PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA TEMA EKOSISTEM SAWAH DI KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28017Kata Kunci:
Problem Best Learning, Ekosistem Sawah, Hasil BelajarAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada tema “Ekosistem Sawah” di kelas V melalui penerapan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL). Subjek penelitian adalah 17 siswa kelas V di salah satu sekolah dasar, dengan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Model Problem Best Learning dipilih karena dapat mendorong keterlibatan aktif siswa dalam proses pembelajaran melalui penyelesaian masalah kontekstual. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam ketuntasan belajar siswa. Pada siklus I, persentase ketuntasan belajar siswa mencapai 65%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 88%. Peningkatan ini menunjukkan bahwa pendekatan PBL dapat memberikan dampak positif terhadap pemahaman siswa mengenai konsep ekosistem, khususnya dalam konteks kehidupan di sawah. Selain itu, model ini juga membantu siswa dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kolaboratif. Dengan demikian, penerapan model Problem Based Learning terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada tema ekosistem di kelas V. Penelitian ini merekomendasikan penggunaan model PBL sebagai alternatif strategi pembelajaran tematik yang berpusat pada siswa.
Referensi
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University Press.
Trianto. (2011). Model Pembelajaran Terpadu: Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2017). Penelitian Tindakan Kelas. PT Bumi Aksara.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Bumi Aksara.



