PENGARUH PEMBELAJARAN MULTIMEDIA TERHADAP KEMAMPUAN SOSIAL ANAK USIA 4 – 5 TAHUN DI TK ‘AISYIYAH BUSTANUL ATHFAL 47 SURABAYA

Penulis

  • Anik Watini Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Ratno Abidin Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Naili Sa’ida Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.24088

Abstrak

Mengembangkan ketrampilan sosial anak diperlukan sebuah strategi yang menarik, salah satunya dengan menerapkan pembelajaran multimedia yang mencakup komponen sistem penyampian pengajaran untuk mendukung proses pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh pembelajaran multimedia terhadap kemampuan sosial anak dan menjelaskan pembelajaran multimedia dapat mempengaruhi kemampuan sosial anak pada saat pembelajaran pada anak kelompok A usia 4-5 tahun di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 47 Surabaya. Jenis penelitian menggunakan penelitian kuantitatif dengan desain One Group Pre-Test – Post-Test. Populasi dan sampel penelitian anak kelompok A3 yang berusia 4-5 tahun di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 47 Surabaya yang berjumlah 10 siswa, yang terdiri dari 5 siswa laki – laki dan 5 siswa perempuan. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran multimedia pada anak meningkat, karena pembelajaran multimedia cukup efektif membantu kemampuan sosial anak. Hasil kemampuan sosial anak kelompok A usia 4-5 tahun terdapat perbedaan nilai pre test dan pos test. Hasil rata-rata nilai pre test pada anak kelompok A di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 47 Surabaya adalah 5,75 dan mengalami kenaikan hasil rata-rata nilai post test pada anak kelompok A di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 47 Surabaya sebesar 10,57. Perbedaan pre test dan post test hasil uji Wilcoxon menunjukkan ada pengaruh pembelajaran multimedia terhadap kemampuan sosial anak kelompok A usia 4-5 tahun di TK ‘Aisyiyah Bustanul Athfal 47 Surabaya.

Referensi

Abidin Ratno. 2022. Analisis Pola Asuh Demokratis Terhadap Perekembangan Rasa Empati Anak 4-5 Tahun Pada Mada Pandemi Covid 19 Di RT 2/RW 5 Dusun Tulung Lamongan. Jurnal Online Universitas Muhammadiyah Surabaya. Vol. 22 No. 1.

Ahmad Susanto. 2011. Perkembangan Anak Usia Dini : Pengantar dalam Berbagai Aspeknya. Jakarta : Pranada Media Group

Aisyah, dkk 2007. Kemampuan Sosial Anak Usia Dini, Cakrawala Dini

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Arsyad Azhari. 2010. Media Pembelajaran, Jakarta : Rajawali Pres

Ela Pebriani. 2014. Kemampuan Sosial Anak Dengan Metode Bermain Peran Paud Az Zahra Kabupaten Kepahing

Guslinda dan Rita. 2018. Media Pembelajaran Anak Usia Dini, Surabaya CV, Jakad Puglising

Hajar Pamadhi dan Evan Sukardi. 2013. Seni Keterampilan Anak. Yogyakarta: Universitas Terbuka.

Jamaris, Martini. 2011. Perkembangan dan Pengembangan Anak Usia Taman kanak-kanak. Jakarta:PT Grasindo.

Jaya Indra. 2018. Penerapan Statistik Untuk Pendidikan, Medan: Perdana sublishing

Jemmy Rumengan. 2013. Metodologi Penelitian, Bandung: Cipta Pustaka Media Perintis

M. Ramli. 2015. Pendampingan Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta:Depdiknas, Ddirjen Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Mariyana. 2013. Mengembangkan kemampuan sosial dan kecerdasan anak. Jakarta: Buku Kita.

Martini Jamaris. 2016. Proses Kemampuan sosial Anak. Jakarta: Erlangga.

Masitoh, dkk. 2013. Strategi Pembelajaran Taman kanak-kanak. Jakarta:Universitas Tebuka.

Moeslichatoen R. 2014. Metode Pengajaran Di Taman Kanak – Kanak. Jakarta: PT Asdi Mahasatya

Munandar, Utami. 2014. Pengembangan Kemampuan sosial Anak Berbakat. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Mustafa. 2009. Metode Pengumpulan Data Langkah Penting Dalam Penelitian

Nana Sudjana dan Ibrahim. 2001. Karakteristik Penelitian Kualitatif

Nursisto. 2013. Kiat Menggali Kemampuan sosial. Yogyakarta: Mitra Gama Widya.

Pamadhi, Hajar dan Evan Sukardi. 2013. Seni Keterampilan Anak. Yogyakarta:Universitas Tebuka.

Permendikbud 137 Tahun 2014

Permendikbud Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Pasal 3

Permendikbud, Undang-Undang No.20 Tahun 2003 Pasal 28

Rachmawati, Yeni dan Kurniati. 2013. Strategi pengembangan kemampuan sosial pada anak usia taman kanak-kanak. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Ramdhansyah. 2013. Pembelajaran multimedia. Bandung: CV Pustaka Setia.

Ramli. 2013. Pembelajaran di Lingkungan Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Riyanto 2018. Pola Analisi Data Statistik atau Non Statistik

Sa’ida Naili. 2022. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Melalui Metode Montessori. Journal of Childhood Education. Vol. 6.

Sa’ida Naili dkk. 2019. Menumbuhkan Rasa Sosial Anak Usia Dini Melalui Bermain Dalam Kelompok. Jurnal Anak Usia Dini dan Pendidikan Anak Usia Dini. Vol. 5.

Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401

Saifudin 2018. Pengelolahan Pembelajaran Teoritis dan Praktis, Yogyakarta. CV.Budi Utama

Sri Rizki. 2019. Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia Dini

Sugiono. 2013. Pendekatan Penelitian Kuantitatif dan Metode Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Pendidikan R dan D: Bandung Αbet

Sugiono. 2015. Variabel Penelitian Merupakan suatu nilai, objek yang mempunyai variasi tertentu ditetapkan peneliti

Sugiyono. 2013. Metode Penelitiann Kualitatif, Kuantitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharmi Arikanto. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Pratik, Jakarta Bineka Cipta

Sukardi. 2013. Media dan Sumber Belajar Untuk Anak Usia Dini. Surakarta: Modul Pertama

Sumanto. 2015. Pengembangan Kemampuan sosial Senirupa Anak TK. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dan Ketenagaan Perguruan Tinggi.

Suratno. 2015. Pengembangan Kemampuan sosial Anak Usia Dini. Jakarta:Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Direktorat Pembinaan Pendidikan Tenaga Kependidikan dann Ketenagaan Perguruan Tinggi.

ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084

Wahono. 2022. Hubungan Keterampilan Menyimak Cerita Pada Anak Usia Dini Dengan Penggunaan Media Animasi Audio Visual Dalam Pembelajaran Di Kb. At-Taqwa Tahun Pelajarn 2021/2022. Jurnal Online Universitas Muhammadiyah Surabaya Vol. 1 No. 1.

Wahyu. 2013. Kiat Menggali Kemampuan sosial. Yogyakarta: Mitra Gama Widya.

Yuliani Nurani. 2009. Pendidikan Anak Usia Dini adalah Pengembangan Belajar Potensi Anak Sejak Dini

Diterbitkan

2024-09-19