Peningkatan Keterampilan Menulis Surat Resmi Melalui Metode Pembelajaran Simulasi pada Peserta Didik Kelas VII A SMP Muhammadiyah 7 Surabaya Tahun Pelajaran 2024/2025

Penulis

  • Dian Fitri Nurullah Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28022

Kata Kunci:

Keterampilan Menulis, Metode Pembelajaran Simulasi

Abstrak

Penelitian tindakan kelas ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis surat resmi pada peserta didik yang masih dikatagorikan   masih rendah. Persentase nilai menulis surat  resmi dengan kategori  sangat  baik  mencapai  21,74%,  kategori   baik   mencapai  persentase  hingga  39,13%, kategori cukup mencapai 26,09%, dan kategori kurang sebesar 18,53%.  Tujuan utama Penelitian ini adalah   untuk mengetahui: 1)   peningkatan hasil belajar keterampilan menulis surat resmi melalui  penerapan  metode  pembelajaran  simulasi  di  kelas  VII  A  SMP  Muhamamdiyah  7

Surabaya, 2) Efektivitas Penerapan metode pembelajaran simulasi dalam meningkatkan hasil belajar  keterampilan  menulis  surat  resmi  di  kelas  VII  A  SMP  Muhamamdiyah 7  Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus terdiri dari dua pertemuan tiap siklusnya. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan hasil tes siswa, lembar observasi, dan  dokumentasi foto.    Setelah dilakukan tindakan menggunakan metode pembelajaran simulasi    pada siklus I menunjukkan peningkatan keterampilan menulis surat resmi dengan nilai rata-rata 77,87%. Hal ini dapat dilihat terjadinya peningkatan cukup berarti sebesar 5,17%   dari  kegiatan prasiklus. Dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran Simulasi dapat dijadikan salah satu alternatif dalam pembelajaran menulis surat resmi  dengan mengacu pada pengembangan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan diskusi secara berkelompok dari siswa dalam menyelesaikan sebuah masalah yang diberikan.

Referensi

Maya Lestari Gusfitri, Elly Delvia 2021. Bahasa Indonesia Indonesia Kelas VII. Jakarta. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, riset, dan Teknologi

Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pebdidikan.

Soedjito.2010. Terampil Menulis Resmi Bahasa Indonesia. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Sumantri, Maman.dkk.1985. Pedoman Surat Menyurat. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Harsiati, Titik.dkk.2017. Bahasa Indonesia untuk SMP-MTs Kelas VII Solo: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

Mulyadi, Yadi.dkk. 2016. Buku Teks Pendamping Bahasa Indonesia Untuk

Siswa SMP-MTs Kelas VII. Bandung: Penerbit Yrama Widya.

Nurhadi. 2017. Handbook of Writing, Panduan Lengkap Menulis. Jakarta:Penerbit: Bumi Aksara.

Treasures Grade 7. Grammar and Writing Handbook.Macmillan.McGraw-Hill. Rahadi, R. Kunjana: 2009.Aturan Pembuatan dan Pemakaian Bahasa Surat Dinas.

Yogyakarta: Pustaka Book Publisher.

Komaidi, Didik. 2007. Aku Bisa Menulis. Yogyakarta: Sabda Media

Akhadiah, Sabarti dkk. 1996. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa

Indonesia.Jakarta: Erlangga.

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19