ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK MENGGUNAKAN MODEL COLLABORATIVE LEARNING PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS 4 SD MUHAMMADIYAH 9 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.24082Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kreatif peserta didik saat menggunakan model Collaborative Learning pada mata pelajaran IPAS kelas 4 SD. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sementara teknik analisis data yang digunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data (data display) dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan didapatkan hasil bahwa model pembelajaran Collaborative Learning adalah model pembelajaran yang dapat membuat peserta didik menjadi antusias dan sangat aktif ketika mengikuti kegiatan belajar mengajar. Kemampuan berpikir kreatif peserta didik sudah banyak mengalami perkembangan dapat dilihat dari hasil tugas LKPD yang dikerjakan oleh kelompok 1 dan kelompok 2. Pada kelompok 1 dan kelompok 2 peserta didik memiliki gagasan yang bervariasi sehingga dapat melihat permasalahan dari sudut pandang yang berbeda, hal ini dapat mencetuskan sesuatu yang unik tentang permasalahan yang terjadi. Disini peserta didik mampu menghasilkan sebuah karya kreatif yang telah dikerjakan bersama teman kelompoknya sesuai dengan topik pembahasan.
Referensi
Akhmad, N. A., Akib, I., & Sulastri, N. D. (2023). Pelatihan Pembelajaran Ipas Terintegrasi Nilai-Nilai Budaya Kebangsaan Dan Kearifan Lokal Pada Guru-Guru Sd Wilayah 2 Kecamatan Barru. Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6.
Ananda, R. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 4.
Andriana, E., Ramadayanti, S., & Noviyanti, T. E. (2020). Pembelajaran IPA di SD Pada Masa Covid 19. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 33-48.
Apriliani, Y., Muthmainnah, A., Putri, H. S., Amrillah, N. I., & Muhaimin, M. (2023). Analisis Kesulitan Belajar Peserta Didik Terhadap Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Mata Pelajaran IPAS di SD Negeri 1 Mantingan Kabupaten Jepara. IJM: Indonesian Journal of Multidisciplinary, 1229.
Asakir, I., & Mahmudah, F. N. (2022). Kreativitas dan Inisiatif Guru dalam Pengembanggan Mutu Pembelajaran Online. Jurnal Studi Guru dan Pembelajaran, 33.
Ayuningtiyas, G. W., Printina, B. I., & Subakti, Y. (2021). Implementasi Collaborative Learning Dalam Pembelajaran Sejarah Di Sma Kolese De Britto. Historia Vitae, 72.
Cholilah, M., Tatuwo, A. G., Komariah, & Rosdiana, S. P. (2023). Pengembangan Kurikulum Merdeka Dalam Satuan Pendidikan Serta Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad 21. Sanskara Pendidikan dan Pengajaran, 60-61.
Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 77.
Devi, C. R., Permata, S. D., & Rahmawati, A. D. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Permainan Monopoli terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD Luqman Al Hakim Ngawi. Global Education Journal, 75.
Dewi, S., Mariam, S., & Kelana, J. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Ipa Siswa Sekolah Dasar Menggunakan Model Contexual Teaching and Learning. JP2SD (Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar), 236.
Emmanuella, T., & Chrismastianto, I. A. (2023). Penggunaan Metode Diskusi untuk Mengupayakan Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X. Diligentia: Journal of Theology and Christian Education, 8.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, 33-52.
Fitriyah, A., & Ramadani, S. D. (2021). Pengaruh Pembelajaran Steam Berbasis PJBL (PROJECT- BASED LEARNING) Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif dan Berpikir Kritis. Journal of Education, 211.
Hadiansah, D., Sari, H., Firmansyah, E., & Rabiussani, R. (2021). Model Collaborative Learning (CL) dalam Pembelajaran Menulis Teks Eksplanasi untuk Meningkatkan Berpikir Kritis pada Siswa Kelas VIII SMP Nugraha Kota Bandung. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 73-76.
Hasan, F. H. (2018). Strategi Pengasuhan Orang Tua Dalam Mengatasi Perilaku Sibling Rivalry Anak Usia Dini. Core.Ac.Uk, 61-62.
Hasanah, Z. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. IRSYADUNA: Jurnal Studi Kemahasiswaan, 243.
Juniawan, E. A. (2023). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Penalaran Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah Melalui Pembelajaran Collaborative Learning. Geomath, 29.
Magfira, A., Irfan, M., & Rahman, A. (2023). Analisis penerapan kurikulum merdeka pada pembelajaran ipas pada guru kelas v sd negeri aroeppala kota makassar. Jurnal Metafora Pendidikan, 56.
Mirnawati, L. B., & Fabriya , R. A. (2022). Penerapan Media Flipbook untuk Meningkatkan Literasi Membaca Siswa SD. Jurnal Pemikiran dan Pengembangan Sekolah Dasar (JP2SD), 26.
