembelajaran yang lebih menarik dan bermakna di tingkat sekolah dasar.
References
Agung Wibowo, Aman Simaremare, & Anita Yus. (2022). Analisis Permasalahan Belajar Pendidikan Dasar. Journal of Social Interactions and Humanities, 1(1), 37–50. https://doi.org/10.55927/jsih.v1i1.454
Ayunin, D. Q., Amita, P., & Prasasti, T. (2025). Penerapan Media E-book Interaktif Melalui Pendekatan CRT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas V di SDN Munggut 03 Kabupaten Madiun. 3(1).
Azizah, A. (2021). Pentingnya Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru dalam Pembelajaran. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475
Budiyarti, A. Q., Sholikhah, O. H., Madiun, K., & Timur, J. (2024). Peningkatan hasil belajar peserta didik kelas iv pada materi pecahan melalui media wordwall. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(9).
Emzir. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan: Kuantitatif dan Kualitatif. PT. Rajagrafindo Persada.
Fadilah Ilmi Auliya, Desi Eka Pratiwi, & Herlia Nimas Ayu Hastungkoro. (2024). Penerapan Media PPT Interaktif melalui Pendekatan CRT untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas 1 SDN Putat Jaya IV-380 Surabaya. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 2(5), 116–125. https://doi.org/10.61132/arjuna.v2i5.1191
Imamah, N., & Khofya Haqiqi, A. (2022). Efektivitas Penerapan Model Contextual Teaching and Learning terhadap Pemahaman Konsep Matematis pada Materi SPLDV. CIRCLE : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(02), 100–112. https://doi.org/10.28918/circle.v2i02.5280
Isnaeni, N., & Hidayah, D. (2020). Pembelajaran Yang Nyata Dan Jelas . Jurnal Syntax Transformation, 1(5), 148–156.
Kristiana, T. F., & Radia, E. H. (2021). Meta Analisis Penerapan Model Problem Based Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(2), 818–826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i2.828
Mustafidhah, R. L., Maruti, E. S., & Suparmi. (2023). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Mata Pelajaran Matematika Materi Unsur Bangun Ruang pada Siswa Kelas V dengan Straw and Plasticine Model (Pjbl) Di SDN 2 Kunti. PENDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 08(01), 2569–2577.
Rochmania, D. D., & Restian, A. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Belajar Video Animasi terhadap Proses Berfikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 3435–3444.
Siagian, G. I., & Tarigan, D. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Berbantuan Wordwall terhadap Hasil Belajar Siswa Matematika Kelas IV SDN 173633 Porsea. Journal on Education, 6(1), 886–893. https://doi.org/10.31004/joe.v6i1.3007
Sopan Adrianto, S. E. (2022). Implementasi Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. PT Elex Media Komputindo.



