PENGEMBANGAN MODUL AJAR BERBASIS DIFERENSIASI SISWA DAN INVESTIGATION BASED SCIENTIFIC COLLABORATIVE PADA TOPIK PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SMA MUHAMMADIYAH 7 SURABAYA
DOI:
https://doi.org/10.30651/pc.v1i1.24074Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validitas dan efektifitas modul ajar berbasis diferensiasi siswa dan model investigation based scientific collaborative pada topik perubahan lingkungan di SMA Muhammadiyah 7 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan 4-D (Four-D Models) yang terdiri dari tahap define, design, develop, dan disseminate. Rancangan uji coba terbatas penelitian ini menggunakan jenis penelitian pre-eksperimen dengan rancangan One Group Pretest Postest Design, yang diujikan pada siswa kelas X 2 SMA Muhammadiyah 7 Surabaya. Teknik pengumpulan data mmenggunakan uji validasi, tes hasil belajar kognitif (pretest dan posttest), observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan angket respon siswa. Data penelitian dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan kualitatif statistik menggunakan uji T dan N-Gain. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1). Modul ajar yang dikembangkan, dinyatakan sangat valid berdasarkan kriteria penilaian validasi, (2). Modul ajar dinyatakan sangat efektif karena dalam meningkatkan hasil belajar kognitif siswa, (3). Modul ajar termasuk dalam kategori praktis karena mudah digunakan, (4). Siswa memberikan respon positif terhadap modul ajar yang dikembangkan.
Referensi
Anderson, L.W., Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educatioanl Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.
Aransyah, A. et al. (2023). Implementasi Evaluasi Modul Kurikulum Merdeka Sekolah Penggerak Terhadap Peserta Didik SMA Perintis 1 Bandar Lampung Jurnal Teknologi Pendidikan. FKIP Universitas Lampung. https://doi.org/10.33394/jtp.v8i1.6424
Asyafah, A. (2019) ‘Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam)’, TARBAWY : Indonesian Journal Of Islamic Education, 6(1), Pp. 19–32. Available At: Https://Doi.Org/10.17509/T.V6i1.20569.
Dalila, A.A. (1967) ‘Pengaruh Pendekatan Diferensiasi Dalam Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Kognitif Peserta Didik Pada Materi Momentum Dan Impuls’, Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., (Mi), pp. 5–24.
Dwi Yani, Susriyati Muhanal, A.M. (2023) ‘Implementasi Assemen Diagnostic Untuk Menentukan Profil Gaya Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Diferensiasi Di Sekolah Dasar’, Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pendidikan JURINOTEP, 1(3), Pp. 241–360. Available At: Https://Doi.Org/10.46306/Jurinotep.V1i3.
Faiz, A., Pratama, A. And Kurniawaty, I. (2022) ‘Differentiated Learning In The Teacher Empowerment Program On Module 2.1’, Jurnal Basicedu, 6(2), Pp. 2846–2853.
Faiz, A.F. (2022) ‘Program Guru Penggerak Sebagai Sumber Belajar’, 14(1), Pp. 82–88. Available At: Https://Ejournal.Unisbablitar.Ac.Id/Index.Php/Konstruktivisme/Article/View/1876/1177.
Fakhrudin, N. And Suharti, P. (2021) ‘Pengembangan Perangkat Pembelajaran Model Investigation Based Scientific Colaboratif (IBSC) Untuk Melatihkan Kemampuan Berfikir Kritis Dan Keterampilan Komunikasi Siswa’, Jurnal Pedago Biologi, 9, Pp. 40–47.
Fitriyah, F. And Bisri, M. (2023) ‘Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman Dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 9(2), Pp. 67–73. Available At: Https://Doi.Org/10.26740/Jrpd.V9n2.P67-73.
Handa, M.C. (2019) ‘Leading Differentiated Learning For The Gifted’, Roeper Review, 41(2), Pp. 102–118. Available At: Https://Doi.Org/10.1080/02783193.2019.1585213.
Hasim, E. (2020) ‘Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Perguruan Tinggi Di Masa Pandemi Covid-19’, Prosiding Webinar Magister Pendidikan Dasar Pascasarjana Universitas Negeri Gorontalo “Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Penulisan Karya Ilmiah Menuju Anak Merdeka Belajar”, Pp. 68–74.
Hayani, S.N. And Sutama, S. (2022) ‘Pengembangan Perangkat Dan Model Pembelajaran Berbasis TPACK Terhadap Kualitas Pembelajaran Daring’, Jurnal Basicedu, 6(2), Pp. 2871–2882. Available At: Https://Doi.Org/10.31004/Basicedu.V6i2.2512.
Inayati, U. (2022) ‘Konsep Dan Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran Abad-21 Di SD/MI’, 2, Pp. 293–304.
Izzah, I., Jannah, E. (2023). Analisis Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka. Jurnal Literasi dan Pembelajaran Indonesia. FKIP Universitas Samawa.
Juliandi, A. (2019a) Modul Pelatihan, Jangan Belajar.
Juliandi, A. (2019b) ‘Modul Pelatihan’, Jangan Belajar, 1(Was), P. 1.
Junaedi, I. (2019) ‘Proses Pembelajaran Yang Efektif’, Journal Of Information System, Applied, Management, Accounting And Research, 3(2), Pp. 19–25.
Liliawati, W. Et Al. (2022) ‘Pengaruh Pendekatan Pembelajaran Diferensiasi Dalam Model Inkuiri Terhadap Kemampuan Numerasi Siswa’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Pembelajaran, 6(2), Pp. 393–401. Available At: Https://Ejournal.Undiksha.Ac.Id/Index.Php/JIPP/Article/View/50838.
