UNSUR INTRINSIK DALAM ANTOLOGI PUISI “TULUS UNTUK ORANG YANG SALAH” KARYA BOY CANDRA

Penulis

  • Annisa Rahmadinillah Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.24077

Abstrak

Puisi merupakan karya sastra yang indah dalam arti ingin disampaikan penciptanya kepada khalayak yang mendengarkan karya sastra tersebut. Puisi merupakan karya kreatif itu menyampaikan ide dan emosi, perasaan, dan pengalaman penyair dalam bahasanya yang singkat, padat, estetis, dan simbolis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan unsur intrinsik puisi dalam antologi puisi “Tulus Untuk Orang Yang Salah” karya Boy Candra 2022. Peneliti menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif dengan teknik analisis data seperti identifikasi data, klasifikasi data dan penyimpulan data. Berdasarkan analisis yang telah dilakukan diperoleh hasil bahwa antologi puisi tersebut memiliki unsur instrisnik yaitu memiliki keseluruhan tema percintaan, memiliki gaya bahasa yang keseluruhannya menggunakan majas metafora dan hiperbola, memiliki sudut pandang orang pertama dan kedua, memiliki amanat yang tersirat dalam antologi puisi tersebut, dan memiliki suasana pada beberapa puisi yang ada di dalam kumpulan puisi tersebut.

Referensi

Candra, Boy. 2022. Tulus Untuk Orang Yang Salah. Jakarta: Gramedia Widisarana Indonesia.

Julyana, Umi. 2023. Analisis Gaya Bahasa Dalam Novel Tulus Untuk Orang Yang Salah Karya Boy Candra Kajian Stilistika. Skripsi. Tarakan. Jurusan Pendidikan Bahasa Indonesia Universitas Borneo Tarakan.

Luxemburg, Jan Van. Tentang Sastra. Jakarta: Intermasa, 1991

Nur Hidayati, Dian dkk. 2023. Analisis Struktur Fisik dan Batin Antalogi Puisi Tulus Untuk Orang Yang salah Karya Boy Candra. Artikel. Banyuwangi. Jurusan Tadris Bahasa Indoensia IAIN Darussalam Blokagung Banyuwangi.

Panji R. 2015. Analisis Kritik Sastra Puisi “Surat Kepada Bunda Tentang Calon Menantunya” Karya W.S. Rendra. Artikel. Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia UMSurabaya.

Pradopo, R. D. (2010). Pengkajian Puisi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Pradopo, R. D. (2007). Beberapa Teori Sastra, Metode Kritik, dan Penerapannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Putri, Widhari dkk. (2020). Tanggapan Remaja Di Samarinda Terhadap Novel Populer Jingga Dan Senja Karya Esti Kinasih : Kajian Resepsi Sastra. Artikel. Program Studi Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Mulawarman. Ratna, Nyoman Kutha. (2009). Beberapa Teori Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com

Sugiyono. 2022. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: CV Alfabeta.

Syamsul, Muhammad. (2019). Analisis Struktural Puisi Buton, Ibu dan sekantong Luka Karya Irianto Ibrahim. Artikel. Universitas Muhammadiyah Buton.

Diterbitkan

2024-09-19