Pengaruh Pembelajran Diferensiasi Terhadap Penurunan Beban Kognitif Peserta Didik Kelas VII

Penulis

  • Agil wulan Eksanti Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Sandha Soemantri Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Shoffan Shoffa Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.24090

Abstrak

Artikel ini menganalisis tentang pengaruh pembelajaran diferensiasi terhadap penurunan beban kognitif peserta didik kelas VII di SMP Negeri 17 Surabaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran diferensiasi memiliki pengaruh sebesar 55,6% terhadap penurunan beban kognitif. Hasil analisis regresi linear sederhana dengan persamaan Y = 67,850 + 0,444X menunjukkan bahwa nilai penurunan beban kognitif akan mencapai 67,850 jika tidak dipengaruhi oleh pembelajaran diferensiasi, dan setiap peningkatan pembelajaran diferensiasi akan menurunkan beban kognitif sebesar 0,444. Hasil uji regresi linear sederhana memberikan nilai yang signifikan (0,004 < 0,05), dengan nilai t hitung (3,209) > t tabel (2,074). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa pembelajaran diferensiasi memiliki pengaruh yang signifikan dan positif terhadap penurunan beban kognitif peserta didik. Analisis lebih lanjut terhadap gaya belajar menunjukkan bahwa hanya gaya belajar visual yang memiliki pengaruh signifikan terhadap penurunan beban kognitif. Hal ini ditunjukkan oleh nilai signifikansi sebesar 0.022 < 0.05 dan persamaan regresi Y = 62,850 + 0,461X, yang berarti penurunan beban kognitif akan bernilai 62,850 apabila tidak dipengaruhi oleh gaya belajar visual. Setiap peningkatan dalam gaya belajar visual akan diikuti dengan penurunan beban kognitif peserta didik sebesar 0,461. Jadi dapat disimpulkan bahwa pembelajaran diferensiasi berpengaruh terhadap penurunan beban kognitif peserta didik dengan gaya belajar yang berpengaruh adalah gaya belajar visual.

Referensi

Annisa, S. N. (2023). Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Iii Sekolah Dasar. Aleph, 87(1,2), 149–200.

Bulu, V. R. (2023). Pengaruh Strategi Pembelajaran Diferensiasi tehadap Hasil Belajar Matematika. HINEF : Jurnal Rumpun Ilmu Pendidikan, 2(2), 70–75. https://doi.org/10.37792/hinef.v2i2.1011

Dzulhidayat. (2022). Pengaruh Pendekatan Diferensiasi Dalam Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Momentum Dan Impuls. 8.5.2017, 2003–2005.

Nofriansyah, N., Pernantah, P. S., & Riyadi, S. (2022). Gaya Belajar Peserta Didik Berprestasi. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(1), 1565–1574. https://doi.org/10.31004/edukatif.v4i1.1899

Pebriyanti, D. (2023). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi pada Pemenuhan Kebutuhan Belajar Peserta Didik Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Kridatama Sains Dan Teknologi, 5(01), 89–96. https://doi.org/10.53863/kst.v5i01.692

Prajitno, S. B. (2017). Metodologi Penelitian Kuantitatif. In Metodologi Penelitian Kuantitatif (Issue May).

Puspa, R. D., As’ari, A. R., & Sukoriyanto, S. (2020). Beban Kognitif Siswa Dalam Pembelajaran Matematika Berorientasi Pada Higher Order Thinking Skills (HOTS). Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 5(12), 1768. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i12.14325

Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401

Richardo, R., & Cahdriyana, R. A. (2021). Strategi meminimalkan beban kognitif eksternal dalam pembelajaran matematika berdasarkan load cognitive theory. Humanika, 21(1), 17–32. https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38228

Simanjuntak, F. N. (2018). Pendidikan Untuk Pembangunan Berkelanjutan. Jurnal Dinamika Pendidikan, 10(3), 304. https://doi.org/10.33541/jdp.v10i3.634

ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084

Wulandari, A. S. (2022). Literature Review: Pendekatan Berdiferensiasi Solusi Pembelajaran dalam Keberagaman. Jurnal Pendidikan Mipa, 12(3), 682–689. https://doi.org/10.37630/jpm.v12i3.620

Yohanes, B., Subanji, & Sisworo. (2016). Students’ Cognitive Load in Geometry Learning. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian Dan Pengembangan, 1(2), 187–195. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6121

Diterbitkan

2024-09-19