Mulyati, Y., & Parwati, N. P. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Collaborative Learning Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Sejarah Siswa Kelas X Ipa 3 Sma Dharma Praja Denpasar Tahun Pelajaran 2020 / 2021. Nirwasita, 46-47.
Naila, I. (2021). Perilaku Social Loafing Dalam Pembelajaran Daring: Studi Kasus Pada Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 136-141.
Naila, I., & Khasna, F. T. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Kemampuan Literasi Sains Calon Guru Sekolah Dasar: Sebuah Studi Pendahuluan. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 43.
Nurjan, S. (2018). Pengembangan Berpikir Kreatif. Journal Basic Of Education, 1-8.
Prawiyogi, A. G., Sadiah, T. L., Purwanugraha, A., & Elisa, P. N. (2021). Penggunaan Media Big Book untuk Menumbuhkan Minat Membaca di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 449.
Prayoga, Y., Sumarwiyah, S., & Purbasari, I. (2022). Belajar Kelompok Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar di Masa Pandemi. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 675.
Putra, D. A. (2021). Pengembangan Video Powtoon Berbasis Saintifik untuk Siswa Kelas V SD Muhammadiyah 8 Surabaya. Jurnal Bidang Pendidikan Dasar, 172.
Putra, D. A., Faradita, M. N., & Anita, V. (2023). Unleashing the Power of LAPS-Heuristic Learning: Enhancing Mathematical Problem Solving Abilities in Grade 3 Students. Pedagogia : Jurnal Pendidikan, 94.
Qomariyah, D. N., & Subekti, H. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif: Studi Eksplorasi Siswa Di Smpn 62 Surabaya. Pensa E-Jurnal : Pendidikan Sains, 243.
Qomariyah, N., & Maghfiroh, M. (2022). Transisi Kurikulum 2013 Menjadi Kurikulum Merdeka: Peran dan Tantangan dalam Lembaga Pendidikan. Gunung Djati Conference Series, 108.
Ramadhani, S., & Khairuna, K. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Fishbone Materi Biologi terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Basicedu, 8407.
Respati, Y. A. (2019). Collaborative Learning Dalam Upaya Peningkatan Keaktifan Mahasiswa Pada Proses Pembelajaran. Efisiensi - Kajian Ilmu Administrasi, 19.
Rosmiati, R. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Berbasis Collaborative Learning Berpengaruh terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 46.
Rusandi, & Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 48-60.
Sartika, A. D., Cindika, P. A., Bella, B. S., Anggraini, L. I., Wulandari, P., & Indayana, E. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Ipas Sd/Mi. Publisher: Yayasan Khairul Azzam Bengkulu Journey: Journal of Development and Reseacrh in Education, 60.
Seituni, S., & Noervadila, I. (2022). Media Pembelajaran Interaktif menggunakan Metode Collaborative Learning pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 287.
Sudarto, Jauhar, S., & Muin, N. F. (2024). Problematika Guru Dalam Merencanakan Pembelajaran IPAS di Kelas V SD Negeri 2 Manurunge Kabupaten Bone. Online) Journal of Educational and Language Research, 404.
Triyono, S., Handini, O., & Restuningsih, A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPAS Materi Harmoni dalam Ekosistem pada Kelas V SD Negeri Kleco 1 No.7 Surakarta Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Pendidikan Tambusai, 31386.
Utami, M. P., Santika, I. D., & Khoiriyah, B. (2023). Kurikulum Merdeka Dan Pengembangan Modul Ipas Kontekstual Berbasis Inkuiri Untuk Membentuk Nalar Kritis Siswa SD Fase B. Innovative: Journal Of Social …, 2.
Wahyuningrum, P. M. (2022). Analisis Penerapan Collaborative Learning dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 572.
Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com
Wibowo, L. A., & Pardede, L. R. (2019). Peran Guru dalam Menggunakan Model Pembelajaran Collaborative Learning terhadap Keaktifan Siswa Dalam Belajar. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 204-206.
ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084
Widodo, S., & Wardani, R. K. (2020). Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4C Di Sekolah Dasar. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 190.
Wijayanti, A. R., & Arafat, A. (2023). Peningkatan Hasil Belajar Mahasiswa Perencanaan Hutan melalui Model Pembelajaran Collaborative Learning. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 123-124.
Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401
Yuliani, A., Haryati, N. S., & Syarifah, U. (2021). Penggunaan Model Pembelajaran Collaborative Learning (CBL) Dalam Proses Pembelajaran IPS di SD. Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 74-75.
Yuliani, W. (2018). Metode Penelitian Deskriptif Kualitatif Dalam Perspektif Bimbingan dan Konseling. Quanta, 88.