Lutfiah, I., Suharti, P. And Asy’ari, A. (2021) ‘Improving Students’ Creative Thinking Skills Through The IBSC (Investigation Based Scientific Collaborative) Learning Model Based On E-Learning’, SEJ (Science Education Journal), 5(2), Pp. 85–97. Available At: Https://Doi.Org/10.21070/Sej.V5i2.1572.
Mahjatia, N., Susilowati, E. And Miriam, S. (2021) ‘Pengembangan LKPD Berbasis STEM Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Inkuiri Terbimbing’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 4(3), P. 139. Available At: Https://Doi.Org/10.20527/Jipf.V4i3.2055.
Maulinda, U. (2022) ‘Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka’, Tarbawi, 5(2), Pp. 130–138.
Muhamad Saprudin, N. (2021) ‘Implementasi Metode Diferensiasi Dalam Refleksi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Journal Of Physics A: Mathematical And Theoretical, 44(8), Pp. 1–13. Available At: Https://Doi.Org/10.1088/1751-8113/44/8/085201.
Nesri, F.D.P. And Kristanto, Y.D. (2020) ‘Pengembangan Modul Ajar Berbantuan Teknologi Untuk Mengembangkan Kecakapan Abad 21 Siswa’, AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(3), P. 480. Available At: Https://Doi.Org/10.24127/Ajpm.V9i3.2925.
Novi, E., A. Hutauruk. et al. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Kurikulum Merdeka Pada Materi Bentuk Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 13 Medan. Journal of Mathematics Education and Applied. doi: https://doi.org/10.36655/sepren.v4i1
Nurwendah, A.S.Y.S.M.N.K. (2022) ‘Pengembangan Modul Ajar Materi Perubahan Lingkungan Tema Sampah Plastik’, 1827, Pp. 178–188.
Oemar Hamalik. (2007). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara
Suharti, P., Ibrahim, M. And Rahayu, Y.S. (2020) ‘Validity Of Investigation Based Scientific Collaborative (IBSC) Learning Model To Facilitate Students’ Communication And Collaboration Skills’, 390(Icracos 2019), Pp. 172–176. Available At: Https://Doi.Org/10.2991/Icracos-19.2020.37.
Surrahman, et al. (2022). Peran Guru Penggerak dalam Pendidikan Merdeka Belajar di Kubu Raya. Jurnal Pendidikan Indonesia. Universitas Tanjungpura. Doi : 10.36418/japendi.v3i4.667
Susanti, M., Rahmadona, T. And Fitria, Y. (2023) ‘Jurnal Basicedu’, 7(1), Pp. 339–350.
Ghozali, I., Imawan, M. R., Zamzami, M. R., & Zuhri, S. (2023). WEBMAP UNTUK PENGEMBANGAN JALUR IRIGASI BARU DI KABUPATEN LAMONGAN. SATUKATA: Jurnal Sains, Teknik, dan Studi Kemasyarakatan, 1(5), 255-264. https://doi.org/10.47353/satukata.v1i5.1401
Suwartiningsih, S. (2021) ‘Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Pokok Bahasan Tanah Dan Keberlangsungan Kehidupan Di Kelas Ixb Semester Genap SMPN 4 Monta Tahun Pelajaran 2020/2021’, Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 1(2), Pp. 80–94. Available At: Https://Doi.Org/10.53299/Jppi.V1i2.39.
Tomlinson, C. A. (2001). How to differentiate instruction in mixed-ability classrooms. Association for Supervision and Curriculum Development.
Tomlison, Carol (2010). Leading and Managing Adifferetiated. Virginia
Tri, D. And Yanto, P. (2019) ‘Praktikalitas Media Pembelajaran Interaktif Pada Proses Pembelajaran Rangkaian Listrik’, 19(1), Pp. 75–82. Available At: Https://Doi.Org/10.24036/Invotek.V19vi1.409.
ZamZami, M. R., Wibowo, N. C., Ana Wati, S. F., Ghozali, I., & Imawan, M. R. (2024). Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall. CYCLOTRON, 7(01), 61–66. https://doi.org/10.30651/cl.v7i01.21084
Usman, Starlet Putri Cahya, I.W. (2024) ‘Kelayakan Modul Ajar Berdiferensiasi Proyek Materi Feasibility Of Differentiated Teaching Modules On Environmental Pollution Material Projects To Improve Students ’ Collaboration Skills Pendahuluan Kurikulum Merdeka Belajar Merupakan Kurikulum Dengan Ranc’, 7(2023), Pp. 99–108.
Wibawa, Kadek Adi. Made Legawa, Made Wena, A.A.R.L. (2022) ‘Meningkatkan Pemahaman Guru Tentang Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Directinteractive Workshop’, Science, 7(1), Pp. 1–8.
Widiastuti, Y., Rifki, M. And Arief, N.F. (2023) ‘Pengembangan Bahan Ajar Berdiferensiasi Pada Materi Menulis Artikel Opini Untuk Siswa Sma’, Lingua Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaranya, XIX(1), Pp. 17–28.
Yudianto, A., Rahmat, D. (2023). Pengembangan Modul Ajar Digital Fotografi. PETIK: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi dan Komunikasi.
Riswanda, M., & Ghozali, I. (2020). Tips & Trick Android Root:Cara Cepat dan Mudah Belajar Tips & Trick Android. Jakad Media Publishing. www.nandroid19.com
Yunika, E., Iriani, T. And Saleh, R. (2020) ‘Pengembangan Media Video Tutorial Berbasis Animasi Menggunakan 4D Untuk Mata Kuliah Praktik Batu Beton’, SNITT-Politeknik Negeri Balikpapan, Pp. 299–306. Available At: Https://Jurnal.Poltekba.Ac.Id/ndex.Php/Prosiding/Article/View/1035/639.