Pengembangan Ensiklopedia Mini Biologi Digital Sistem Pencernaan Manusia Berbasis QR Code Untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Siswa

Penulis

  • Salsabila Nanda Az Zahra Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Lina Listiana Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Yuni Gayatri Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.24091

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas, efisiensi, dan kepraktisan produk pengembangan media pembelajaran ensiklopedia mini biologi digital yang dikembangkan. Jenis penelitian ini adalah Research and development (R&D). Desain pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah model pengembangan Four-D (4D) yang terdiri dari empat tahap yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Rancangan uji coba terbatas pada penelitian ini menggunakan One Group Pre-test Post-test Design yang diujikan kepada peserta didik kelas XI SMA IPIEMS Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan uji validasi, tes kemampuan kognitif (pre-test dan post-test), observasi keterlaksanaan pembelajaran serta angket respon siswa. Data penelitian dianalisis menggunakan uji normalitas, uji T dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa : (1) produk yang dikembangkan dinyatakan sangat valid berdasarkan hasil uji validitas, (2) ensiklopedia mini biologi digital yang dikembangkan dinyatakan sangat efektif karena dapat meningkatkan kemampuan kognitif siswa, (3) produk ensiklopedia mini biologi digital dinyatakan efisien berdasarkan hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran dengan kategori sangat baik, (4) ensiklopedia mini biologi digital dinyatakan praktis berdasarkan hasil angket respon siswa. Maka dengan ini dapat disimpulkan bahwa ensiklopedia mini biologi digital sistem pencernaan manusia dinyatakan valid, praktis, efektif dan efisien dalam meningkatkan kemampuan kognitif siswa SMA.

Referensi

Avioleta, E., Aji, D. S., & Yasa, A. D. (2021). Pengembangan Ensiklopedia IPA Materi Sumber Energi Berbasis QR Code Siswa Kelas IV SD Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. Seminar Nasional PGSD UNIKMA, 5(3), 248–253.

Firmansyah, & Wiwi, W. (2020). Pengembangan Model E-Learning Berbasis Schoology Pembelajaran Biologi Materi Sistem Pencernaan Dalam Melatih Kemampuan Literasi Visual Siswa Sma Di Era Industri 4.0. Jurnal Pedago Biologi, 8, 53–58.

Fitriyanti, I., Gayatri, Y., Daesusi, R., & Asy’ari. (2023). Perbandingan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples Dan Tipe Think Pair Share. J-SES: Journal of Science, Education and Studies, 2(1), 39–55.

Giyantono, R. A., & Iskandar. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Problem Base Learning pada Mata Diklat Las Kelas X TPM SMK Taman Siswa Surabaya. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 2(1), 96–102. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-teknik-mesin/article/view/4299

Guntara, Y. (2021). Normalized Gain Ukuran Keefektifan Treatment. Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, March, 1–3. https://doi.org/10.13140/RG.2.2.27603.40482

Hamid, K., Masruhim, A., & Hudiyono, Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Pada Materi Sel Siswa Kelas XI SMA 1 Kurniadi Hamid* 1 , H. Muh. Amir Masruhim, H. Yusak Hudiyono. Edukasi, 18(1), 193–203.

Kurniawati, F. N. A. (2022). Meninjau Permasalahan Rendahnya Kualitas Pendidikan Di Indonesia Dan Solusi. Academy of Education Journal, 13(1), 1–13. https://doi.org/10.47200/aoej.v13i1.765

Listiana, L., Loka, N. M., & Gayatri, Y. (2023). Does student’s critical thinking and collaboration skills can empower through investigation and thinking learning strategy? JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 9(3), 315–325. https://doi.org/10.22219/jpbi.v9i3.25118

Mardatila, A., Novia, H., & Sinaga, P. (2019). Penerapan Pembelajaran Fisika Menggunakan Multi Representasi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Pemecahan Masalah Siswa SMA pada Pokok Bahasan Gerak Parabola. Omega: Jurnal Fisika Dan Pendidikan Fisika, 5(2), 33. https://doi.org/10.31758/omegajphysphyseduc.v5i2.33

Mariyanti, S., Gayatri, Y., & Wikanta, W. (2022). Pengembangan Atlas Klasifikasi Hewan Vertebrata Berbasis Sumber Daya Hayati Lokal Sebagai Sumber Belajar Biologi Di Sekolah. Journal of Science, Education, and Studies, 01(1), 1–9.

Muliani, B. N. (2019). Peningkatan Kemampuan Kognitif Dalam Mengenal Lambang Bilangan Melalui Media Kereta Api. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 1(1), 27. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/%0Ap%0Aandawa

Nursyahrobby, M., & Bakar, A. (2022). Jurnal Praktik dan Kebijakan Pendidikan Indonesia Analisis Keterlaksanaan Model Pembelajaran Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar pada Materi Larutan Non-Elektrolit dan Elektrolit Dosen Pendidikan Kimia PMIPA FKIP Universitas Jambi PENDAHULUAN Pendid. 1(2), 55–64.

ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084

Riduwan, M., & Buditjahjanto, I. G. P. A. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Visual Basic untuk Mengajar Teknik Pemrograman di Kelas X Teknik Elektronika SMK Negeri 1 Sidoarjo. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 4(3), 863–869. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/17/article/view/12696

Rizwan Rohaeri Anwar. (2024). Pengembangan PembelajaranBooklet Multimedia Berbasis Kode QR pada Pembelajaran SejarahIndonesia di Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Depok Kabupaten SlemanYogyakarta. Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran, 7(1), 1–13.

Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401

Wikanta, W. (2017). Collaborative Learning: Pembelajaran Inovatif Dalam Mewujudkan Hak-hak Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Biologi, 5(1), 64–73. http://download.garuda.kemdikbud.go.id/article.php?article=592308&val=10606&title=COLLABORATIVE LEARNING PEMBELAJARAN INOVATIF DALAM MEWUJUDKAN HAK-HAK BELAJAR SISWA

Wikanta, W., Suharti, P., & Asy’ari, A. (2023). Development of practicum-based mobile augmented reality through the group investigation model to improve students’ creative thinking. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 9(2), 145–166. https://doi.org/10.22219/jpbi.v9i2.26316

Diterbitkan

2024-09-19