DESAIN MEDIA KOMIK DIGITAL MATERI SISTEM REPRODUKSI MANUSIA UNTUK MELATIH LITERASI DIGITAL DAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA KELAS XI IPA SMA
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.24083Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mengetahui kelayakan teoritis desain media komik digital pada pembelajaran materi Sistem reproduksi manusia di kelas XI IPA SMA ; 2) Untuk mengetahui kelayakan praktis desain media komik digital pada pembelajaran materi Sistem reproduksi manusia di kelas XI IPA SMA; 3) menganalisis efektivitas desain media komik digital dalam melatih literasi digital siswa pada pembelajaran Sistem reproduksi manusia di kelas XI IPA SM; 4) Untuk menganalisis efektivitas desain media komik digital dalam mencapai ketuntasan belajar siswa pada pembelajaran Sistem reproduksi manusia di kelas XI IPA SMA. Jenis penelitian Pre Eksperiment dengan desain One Group Posttest Only Design. Sampel penelitian yaitu kelas XI 3 SMA Muhammadiyah 7 Surabaya. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik validasi, teknik tes, teknik angket dan lembar observasi. Analisis data dilakukan secara deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan: (1) Media Komik Digital materi sistem reproduksi manusia pada pembelajaran biologi kelas XI di SMA dinyatakan sangat layak atau sangat valid dengan skor rata-rata 3,26; (2) Kemampuan Literasi Digital siswa kelas XI pada saat menggunakan media komik digital mendapatkan rata-rata sebesar 78,40 dengan kategori baik; (3) Ketuntasan Belajar siswa kelas XI pada materi sistem reproduksi manusia mendapatkan rata-rata 90,09 dengan kategori sangat baik; (4) Media Komik Digital untuk Melatih Literasi Digital dan Ketuntasan Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA mendapat respon sangat baik dari siswa dengan presentase sebesar 80,04%.
Referensi
Amri, C. O., Jaelani, A. K., & Hadi Saputra, H. (2021). Peningkatan Literasi Digital Peserta Didik: Studi Pembelajaran Menggunakan E-Learning. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 546–551. https://doi.org/10.29303/jipp.v6i3.291
Doringin, F., Tarigan, N. M., & Prihanto, J. N. (2020). Eksistensi Pendidikan Di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Teknologi Industri dan Rekayasa (JTIR), 1(1), 43–48. https://doi.org/10.53091/jtir.v1i1.17
Fathurrohmi, Lina, Listiana. (2020). Penggunaan Media Kartu Permainan Melalui Strategi Think Pair Share Terhadap Aktivitas Belajar Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Sma. Jurnal Pedago Biologi, 2.
Firmansyah, & Wiwi, W. (2020). Pengembangan Model E-Learning Berbasis Schoology Pembelajaran Biologi Materi Sistem Pencernaan Dalam Melatih Kemampuan Literasi Visual Siswa Sma Di Era Industri 4.0. Jurnal Pedago Biologi, 8, 53–58.
Fitri, A. S., Aeni, A. N., & Nugraha, R. G. (2023). Pengembangan Komik Digital Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pada Materi Nilai-Nilai Pancasila Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(1), 220. https://doi.org/10.35931/am.v7i1.1756
Handayani, T., Winarni, E. W., & Koto, I. (2021). Pengembangan Media Komik Digital Berbasis STEM Dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi Sains Siswa. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 4(1), 22–29. https://doi.org/10.33369/dikdas.v4i1.14630
Hasan, M., Milawati, Darodjat, Khairani, H., & Tahrim, T. (2021). Media Pembelajaran. In Tahta Media Group.
Johan, J. R., Iriani, T., Maulana, A., & Negeri, U. (2023). Penerapan Model Four-D dalam Pengembangan Media Video Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perorangan. 01(06), 372–378.
Mariyanti, S., Gayatri, Y., & Wikanta, W. (2022). Pengembangan Atlas Klasifikasi Hewan Vertebrata Berbasis Sumber Daya Hayati Lokal Sebagai Sumber Belajar Biologi Di Sekolah. Journal of Science, Education, and Studies, 01(1), 1–9.
Mukhofifah, & Umi, A. (2022). Penerapan literasi digital dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran ski di MAN 5 Kediri. 15–43.
Murdipah. (2021). Penerapan Blended Learning Terhadap Literasi Digital Siswa Pada Materi Ekosistem Kelas X Atph Smk Nergeri 1 Teluk Keramat. IKIP PGRI Pontianak, 11–34.
Muslich, M. (2016). Pembelajaran Remedial Matematika Materi Pokok Logika Matematika di M.A. N.U. Al Ma’arif 04 Boja Kendal Tahun Pelajaran 2010/2011 Dalam Mencapai Ketuntasan Belajar Matematika. 0, 1–23.
