MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA SEKOLAH DASAR

Penulis

  • Wilujeng Puri Rahayu Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Shoffan Shoffa Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Umi Arsiyati SDN Margorejo 1 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28026

Kata Kunci:

Kepercayaan diri, Problem Based Learning (PBL), Bahasa Indonesia, Penelitian Tindakan Kelas

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dalam pembelajaran Bahasa Indonesia melalui penerapan model problem based learning pada siswa kelas VI C di SDN Margorejo 1 Surabaya. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas PTK model Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian ini adalah 32 siswa kelas VI C, dengan objek penelitian berupa sikap kepercayaan diri dan ketuntasan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data meliputi observasi, angket, dan tes evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning dapat meningkatkan kepercayaan diri siswa secara signifikan. Pada pra siklus, persentase kepercayaan diri siswa hanya sebesar 44% dengan kategori sangat kurang. Setelah dilakukan tindakan, meningkat menjadi 60% pada siklus I (kategori cukup baik), dan mencapai 89% pada siklus II (kategori sangat baik). Peningkatan ini juga diiringi dengan kenaikan ketuntasan hasil belajar siswa dari 46,88% pada pra siklus menjadi 59,38% pada siklus I, dan meningkat lagi menjadi 87,5% pada siklus II. Hasil ini menunjukkan bahwa penerapan model problem based learning efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri dan hasil belajar siswa pada pembelajaran Bahasa Indonesia.

Referensi

Susanto, M. R., & Manisa, E. A. N. (2024, October). Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar. In PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN PROFESI GURU (Vol. 3, No. 1, pp. 1845-1852).

Ahmad Gabriel Gibran, R. S. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Sikap Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar, 2, 36-50.

Ahmad Gabriel Gibran, R. S. (2022). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Pada Pembelajaran Matematika Terhadap Sikap Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar di Kota Makassar, 2, 36-50.

Imroatus S, Y. R. (2025). Penerapan model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar IPAS siswa kelas 3 di sekolah dasar, 13, 73-78.

Khasanah, F., Utami, R. D., & Hartati, S. (2021). Penerapan Pembelajaran Tematik Berbasis Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Sikap Percaya Diri Siswa. Journal of Integrated Elementary Education, 1(2), 98-107.

Noresti, I., Lusiana, L., & Silalahi, T. M. (2023). Penerapan Model Problem-Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Matriks di Kelas XI. Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pengajaran: JPPP, 4(3), 200-208.

Ratnaningsih, N. (2025). Penerapan Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Partisipasi Peserta Didik. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 5(2), 384-400.

Zakaria, R. (2025). Pinisi Journal PGSD.

Arends, R. I. (2012). Learning to Teach (9th ed.). New York: McGraw-Hill.

Depdiknas. (2008). Panduan Penulisan Karya Ilmiah dan Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Thinking Process and Learning Strategy in Mathematics Education. Bandung: UPI Press.

Huda, M. (2014). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-Isu Metodis dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryabrata, S. (2010). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Uno, H. B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Yamin, M., & Maisah. (2010). Strategi Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jakarta: Gaung Persada Press.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19