PENGEMBANGAN KARTU KATA SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENENTUKAN KATA SINONIM DAN ANTONIM BAGI SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v2i1.25393Kata Kunci:
Media; domino; vocabulary; language; elementary schoolAbstrak
The aim of this research is to develop word card media that is appropriate and effective in improving mastery of determining synonyms and antonyms for fifth grade elementary school students. This research is development research, which consists of ten stages. The product produced is in the form of word card media to find synonym and antonym vocabulary, based on scores obtained from material experts and media experts, each with a score of 80 in the good category. The effectiveness of the product produced in improving vocabulary mastery of synonyms and antonyms in Indonesian is based on the results of hypothesis testing which obtained a significance (2-tailed) of 0. 034, smaller than 0. 05. Word card media is effective in improving the ability to find synonym and antonym vocabulary for elementary school students.
Referensi
Aprinawati, I. (2017). Penggunaan Media Kartu Domino Bilangan untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Jurnal Pelangi. Vol. 9, No. 2, pg. 123-134
Firman A. D. , Hastuti, H. B. P. , Sukmawati, & Rahmawati. (2019). Analisis Hubungan Penguasaan Kosakata dan Kemampuan Memahami Unsur Intrinsik Cerpen Siswa SMP di Kota Kendari Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 8 (1), 123-142
Hayatinnupus & Permatasari, I. 2019. Penerapan Metode Permainan dalam Peningkatan Keterampilan Membaca Permulaan di Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan. Vol. 28, No. 1, diakses pada tanggal 4 Februari 2020, http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/4841
Junia, U. A. (2018). Pengembangan Media Mimbar (Domino Bergambar) Materi Keragaman Sosial, Ekonomi, Budaya, Etnis, dan Agama di Indonesia. Jurnal PGSD, 06 (1), 353-362 Kristiantari, M. G. R. & Negara, I. G. A. O. (2018). Meningkatkan Keterampilan Manipulatif Melalui Pengembangan Model Pembelajaran Modifikasi Permainan Kecil Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, Vol. 27, No. 2 diakses pada tanggal 10 Februari 2020, http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/4107
Munirah & Hardian. (2016). Pengaruh Kemampuan Kosakata dan Struktur Kalimat Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Deskripsi Siswa SMA. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra, 16 (1), 78-87
Rahayu, W. A. & Riska, S. Y. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Game Kosakata Bahasa Inggris. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 37 (1), 85-95
Risky, S. M. (2019). Analisis Penggunaan Media Video Pada Mata Pelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, Vol. 28, No. 2 diakses pada tanggal 2 Februari 2020, http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/5026
Rumidjan, Sumanto, & Badawi, A. (2017). Pengembangan Media Kartu Kata untuk Melatih Keterampilan Membaca Permulaan Pada Siswa Kelas I SD. Jurnal Sekolah Dasar: Kajian Teori dan Praktik Pendidikan, Vol. 26. No. 1 diakses pada tanggal 2 Februari 2020, http://journal2.um.ac.id/index.php/sd/article/view/1331
Sukoyo, J. (2013). Hubungan Penguasaan Kosakata dan Minat Membaca dengan Kemampuan Menulis Eksposisi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa UNNES. Lingua, 9 (1), 24-29.
Sunariati, R. , Ismawati, E. , & Riyadi, I. (2019). Hubungan Antara Penguasaan Kosakata dan Struktur Kalimat dengan Kemampuan Menulis Karangan Narasi. Jurnal Pendidikan Bahasa, 8 (2), 309-329.
Wiyanti, E. (2015). Peran minat membaca dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan berbicara bahasa Indonesia. Deiksis, 6 (02), 89-100.