Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Resmi Melalui Metode Pembelajaran Simulasi pada Peserta Didik Kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Surabaya Tahun Pelajaran 2024/2025
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28022Kata Kunci:
Keterampilan Menulis, Metode Pembelajaran SimulasiAbstrak
Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis surat resmi pada peserta didik yang masih dikatagorikan masih rendah. Persentase nilai menulis surat resmi dengan kategori sangat baik mencapai 21,74%, kategori baik mencapai persentase hingga 39,13%, kategori cukup mencapai 26,09%, dan kategori kurang sebesar 18,53%. Tujuan utama Penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) peningkatan hasil belajar keterampilan menulis surat resmi melalui penerapan metode pembelajaran simulasi di kelas VII A SMP Muhamamdiyah 7
Surabaya, 2) Efektivitas Penerapan metode pembelajaran simulasi dalam meningkatkan hasil belajar keterampilan menulis surat resmi di kelas VII A SMP Muhamamdiyah 7 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus terdiri dari dua pertemuan tiap siklusnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan hasil tes siswa, lembar observasi, dan dokumentasi foto. Setelah dilakukan tindakan menggunakan metode pembelajaran simulasi pada siklus I menunjukkan peningkatan keterampilan menulis surat resmi dengan nilai rata-rata 77,87%. Hal ini dapat dilihat terjadinya peningkatan cukup berarti sebesar 5,17% dari kegiatan prasiklus. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Simulasi dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran menulis surat resmi dengan mengacu pada pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan diskusi secara berkelompok dari siswa dalam menyelesaikan sebuah masalah yang diberikan.
Referensi
Maya Lestari Gusfitri, Elly Delvia 2021. Bahasa Indonesia Indonesia Kelas VII. Jakarta. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, riset, dan Teknologi
Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pebdidikan.
Soedjito.2010. Terampil Menulis Resmi Bahasa Indonesia. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Sumantri, Maman.dkk.1985. Pedoman Surat Menyurat. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Harsiati, Titik.dkk.2017. Bahasa Indonesia untuk SMP-MTs Kelas VII Solo: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.
Mulyadi, Yadi.dkk. 2016. Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia Untuk
Siswa SMP-MTs Kelas VII. Bandung: Penerbit Yrama Widya.
Nurhadi. 2017. Handbook of Writing, Panduan Lengkap Menulis. Jakarta:Penerbit: Bumi Aksara.
Treasures Grade 7. Grammar and Writing Handbook.Macmillan.McGraw-Hill. Rahadi, R. Kunjana: 2009.Aturan Pembuatan dan Pemakaian Bahasa Surat Dinas.
Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.
Komaidi, Didik. 2007. Aku Bisa Menulis. Yogyakarta: Sabda Media
Akhadiah, Sabarti dkk. 1996. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa
Indonesia.Jakarta: Erlangga.



