MENINGKATKAN MINAT MEMBACA DAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MELALUI MEDIA KOMIK

Penulis

  • Suradin SD Juara Surabaya
  • Meirza Nanda Faradita Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Iswahyuni SD Negeri 257 Gresik

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v2i1.25447

Kata Kunci:

Learning Media, Comics, Interest in Reading

Abstrak

Interactive and interesting learning media has great potential to stimulate learners to respond positively to the learning material presented.comics are one of the interesting learning media for students. This study aims to increase students' interest in reading and learning outcomes through Comic media in Indonesian language subjects of non-fiction text material in class V SD Juara Surabaya. The results of the analysis obtained, students' interest in reading increased from pre-cycle 55, cycle I 81. 25 and in cycle II 87. 50. The ability to analyse the reading of students increased from pre-cycle 55, cycle I 83 and cycle II 89.

Referensi

Aditya, dkk. 2023. Peran Media Pembelajaran Komik Digital Untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora. Vol. 2, No. 3 Januari 2023.

Handayani, Koeswanti. 2020. Pengembangan Media Komik Untuk Meningkatkan Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu Volume 4 Nomor 2 April 2020 Hal. 396-401.

Hasan M, dkk. 2002. Media Pembelajaran. Klaten: Tahta Media Grup.

Islami, Sauri. 2022. Konsep Positivisme dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Merdeka Belajar. GHÂNCARAN: JURNAL PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA. E-ISSN: 2715-9132 ; P-ISSN: 2714-8955

Khotima,dkk. 2023. Upaya Peningkatan Kemampuan Literasi Baca Siswa Sekolah Dasar Denganmodel Pbl Berbantuan Komik. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, ISSN Cetak: 2477-2143 ISSN Online: 2548-6950 Volume 08 Nomor 01, Juni 2023.

Krisandhi, dkk. 2018. Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD (Pendekatan dan Teknis). Bekasi: Media Maxima.

Negara, 2014. Penggunaan Komik Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Upaya Meningkatkan Minatmatematika Siswa Sekolah Dasar (SD/MI). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar Volume 1 Nomor 2 Desember 2014 p-ISSN 2355-1925.

Nugroho. 2023. Komik Digital Sebagai Media Pembelajaran Bahasa Jawa Submateri Kisah Ramayana. Jurnal Dimensi. Nugroho p-ISSN 2527-5666, e-ISSN 2549-7782, Volume 20, Nomor 1, halaman 53-70.

Pristiwanti, dkk. 2020. Pengertian Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Konseling Volume 4 Nomor 6 Tahun 2022 E-ISSN: 2685-936X dan P-ISSN: 2685-9351.

Rahayu, dkk. 2022. Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu. Volume 6 Nomor 4 Tahun 2022 Halaman 6313 -6319 Research & Learning in Elementary Education.

Rahmadayanti, Hartoyo. 2022. Potret Kurikulum Merdeka, Wujud Merdeka Belajar di Sekolah Dasar. JURNAL BASICEDU Volume 6 Nomor 4 Tahun 2022 Halaman 7174 -7187 Research & Learning in Elementary Education.

Sudarto, 2017. Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran SSCS Pada Mata Pelajaran Matematika Siswa Kelas X TP2. Jurnal lmiah Pendidikan. Inspirator Guru. Vol. 1 Nomor 3, Maret 2019 ISSN: 2654-2536.

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-20