Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Indonesiaku Kaya Hayatinya Kelas V di SD

Penulis

  • Silvi Nur Aziza Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Endang Suprapti Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Lenny Ayu Pratiwi SDN Sawahan I/340 Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.28015

Kata Kunci:

Problem Based Learning, Hasil Belajar, Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS)

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik melalui penerapan model
pembelajaran PBL (Problem Based Learning) menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK)
dengan model Suharsimi Arikunto. Dilaksanakan di kelas V SDN Sawahan I/340 Surabaya dengan 31
peserta didik, terdiri dari 17 perempuan dan 13 laki-laki. Data dikumpulkan melalui observasi, dan tes
pilihan ganda. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa sebelum menggunakan PBL, hasil belajar Ilmu
Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) masih rendah, dengan hanya 29% peserta didik mencapai
ketuntasan belajar di atas KKM 70. Pada siklus I, meskipun terjadi peningkatan, hanya 64,5% peserta
didik yang mencapai ketuntasan belajar. Namun, pada siklus II, terjadi peningkatan signifikan, dengan
87% peserta didik mencapai ketuntasan belajar. Penerapan PBL efektif meningkatkan hasil belajar Ilmu
Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) memicu keterlibatan aktif, interaksi, dan pengembangan kemampuan
pemecahan masalah peserta didik, sehingga meningkatkan pemahaman dan kinerja peserta didik dalam
mata pelajaran tersebut. Kesimpulannya, penerapan model pembelajaran PBL berhasil meningkatkan
hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) peserta didik kelas V SDN Sawahan I/340 Surabaya
dari rendah menjadi tinggi pada siklus terakhir, yaitu siklus II.

Referensi

590353-model-model-pembelajaran-bab111c3. (2020).

Ikhsan, A., & Aras, L. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL)

Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas 3 SD.

Intan Azzahra, F., & Rachmani Dewi, N. (2025). Kajian Teori: Kemampuan Pemecahan Masalah

Matematis pada Model PBL dengan Pendekatan CRT Berbantuan Wordwall Ditinjau dari

Minat Belajar SiswF. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 8, 114–121.

https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Jusuf, H., & Sobari, A. (2022). Pembelajaran Paradigma Baru Kurikulum Merdeka Pada Sekolah

Dasar (Vol. 5, Issue 2). http://ejurnal.ubharajaya.ac.id/index.php/Jabdimas

Keaktifan, U. P., Hasil, D., & Siswa, B. (2020). Model Pembelajaran Mastery Learning, Upaya

Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa.

Listyaningsih, E., Nugraheni, N., & Yuliasih, I. B. (2023). Peningkatan Hasil Belajar (Erna

Listyaningsih

dkk.)

|

620 Madani. Jurnal Ilmiah Multidisipline, 1(6).

https://doi.org/10.5281/zenodo.8139269

PGRI Semarang, U., Fatkhiyah, A., Kusumaningsih, W., Rahmawati, A., & Oktata Nur Satria, B.

(2023). Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru PENERAPAN MODEL PBL BERBANTUAN

MEDIA 3D FOTOSINTESIS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI IPAS

PESERTA DIDIK KELAS IVC SD NEGERI BUGANGAN 03 SEMARANG.

Rizalul Fatah, P., Ali Kisai, A., & Labudasari, E. (2023). Jurnal Pemikiran dan Penelitian Pendidikan

Dasar ISSN. 7(1). https://doi.org/10.52266/Journal

Shobirin, M., & Sulianto, J. (2022). UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MELALUI MODEL

PROBLEM BASED LEARNING (PBL) DENGAN BERBANTU MEDIA PEMBELAJARAN CANVA

PADA TEMA 1 ORGAN GERAK HEWAN DAN MANUSIA KELAS 5 SDN PURWOSARI 01

SEMARANG UTARA. http://journal.upgris.ac.id/index.php/jpd

Unduhan

Diterbitkan

2025-09-19