PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MATRA (Matematika Terampil dan Kreatif) UNTUK PESERTA DIDIK TINGKAT SMP

Penulis

  • Alfiyani Yuwanita Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Shoffan Shoffa Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Febriana Kristanti Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.24078

Abstrak

Penelitian ini merupakan jenis penelitian Research and Development(RnD) dengan model pengembangan 4D (Define, Design, Develop, dan Desseminate) yang dimodifikasi menjadi model pengembangan 3D (Define, Design, dan Develop) yang memiliki tujuan untuk mengasilkan bahan ajar interaktif yang terampil dan kreatif (MATRA) dengan menggunakan bantuan website kodular. Bahan ajar MATRA memiliki konten mengembangkan keterampilan belajar dan kreatifitas, hal ini ditunjukan dengan adanya produk kreatif dan evaluasi singkat di akhir pembelajaran. SMP Muhammadiyah 13 kelas VIII-C merupakan subjek uji coba dengan materi yang digunakan yaitu materi Statistika. Data dikumpulkan melalui uji validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar validasi ahli materi dan ahli media untuk mengukur validitas, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran dan aktivitas peserta didik untuk melihat kepraktisan, dan angket respon peserta didik untuk mengukur keefeketifan. Hasil analisis yang didapatkan menunjukan bahwa bahan ajar MATRA dengan mengunakan indeks Aiken V didapatkan hasil 0,8689 dengan kategori valid, 164,75 dengan kategori sangat praktis, dan 79,85 dengan kategori sangat efektif. Hal ini menunjukan bahwa bahan ajar MATRA valid, sangat praktis, dan sangat efektif untuk digunakan pada saat kegiatan pembelajaran.

Referensi

Andriani; Ikhsan, M. . A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemahaman dan Motivasi SiswaSMP melalui Model Missouri Mathematics Project (MMP) dengan Menggunakan Game Matematika Online. Jurnal Didaktik Matematika, 3(1), 55–63.

Ain, T.E. (2013). Pemanfaatan visualisasi video percobaan gravity curren untuk meningkatkan pemahamankonsep fisika pada materi tekanan hidrostatis [Versi electronik]. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika. www.scribd.com

Maiyana, E. (2018). Pemanfaatan Android Dalam Perancangan Aplikasi Kumpulan Doa. Jurnal Sains Dan Informatika, 4(1), 54–65. https://doi.org/10.22216/jsi.v4i1.3409

Nirwana, H., Zuwirna, H., & Yuskal Kusman, N. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Padang: FIP UNP [Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang].

Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401

Sukardjo. (2012). Buku pegangan kuliahevaluasi pembelajaran IPA. Program Studi Pendidikan Sains Program Pascasarjana UNY.

Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran (Panduan Praktis bagiPendidik dan Calon Pendidik). Yogyakarta: Pustaka

Diterbitkan

2024-09-19