Narestuti, A. S., Sudiarti, D., & Nurjanah, U. (2021). Penerapan Media Pembelajaran Komik Digital untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedusiana: Jurnal Pendidikan Biologi, 6(2), 305–317. https://doi.org/10.37058/bioed.v6i2.3756
Naufal, H. A. (2021). Literasi Digital. Perspektif, 1(2), 195–202. https://doi.org/10.53947/perspekt.v1i2.32
Pratiwi, A. B., Darmadi, Hartanto, H. Y., & Malawi, I. (2023). Penggunaan Media GeoGebra dalam Meningkatkan Ketuntasan Belajar dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Seminar Nasional LPPM UMMAT, 2(April), 1033–1042. https://journal.ummat.ac.id/index.php/semnaslppm/article/view/15040
Pratiwi, I. W., Riyanti, A., Hasdiansa, I. W., & Hasbiah, S. (2023). Pengembangan Literasi Digital Masyarakat Sekolah Melalui Pelatihan Pembuatan Komik Digital Cerita Rakyat. 1, 27–34.
Rachma, T. N., & Septiana, I. (2023). JOTE Volume 4 Nomor 4 Tahun 2023 Halaman 55-64 JOURNAL ON TEACHER EDUCATION Research & Learning in Faculty of Education Pembelajaran Teks Eksplanasi Bahasa Indonesia dengan Metode Kunjung Karya sebagai Alternatif Pengajaran Inovatif. 4, 55–64.
Riyanto, D., & Aziza, M. (2020). Analisis Intensitas Belajar Terhadap Ketuntasan Belajar Matematika Peserta Didik Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika Universitas Lampung, 8(4), 325–335. https://doi.org/10.23960/mtk/v8i2.pp325-335
Rizal, S. U., Maharani, I. N., Ramadhan, M. N., Rizqiawan, D. W., & Abdurachman, J. (2016). Media Pembelajaran. http://digilib.iain-palangkaraya.ac.id/4310/1/Ebook Media Pembelajaran.pdf
Rizkika, M., Dwi A.P, P., & Ahmad, N. (2020). Pengembangan E-LKPD Berbasis STEM pada Materi Tekanan Zat untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Pancasakti Science Education Journal, 5(April), 4–11. https://doi.org/10.4905/psej.v7i1.142
Rochman, B., Indahwati, N., & Priambodo, A. (2020). Identifikasi Keterlaksanaan Pembelajaran PJOK Tingkat SMP Di Masa Pandemi Covid 19 Se-Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 6(1), 257–265. https://doi.org/10.58258/jime.v6i1.1343
Saleh & Syahruddin, dkk. (2023). Media Pembelajaran. 1–77. https://repository.penerbiteureka.com/publications/563021/media-pembelajaran
Senjaya, R. P., Indriani, I., Mahdarani, N., Muharam, A., & Mustikaati, W. (2022). Pengembangan Media Komik Digital (MEKODIG) dalam Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sekolah Dasar. All rights reserved, 1(2), 99–106. https://doi.org/10.51574/judikdas.v1i2.248
Suharti, P., Daesusi, R., Abidin, R., & Asy’ari, A. (2020). PKM Rumah Baca Kreatif Berbasis E-Learning Upaya Menumbuhkan Budaya Literasi Anak Binaan SD Muhammadiyah 09 Bahari Surabaya. Sasambo: Jurnal Abdimas (Journal of Community Service), 2(2), 40–48. https://doi.org/10.36312/sasambo.v2i2.187
ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084
Syah, R., Darmawan, D., & Purnawan, A. (2019). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Kemampuan Literasi Digital. Jurnal AKRAB, 10(2), 60–69. https://doi.org/10.51495/jurnalakrab.v10i2.290
Ulfa, M., Wahyu Cahyautami, F., & Faujiah, E. (2022). Pengembangan Komik Ramah Anak Untuk Pembelajaran LiterasiDigital Di Sekolah Dasar. Prosiding Seminar Nasional Sultan Agung ke-4 Semarang, 4(November), 38–52.
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), 185. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401
Wahyuni, S., Wulandari, E. U. P., Rusdianto, Fadilah, R. E., & Yusmar, F. (2022). Pengembangan Mobile Learning Module Berbasis Android Untuk Meningkatkan Literasi Digital Siswa Smp. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 12(2), 125–134. https://doi.org/10.24929/lensa.v12i2.266
Wikanta, W., Hadi, R. S., Fikriyati, A., Studi, P., Biologi, P., & Studi, P. (2014). Organikberbasis Karakter Melalui Praktik Les- Fkip Umsurabaya. 33–45.
Wikantaa, W., Gayatri, Y., & Juniawan, F. (2023). The Urgency and Challenges of Flipped Classroom as A Learning Mode in The Digital Era in Indonesia. VIII(September), 227–236.
Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com
Willya, A. R., Luthfiyyah, A., Simbolon, P. C., & Marini, A. (2023). Peran Media Pembelajaran Komik Digital untuk Menumbuhkan Minat Baca Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(3), 449–454.
Zulfahmi, M., & Wibawa, S. C. (2020). Potensi Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Motivasi Belajar dan Respon Siswa. It-Edu, 5(1), 334–343.