PENERAPAN METODE GALLERY WALK DENGAN TUGAS KARYA POSTER DALAM MELATIH KREATIVITAS DAN KETUNTASAN BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA MUHAMMADIYAH 1 SURABAYA

Penulis

  • Firdhatul Nisa Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Wiwi Wikanta Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Mulya Fitra Juniawan Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.24080

Abstrak

Penerapan metode pembelajaran Gallery Walk, hambatan belajar dapat teratasi seperti topik yang belum dipahami siswa dan belum maksimalnya hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penerapan Metode Gallery Walk dengan Pembuatan Karya Poster dapat melatih kreativitas siswa pada pembelajaran biologi di SMA Muhammadiyah 1 Suarabaya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. melalui metode eksperimen. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh kelas XI 3 SMA Muhammadiyah 1 Surabaya tahun ajaran 2023/2024 yang berjumlah 77 siswa dengan sanpel sebanyak 34 siswa, pengambilan data dilakukan dengan memberikan pre dan post tes, dan teknik analisis deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Hasilnya Penerapan metode gallery walk dengan tugas kaya poster dalam melatih kreativitas dan ketuntasan belajar siswa pada mata pelajaran biologi di SMA Muhammadiyah 1 Surabaya mendapat respon sangat baik dari peserta didik dengan presentase sebesar 87,2%

Referensi

Indy, R., Waani, F. J., & Kandowangko, N. (2019). Peran Pendidikan Dalam Proses Perubahan Sosial Di Desa Tumaluntung Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara (Vol. 12, Issue 4).

Mulyana Ridwan. (2021). Strategi Guru Pendidikan Agama Islamdalam Pembinaan Akhlak Siswa Di Sma Negeri 25 Bone.

Yohana Agatha Kembaren Gamal Kartono, M. (2020). Fotografi Dalam Aplikasi Poster Sebagai Media Komunikasi Tentang Masalah Pathologi Sosial Di Surakarta Fakultas Sastra Dan Seni Rupa Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Nugraha, I. R. R., Supriadi, U., & Firmansyah, M. I. (2023). Efektivitas Strategi Pembelajran Project Based Learning dalam meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(1), 39–47. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI

Ratnafuri, I. (2020). Efektifitas Pelatihan Self Regulated Learning dalam Pembelajaran Daring untuk Meningkatkan Ketuntasan Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. www.jhargis.com

Safrizal. (2021). Pembelajaran Ekonomi dengan Metode Gallery Walk di MA Qamarul Huda

ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084

Bagu. 4, 1–23.

Sari, P. M., & Sumarli, S. (2019). Optimalisasi Pemahaman Konsep Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Gallery Walk (Sebuah Studi Literatur). Journal of Educational Review and Research, 2(1), 69. https://doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1859

Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401

Wikanta, W., Suharti, P., & Asy’ari, A. (2023). Development of practicum-based mobile augmented reality through the group investigation model to improve students’ creative thinking. JPBI (Jurnal Pendidikan Biologi Indonesia), 9(2), 145–166. https://doi.org/10.22219/jpbi.v9i2.26316

Diterbitkan

2024-09-19