Pengembangan Media Scrapbook Keragaman Budaya Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Pembelajaran IPAS Kelas IV Sekolah Dasar

Penulis

  • Azahra Arum Pramesti Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.24086

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa Scrapbook yang berfokus pada keragaman budaya untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) di kelas 4 sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan model pengembangan Four D (4D) yang meliputi empat tahap: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran Scrapbook keragaman budaya kelas IV sekolah dasar dapat dikategorikan layak. Hasil tersebut diperoleh melalui proses validasi oleh validator menggunakan lembar validasi dan uji kelayakan oleh subjek penelitian menggunakan angket respon. Presentase nilai yang diberikan oleh ahli media sebesar 93% dengan kriteria “sangat layak” hasil penilaian oleh ahli materi sebesar 92% dengan kriteria “Sangat layak”. ” Sedangkan hasil olah penilaian angket respon oleh peserta didik sebesar 81% dengan kategori “Praktis” dan hasil olah data angket respon oleh guru sebesar 89% dengan kriteria “ Sangat Praktis”. Media pembelajaran juga efektif digunakan dengan presentase ketuntasan klasikal yang diperoleh sebesar 77%. Dengan demikian didapatkan bahwasanya media pembelajaran Scrapbbok keragaman budaya kelas IV sekolah dasar sudah dikategorikan layak dan dapat digunakan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif khususnya untuk mata Pelajaran IPAS materi keragaman budaya.

Referensi

Afiani, K. D. A., & Putra, D. . (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Pada Peserta didik Kelas III SD Melalui Pembelajaran Berbasis Pengajuan Masalah. ELSE (Elementary School Education Journal), 1(1), 38–47.

Arkadiantika I, Ramansyah W, Effindi MA, Dellia P. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Virtual Reality Pada Materi Pengenalan Termination Dan Splicing Fiber Optic. J Dimens Pendidik dan Pembelajaran. 8(SEMNASDIKJAR2019):29–36. doi:10.24269/dpp.v0i0.2298.

Asmara, R., Susantini, E., & Rahayu, Y. S. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Biologi Berorientasi Pendekatan Tasc (Thinking Actively in Social Conteks) Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta didik. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(1), 855. https://doi.org/10.26740/jpps.v5n1.p855-891

Dewi, S., Mariam, S., & Kelana, J. B. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Ipa Peserta didik Sekolah Dasar Menggunakan Model Contexual Teaching and Learning. JP2SD (Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Sekolah Dasar), 02(06), 235–239.

Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.

Haviz M. 2013. Research and Development; Penelitian Di Bidang Kependidikan Yang Inovatif, Produktif Dan Bermakna. Ta’dib. 16(1):28. doi:10.31958/jt.v16i1.235

Putra, D. A. (2020). Pengembangan Software Computer Based Test Untuk Mahapeserta didik Pgsd Fkip Universitas Muhammadiyah Surabaya. Proceeding Umsurabaya.

Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. GORONTALO, 25 NOVEMBER 2021 ISBN 978-623-98648-2-8. 289-302

Retnowati. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran TerhadapMotivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam diSMP Negeri 1Punggur Kabupaten Lampung Tengah

Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com

Sanjaya, Wina. 2014. Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana

Sari, I. P., Yuliantini, N., & Tarmizi, P. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Scrapbook terhadap Hasil Belajar pada Pembelajaran Tematik Peserta didik Kelas IV SD Gugus X Kota Bengkulu. Jurnal Riset Pendidikan Dasar, 3(3), 1–8. https://ejournal.unib.ac.id/index.php/juridikdasunib/article/view/1

Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401

Supriyono. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik. Pendidikan Dasar, II, 43–48.

Shinta, N., Hakim, L., & Yuliani, E. (2023). Pengembangan Media Scrapbook Untuk Meningkatkan Kreativitas Pembelajaran IPA Siswa Kelas V SD Negeri 69 Palembang. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 133–143.

Sugiyono, (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.

ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084

Widyasari & Putri. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Scrapbook Berbasis Budaya Palembang Pada Topik Bangun Datar. Jurnal PINUS: Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran, 5 (1), 2019, 92-98

Diterbitkan

2024-09-19